Danamon Entrepreneur Awards 2017 Umumkan Lima Peraih Penghargaan

Jakarta, 15 November 2017. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengumumkan 5 peraih Danamon Entrepreneur Awards (DEA) 2017, satu inisiatif Danamon dalam memberikan apresiasi atas prestasi wirausahawan Indonesia. DEA 2017 diikuti oleh 607 aplikasi, menghasilkan 5 peraih yang terbagi dalam kategori Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Social Entrepreneur, serta fintech. Para peraih akan menerima penghargaan di acara penganugerahaan DEA 2017 tanggal 6 Desember 2017. Selain itu akan diumumkan juga peraih favorit pilihan masyarakat yang ditetapkan berdasarkan hasil voting.

Mereka yang dinobatkan sebagai peraih DEA 2017 adalah Nike Lidiyastuti Aritovani dari Ambon dengan usaha Abon Cakalang untuk kategori Best Small Entrepreneur serta Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy dari Bandung dengan usaha E-Fishery untuk kategori Best Medium Entrepreneur. Untuk kategori Social Entrepreneur, Dewan Juri memilih Irma Suryati dari Kebumen dengan usaha kerajinan keset dari kain perca yang memberdayakan kaum difabel.

Untuk kategori Best Fintech, Adrian Gunadi selaku perwakilan dari PT Investree Radhika Jaya menjadi pilihan Dewan Juri. Sementara Marshall Pribadi selaku perwakilan PT Privy Identitas Digital menjadi peraih untuk kategori Most Promising Fintech.

“Kami ucapkan selamat kepada para peraih tahun ini. Mereka telah menunjukkan bagaimana kekuatan segmen UKM dalam menciptakan dampak positif terhadap perekonomian, kesejahteraan masyarakat sekitar, serta budaya inovasi. Harapan kami, ajang Danamon Entrepreneur Awards yang berfokus pada segmen UKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia dapat menggugah semangat sekaligus menginspirasi kewirausahaan di tanah air,” kata Gunawan Te, Small Medium Entreprise Business Head Danamon.

Masyarakat juga diundang untuk mendukung dan berpartisipasi melalui voting atas peraih yang paling disukai. Voting dapat dilakukan melalui website www.danamonawards.org pada tanggal 19 November 2017 – 5 Desember 2017.

“Para peraih penghargaan tahun ini merupakan individu istimewa, yang telah terbukti mampu menempatkan kewirausahawan sebagai solusi mencapai kesejahteraan dan berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional. Kami sangat mengharapkan masyarakat untuk ikut mendukung dan memilih peraih favorit melalui website dan media sosial, sehingga pencapaian mereka dapat menjadi inspirasi bagi kita semua,’” ujar Atria Rai, Head of Corporate Communications Danamon sekaligus Ketua Penyelenggara Danamon Entrepreneur Awards 2017.

Para peraih terpilih melalui dua tahap penjurian oleh Dewan Juri DEA 2017 yang terdiri dari T. M. Zakir Machmud Ph.D – Kepala UKM Center FEB UI ; Ir. Yuana Setyowati, MM – Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM; Restu Pratiwi – Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli; Junanto Herdiawan – Plt Kepala Fintech Bank Indonesia; Ardian Taufik Gesuri – Pemimpin Redaksi Harian Kontan; serta Sebastian Togelang – Founder dan Managing Director of Kejora Group (Kejora Ventures).

Informasi lengkap mengenai DEA 2017 dapat dilihat di website resmi www.danamonawards.org

 

Tentang Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang berdiri sejak 1956, per 30 September 2017 mengelola aset sebesar Rp174 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Dalam hal kepemilikan saham, 67,37% saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd., 6,55% oleh JPMCB-Franklin Templeton Investment Funds dan 25,72% dimiliki oleh publik.

 

Danamon didukung oleh lebih dari 1.600 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan Danamon juga dapat diakses melalui Danamon Online Banking, aplikasi D-Mobile, D-Card, serta SMS Banking.

 

Danamon merupakan satu-satunya penerbit kartu debit, kartu ATM dan Kartu Kredit Manchester United di Indonesia serta penerbit kartu kredit American Express. Dengan beragam produk keuangan seperti Danamon Lebih, FlexiMax, Tabungan Bisa iB, Dana Pinter 50, KAB Bisa, dan Asuransi Primajaga, Danamon siap melayani kebutuhan nasabah dari berbagai segmen.

 

Danamon raih predikat “Sangat Bagus” untuk kinerja keuangan selama 15 Tahun berturut-turut di Infobank Awards 2017. Selain itu, Danamon menerima penghargaan Indonesia Banking Award 2017 di kategori The Best Bank in Digital Service, kategori Aset di atas Rp100-250 triliun dari Tempo Media Group dan Indonesia Banking School. Terkait tanggung jawab sosial, Yayasan Danamon Peduli meraih Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2017 dalam kategori “Outstanding Philanthropy” dari majalah MIX Marketing & Communication.

 PROFIL PERAIH DANAMON ENTREPRENEUR AWARDS 2017

 

Kategori: SME Entrepreneur

Sub-kategori: Small Enterprise Entrepreneur

 

Nama: Nike Lidiyastuti Aritovani

Nama usaha: CV NACHA

Daerah: Ambon, Maluku

Jenis usaha: Kuliner

Tentang usaha: Sejak tahun 2009, CV Nacha mengolah ikan cakalang menjadi abon, dendeng dan sambal. Keunggulan CV Nacha adalah sudah menerapkan konsep HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dan telah bersertifikat HACCP dari IPB, sehingga terjamin bahwa produknya diolah secara aman, efektif dan higienis. Selain itu, telah diterapkan pula prosedur GMP (Good Manufacturing Practice) dan SSOP (Sanitasi Standar Operasional Procedur) untuk menjaga kualitas produk. Penjualan produk CV Nacha sudah menjangkau 6 daerah di Indonesia Timur, yaitu Ambon, Makassar, Nabire, Surabaya, Denpasar dan Manado.

 

Sub-kategori: Medium Enterprise Entrepreneur

Nama: Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy

Nama usaha: PT Multidaya Teknologi Nusantara (eFishery)

Daerah: Bandung, Jawa Barat

Jenis usaha: Produksi Mesin Pakan Inovatif

Tentang usaha: Berdiri di tahun 2013, eFishery memproduksi mesin pakan otomatis untuk peternak ikan dan udang. Mesin ini dapat diprogram melalui smartphone untuk memberi pakan otomatis pada waktu-waktu tertentu sesuai penjadualan. Selain itu, penerapan teknologi internet memungkinkan mesin ini diprogram kapanpun dan dimanapun.

 

Kategori: Social Entrepreneur

Nama: Irma Suryati

Nama usaha: Mutiara Handycraft

Daerah: Kebumen, Jawa Tengah

Jenis usaha: Kerajinan Keset dari Kain Perca

Tentang usaha: Mutiara Handycraft merupakan sebuah wadah pengolah limbah garmen menjadi pakaian, bed cover, dan keset. Produk utamanya adalah keset dengan bentuk-bentuk unik seperti bentuk binatang, buah, dan tokoh kartun. Pasar penjualan Mutiara Handycraft ini adalah pasar local Indonesia maupun ekspor ke Australia. Didirikan oleh Irma Suryati yang merupakan seorang difabel pada tahun 2003, yang memberdayakan para penyandang cacat lainnya untuk menjadi lebih mandiri.

 

Kategori: Fintech Entrepreneur

Sub-kategori: Most Promising Fintech

Nama Perusahaan: PT Privy Identitas Digital

Nama Pemilik Usaha: Marshall Pribadi

Nama usaha: Privy.id

Daerah: Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Jenis usaha: Market Provisioning

 

Tentang usaha: Pionir platform tanda tangan elektronik di Indonesia.

Sub-kategori: Best Fintech

Nama Perusahaan: PT Investree Radhika Jaya

Nama Pemilik Usaha: Adrian Asharyanto Gunadi

Nama Usaha: Investree.id

Daerah: Jakarta Barat, DKI Jakarta

Jenis usaha: Peer to Peer Lending

 

Tentang usaha: Pionir penyedia layanan peer-to-peer lending marketplace di Indonesia