Beli Mobil Jangan Hanya Ikuti Tren Atau Gengsi

Memiliki mobil boleh jadi bagi sebagian orang merupakan impian. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Selain bisa digunakan untuk bekerja, juga memudahkan jika ingin pergi wisata atau jalan-jalan bersama keluarga. Bepergian dengan mobil, bersama keluarga, tentu makin menyenangkan.

Nah, sudah jelas, mobil memang alat memudahkan aktivitas dan membantu kehidupan manusia. Tak heran, karena kebutuhan mobil makin meningkat, penjualannya juga melesat.  Terbukti pada tahun 2016 penjualan total mobil mencapai 1.061.000 unit dan meningkat 4,5% dari tahun 2015.

Tentu saja, dengan kian beragamnya pilihan, konsumen juga perlu cerdas memilih. Jangan semata karena memiliki dana, kemudian membeli mobil tanpa pertimbangan kritis. Ini perlu dilakukan supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Nah, salah satu cara untuk membeli mobil baru adalah dengan mengunjungi pameran mobil. Pasalnya, ada banyak keuntungan mengunjungi pameran mobil seperti dapat membandingkan berbagai merek, model dan juga harga mobil yang ditawarkan.

Mengunjungi pameran mobil juga disarankan untuk pembeli mobil pemula karena bisa banyak bertanya secara langsung baik fitur maupun perbandingan dengan model sejenis. Bahkan,tak jarang bisa langsung mencoba.

Agar pilihan mobil makin maksimal, perhatikan beberapa hal berikut. Pertama-tama, tentukan jenis mobil sesuai kebutuhan dan anggaran. Juga, sebelum membeli mobil, pastikan jenis mobil yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Jika mobil akan digunakan sebagai sarana transportasi keluarga maka pilih mobil MPV yang dapat diisi oleh banyak orang. Jika ingin digunakan ke kantor maka gunakan mobil city car yang nyaman digunakan di perkotaan dan biasanya hemat bahan bakar.

O iya, jangan lupa juga sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki apakah anggaran dapat digunakan untuk membeli mobil yang baru atau mobil bekas.

Hal kedua yang harus diperhatikan yaitu pilih mobil berdasarkan keunggulan produk. Untuk itu, jangan mudah tergiur dengan iklan mobil murah, tetapi pertimbangkan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh produk tersebut seperti kehndalan mesin, ramah lingkungan, fitur penunjang kenyamanan dan keamanan, kemudahan untuk mendapatkan suku cadang, dan memiliki bengkel resmi.

Yang tak kalah penting, perhatikan juga dari sisi cara pembayaran alias sesuaikan dengan kemampuan keuangan. Jika dana mencukupi, bisa dipilih membayar secara tunai. Namun, jika
masih ada kebutuhan-kebutuhan lain yang harus segera dilunas, maka Anda dapat memilih pembayaran secara kredit. Pilihan kredit pun bisa disesuaikan lagi dari sisi lama waktu cicilan.

Jika membeli dengan kredit, pastikan juga perusahaan pembiayaan (leasing) yang dipilih terpercaya. Perhatikan juga harga yang diberikan apakah rasional dan suku bunga kompetitif. Jangan sungkan juga untuk membandingkan agar keputusan yang diambil tidak bikin menyesal di kemudian hari.

Kemudian pastikan perusahaan pembiayaan memiliki proses yang mudah, dan yang terpenting pastikan perusahaan pembiayaan yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi kendaraan yang kredibel.

Sebagai aset, mobil yang akan dibeli tentu saja juga harus memiliki perlindungan optimal agar jika terjadi hal yang tak diinginkan, seperti hilang atau mengalami kecelakaan, pemilik lebih tenang.

Untuk itu, agar lebih tenang nyaman berkendara, wajib menggunakan asuransi mobil. Dengan adanya perlindungan dari asuransi mobil, maka mobil sebagai aset akan terjamin selama 24/7 mengingat risiko yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

Ingat, pilihlah mobil dengan bijak jangan semata mengikuti tren atau gengsi. Simpel,kan.