7 Wisata Kuliner Terenak di Malang yang Wajib Anda Coba!

Malang dikenal sebagai kota yang memiliki sejuta pesona. Kota berhawa sejuk ini memiliki topografi yang mirip dengan Kota Kembang, Bandung Tak mengherankan jika Malang berbeda dari kebanyakan wilayah di Jawa Timur. Kendati luasnya tak sebesar kota Surabaya, tetapi Malang menjadi pusat ekonomi kedua.

Berjalan-jalan ke kota Apel tak lengkap rasanya jika tidak mecicipi hidangan khas kota ini. Ada sejumlah rekomendasi dari Priceza yang patut untuk Anda coba saat bertandang ke Malang, di antaranya:

Soto Geprak Mbah Djo

Kuliner yang sudah dikenal sejak tahun 1935 ini menawarkan soto terlezat yang pernah Anda coba. Penyajian soto ini sangat cantik, yakni perpaduan antara hijau dengan kuning. Kuahnya kuningnya berasal dari rempah-rempah yang dilengkapi dengan ayam, potongan telur, jeruk nipis, daun bawang, dan taburan bawang goreng.

Meski kelihatannya sama dengan soto lain, tetapi soal rasa, kuliner ini benar-benar jempolan. Yang unik, dalam proses pembuatannya, Mbah Djo kerap melakukan atraksi geprak daging, memukul daging hingga halus dan empuk. Barangkali itulah mengapa soto ini terasa sangat khas.

Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner ini, datang saja ke Jalan Letjen S. Parman No. 77-79, Malang.

Toko Oen

Toko yang berdiri sejak tahun 1930 ini menyuguhkan aneka jenis es krim dan kue. Di zaman penjajahan, Toko Oen menjadi tempat berkumpul favori orang Belanda. Pantas saja, saat memasuki Toko Oen, kesan vintage begitu kental, baik interior maupun eksterior. Desainnya memang sederhana, tetapi begitu memikat dengan pengaturan meja, kursi rotan, dan piano tua yang tepat.

Selain menawarkan menu es krim dan kue, Anda pun dapat mencoba makanan berat, seperti steak dan nasi goreng yang tak kalah enak. Untuk menikmati kelezatan es krim yang melegenda ini, datang saja ke Jalan Basuki Rahmat No. 5, Kauman, Malang.

Depot Hoklay

Depot Hoklay merupakan spesialis Pangsit Cwiemie dan Lumpia Semarang. Meski terkesan makanan zaman dulu, tetapi jangan menyesal jika Anda ketagihan. Seporsi cwimie siap mengoda Anda. Disajikan dengan taburan ayam cincang, pangsit goreng, daun bawang, dan taburan bawang goreng, rasanya enak dan mengenyangkan.

Lumpia Semarang tak kalah nikmat, perpaduan rebung, ayam, dan wortel menciptakan rasa manis. Anda dapat menikmati lumpia dengan menambahkan daun selada, saat dicocol sambal tauco, rasanya menggoyang lidah. Manis, gurih, dan sedikit pedas.

Oh, jangan lupakan keberadaan Fosco, minuman susu murni rasa cokelat yang creamy. Rasanya manis dan menyegarkan. Penyajiannya pun unik, yakni menggunakan botol Coca-Cola.

Depot yang berdiri sejak tahun 1946 ini menjadi salah satu favorit warga Malang. Selain menyuguhkan cita rasa yang lezat dan autentik, kedai makan yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 10, Sukoharjo, Klojen ini akan membawa Anda merasakan suasana Malang tempo dulu.

Warung Rujak Cingur Bude Ruk

Salah satu menu yang wajib untuk Anda coba adalah rujak cingur. Kendati banyak bertebaran warung serupa, tetapi warung rujak cingur Bude Ruk lah yang melegenda. Maklum saja, warung ini telah berdiri sejak tahun 1960-an. Meski setengah abad telah berlalu, rasa rujak cingur yang disajikan tidak berubah.

Rujak cingur Bude Ruk menggunakan bahan yang sama, yakni kangkung, taoge, mentimun, bengkuang, tahu, tempe, dan cingur. Yang membuatnya spesial adalah racikan sambal petis, rasanya enak dan tidak membuat perut enek.

Ingin menikmati seporsi rujak cingur sembari nostalgia? Datang saja ke Jalan Soeroji No.17 Gang 1, Malang.

Pos Ketan Legenda 1967

Jalan-jalan ke Malang kurang gereget rasanya tanpa mencoba ketan buatan Pos Ketan Legenda 1967. Jangan hanya melihat dari namanya, cobalah, dijamin Anda akan ketagihan.

Ada banyak menu ketan yang dapat Anda pilih, mulai dari ketan bubuk, ketan susu keju, ketan susu durian, ketan kicir hingga ketan balack dan white. Masing-masing memiliki daya pikatnya sendiri.

Jika Anda bingung menentukan pilihan, tenang! Ada menu yang direkomendasikan, yakni ketan kicir dan ketan durian. Ketan kicir adalah ketan kukus yang diberi taburan kelapa parut. Rasanya menggelitik lidah karena saus yang digunakan terbuat dari gula jawa. Sementara ketan durian, ketan yang diberi buah durian dan susu.

Lokasi Pos Ketan Legenda 1967 mudah ditemukan karena letaknya dekat dengan Alun-alun kota Batu, Malang. Kedai ini juga dapat ditemukan di kota Semarang, Yogya, Sidoarjo, Pandaan, Bondowoso, Mojokerto, dan Surabaya.

Bakso Bakar Pak Man

Bagi Anda pecinta bakso, pastikan untuk datang ke warung Bakso Bakar Pak Man di Jalan Diponegoro No. 19, Klojen, Malang. Pelopor bakso bakar di bumi Arema ini terkenal akan kelezatannya.

Meski sederhana, warung bakso ini selalu ramai dipenuhi pengunjung. Di samping bakso bakar, ada bakso kuah dan tahu yang tak kalah nikmat. Yang seru, Anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan bakso bakar.

Sate Landak Bu Ria

Bosan dengan menu biasa? Coba menu andalan warung makan Bu Ria, yakni Sate Landak dan Sup Bulus. Soal rasa? Enak dan berkhasiat. Pasalnya baik daging Landak maupun Bulus dipercaya dapat menyebuhkan penyakit.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke warung ini memang ingin mencicipi sajian kuliner ekstrim sembari pengobatan. Tak hanya diminati warga Malang dan sekitar, tidak sedikit pengunjung yang berasal dari luar daerah bahkan wisawatan asing.

Warung Sate Landak Bu Ria dapat Anda temukan di Jalan Raya Bugis No. 47, Saptorenggo, Pakis, Malang.

Itulah sejumlah kuliner menurut Priceza yang dapat Anda coba ketika berkunjung ke kota Malang. Dijamin liburan Anda akan semakin berkesan.