Bank BRI dan KEMENPAR Gelar Pesona Mudik Lebaran Bersama para Artis

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bersama Kementerian Pariwisata  mengelar peluncuran program Pesona Mudik 2018 bersama Oleh-oleh Artis yang diselenggarakan di Ayana Hotel Mid Plaza, Rabu (06/06). Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung Direktur Konsumer Bank BRI Handayani, CEO Rumah Zakat Nur Effendi dan ikut diramaikan oleh entrepreneur selebrity seperti Prilly Latuconsina, Fitri Carlina, Teuku Wisnu, hingga Irwansyah.

“Program Pesona Mudik Lebaran ini merupakan bentuk co-creation dalam kerjasama co-branding. Dengan co-branding partnership diharapkan terjadi sinergi dan “leverage effect” untuk mendongkrak brand equity di pasar global dan domestik, “ ungkap Corporate Secretary Bank BRI  Bambang Tribaroto .

Melalui program Pesona Mudik Lebaran bersama Oleh-oleh Artis, Kemenpar dan Bank BRI hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan informasi tempat-tempat wisata bagi pemudik, dan berbagai aktivitas yang menarik lainnya terutama yang memuat social media value yang luar biasa.

Dalam aktivitas ini Kemenpar telah menjalin kerjasama co-branding dengan lebih dari 100 brand, dimana sekitar 37 brand di antaranya adalah brand yang dimiliki oleh selebritis. Brand oleh-oleh artis kekinian tersebut akan mempromosikan program wisata mudik lebaran di kota-kota mereka beroperasi.

Bank BRI, sebagai salah satu mitra Co-Brand Kemenpar, secara konsisten mendukung kemenpar untuk memajukan pariwisata Indonesia, dan berkomitmen untuk terus mengembangkan pariwisata Indonesia. Salah satu bentuk dukungan dari Bank BRI adalah dengan menerbitkan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia, yang diperuntukkan bagi individu dinamis yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam menjelajahi pesona pariwisata Indonesia.

Kartu Kredit Wonderful Indonesia juga diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi penggunanya untuk selalu melihat peluang entrepreneurship dalam setiap penjelajahan di tujuan wisata Indonesia, karena selalu memberikan kemudahan dan benefit transaksi. Kartu kredit Wonderful Indonesia jug amenyediakan program perjalanan penuh inspirasi kewirausahaan.

Dalam momen mudik yang merupakan salah satu bentuk silaturahmi masyarakat Indonesia, Kartu kredit BRI Wonderful Indonesia juga memberikan kemudahan dan keuntungan melalui berbagai program mudik, baik untuk transportasi, kuliner dan tentunya oleh-oleh mudik lebaran.

Program ini juga didukung oleh Rumah Zakat yang juga telah menjadi mitra co-branding. Mengusung semangat Indonesia Incorporated, program ini adalah sinergi nyata antara pemerintah dengan swasta.

Secara bersamaan bertempat di Gedung Sapta Pesona, selama dua hari (6-7 Juni 2018) juga diselenggarakan bazar oleh-oleh artis bekerjasama dengan BRI dan Rumah Zakat. Beberapa brand oleh-oleh artis yang akan meramaikan bazar ini adalah Gigieat Cake, Really Cake, Bebely Cake, Princess Cake, Bandung Kunafe, Cirebon Kelana, Bogor Rain Cake, Batik Trusmi, Solovely Cake dan sebagainya.

Pada bazar ini dan selama event mudik, BRI akan memberikan promo menarik pada setiap pembelian baik saat bazar maupun di outlet. Tidak hanya itu, setiap transaksi juga sekaligus akan dialokasikan untuk sedekah  yang akan dikompilasi oleh Rumah Zakat. Berbagai aktivasi terutama di sosial media dan program sales promo akan dilakukan di outlet-outlet brand oleh-oleh artis selama event mudik berlangsung.

Kegiata ini sejalan dengan strategi media yang dilakukan Kemenpar yaitu Paid, Owned, Social Media dan Endorser (POSE), aktivasi brand para artis entrepreneur  adalah implementasi dari strategi endorser. Menpar selalu mengatakan, para selebritas adalah endorser yang luar biasa bagi kampanye pariwisata. Kebetulan para selebritas ini kebanyakan berbisnis oleh-oleh kekinian di kota-kota yang menjadi destinasi wisata, sehingga sangat klop dan relevan untuk mempromosikan wisata mudik lebaran.

Inisiatif co-branding partnership ini dilakukan Kemenpar untuk mencapai tiga tujuan strategis. Pertama, untuk semakin mendongkrak brand equity dari brand WI di pasar global dan brand PI di pasar domestik dalam menopang terwujudnya sektor pariwisata sebagai core economy Indonesia.

Kedua, mengembangkan penetrasi pasar dan memperluas exposure brand WI/PI dengan memanfaatkan market network yang dimiliki oleh brand/perusahaan baik di pasar domestik maupun global. Melalui co-branding partnership ini diharapkan brand WI/PI dan brand/perusahaan dapat saling memanfaatkan customer base masing-masing.

Ketiga, dengan co-branding partnership akan terwujud sharing resources antara kedua brand yang ber-cobranding. Co-branding akan menghasilkan penghematan biaya promosi yang substansial karena dengan berpartner maka biaya promosi akan ditanggung secara bersama.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :

Bambang Tri Baroto

Corporate Secretary

Telp. : 021-575- 1966

Fax. : 021-570- 0916

email : humas@bri.co.id