Kalbe Umumkan Pemenang Karya Sains Kalbe Junior Scientist Award 2017

Jakarta, 14 Oktober 2017 – PT Kalbe Farma Tbk. (Kalbe) hari ini mengumumkan sekaligus memberi penghargaan kepada 9 pemenang (terunggul) dan 1 pemenang terfavorit Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2017. Pemberian penghargaan KJSA 2017 yang diselenggarakan di Pasar Seni Ancol Jakarta diserahkan oleh Vidjongtius selaku Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk dan L.T Handoko selaku Ketua Dewan Juri KJSA 2017. Tiga hari sebelumnya, 18 finalis telah melakukan presentasi karya sains di hadapan dewan juri. KJSA merupakan progam penghargaan kepada karya sains terbaik di Indonesia untuk tingkat sekolah dasar. Penghargaan bertujuan untuk menumbuh kembangkan kreatifitas anak-anak di Indonesia melalui karya sains di bidang IPA Terpadu, teknologi terapan, dan matematika.

“Kalbe secara konsisten ingin mengenalkan dunia sains kepada masyarakat Indonesia khususnya anak-anak. Melalui inisiatif ini, kita ingin mendorong anak-anak untuk memiliki rasa cinta dan berani berkarya dalam bidang sains sejak dni,” ujar Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma, Tbk.

“Kriteria yang dipakai dalam penjurian adalah kreativitas, inovasi, originalitas tanpa mengesampingkan nilai integritas, artinya ide pembuatan karya merupakan ide dari anak didik sendiri,” kata Dr. L.T. Handoko, Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai Ketua Juri KJSA 2017. “Hasil karya sains yang mereka hasilkan diharapkan menjadi solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi anak-anak di lingkungan mereka sendiri,” lanjut Handoko.

“Sejak pertama kali diselenggarakan di tahun 2011, KJSA terus menunjukkan peningkatan jumlah karya sains yang mendaftar,” kata dr. Iwan Surjadi Handoko, Ketua Panitia KJSA 2017. “Tahun ini terkumpul 1.103 karya sains dari 374 sekolah dan klub sains dari 28 provinsi di Indonesia. Ada kenaikan 20 persen untuk karya dibanding 2016,” lanjut dr. Iwan.