Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Perlengkapan Elektronik Dapur

Zaman semakin modern dan perkembangan teknologi saat ini cukup pesat. Dampaknya, ada banyak sekali perubahan di perangkat rumah tangga, dari yang dikerjakan manual, menjadi mengandalkan mesin atau tenaga listrik.

Hal ini tentunya membuat banyak orang tertarik untuk menghadirkan berbagai perangkat elektronik di rumahnya, terutama di dapur yang bisa mempermudah proses memasaknya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal ini sebelum memutuskan membeli perlengakapan elektronik untuk diletakkan di dapur:

1. Sesuaikan dengan daya listrik di rumah

Saat ini, sudah banyak alat elektronik berdaya listrik rendah yang dijual di toko offline maupun online, di antaranya seperti Dekoruma. Keberadaan alat ini tentu sangat membantu Anda untuk menghindari beban listrik yang berlebihan. Setiap jaringan listrik di rumah Anda tentunya memiliki daya masing-masing yang sudah ditetapkan sejak awal. Nantinya, daya ini akan berpengaruh pada kekuatan jaringan listrik menampung beban energi. Nah, jika tak ingin daya listrik terganggu yang menyebabkan mati listrik di rumah, Anda tentunya harus menyesuaikan daya miliknya, jangan sampai melebihi daya listrik total di rumah.

Oleh karena itu, Anda wajib menghitung daya produk elektronik. Untuk menghitungnya, Anda tak boleh hanya melihat satu perangkat saja. Jika Anda akan membeli kulkas misalnya, hitung juga daya perangkat elektronik yang sudah dimiliki sebelumnya, lalu jumlahkan. Ini penting karena ada sejumlah perangkat yang butuh terus dialiri tenaga listrik, seperti kulkas dan rice cooker.

2. Atur peletakannya

Umumnya, dapur menjadi satu ruangan dengan tempat mencuci piring. Ini artinya, dapur menjadi tempat yang cukup lembab dan berpotensi terkena cipratan air di sejumlah bagian. Untuk itu, penting bagi Anda mengatur peletakkan perangkat elektronik yang akan dibeli dan diletakkan di dapur. Selain itu, colokan listrik juga tak boleh berada di jarak yang dekat dengan sumber air agar tidak terjadi korsleting listrik.

Meski demikian, Anda harus memperhatikan peletakkan tiga hal utama di dapur, yaitu kompor, wastafel, dan kulkas. Tiga hal ini akan membentuk segitiga emas karena fungsinya yang begitu penting dan berhubungan dekat. Saat memasak, bisa jadi Anda akan bolak-balik menuju ke tiga titik ini, itu sebabnya letaknya tak boleh terlalu jauh tapi aman untuk pergerakan dan antisipasi cipratan air ke sumber listrik yang dibutuhkan.

Di samping itu, jika peralatan elektronik menghasilkan panas berlebih, jauhkan peralatan makan Anda yang mengandung plastik seperti piring atau gelas plastik.  Apalagi jika bahan piring yang berbahaya bagi kesehatan dikenai panas, bahan ini akan cenderung mengeluarkan zat berbahaya. Oleh karena itu, jauhkanlah dari peralatan elektronik yang mengeluarkan panas.

3. Tanyakan  garansinya

Sejumlah perangkat elektronik dapur memang umumnya dipakai secara terus menerus, misalnya kulkas yang bisa digunakan beberapa kali saja. Hal ini tentunya perlu mendapatkan perhatian khusus agar tetap bisa digunakan dalam waktu lama, jadi coba selalu tanyakan garansi yang ditawarkan oleh toko atau pabriknya. Apakah servis yang didapat nantinya adalah layanan perbaikan saja atau pergantian ke barang baru.

Untuk mempermudah proses perbaikan seandainya perangkat mengalami kerusakan nantinya, pilihkah model atau jenis yang populer. Jenis yang populer biasanya memiliki suku cadang yang mudah didapatkan, berbeda dengan jenis khusus yang suku cadangnya terhitung langka dan sulit diperbaiki saat terjadi kerusakan. Produk dapur seperti blender, rice cooker, memiliki beragam jenis variasi dan Anda harus jeli memilih yang tepat.

Ketika Anda melakukan pembelian produk ini secara online, pastikan Anda memperoleh kartu garansi resmi. Kartu garansi resmi ini hanya bisa diperoleh jika toko online tersebut terpercaya seperti Dekoruma.  Misalnya ketika Anda membeli rice cooker, Anda akan memperoleh rice cooker bergaransi resmi di Dekoruma. Sehingga, Anda tidak khawatir lagi ketika membelinya.

4. Cek rekam jejak toko dan merek

Jangan asal membeli perangkat elektronik dengan iming-iming harga murah tapi toko dan merek tidak jelas. Anda harus melakukan riset sederhana terlebih dahulu untuk menentukan akan membeli barang di toko mana dan bermerek apa.

Silakan bertanya pada orang-orang terdekat atau sempatkan waktu membaca berbagai ulasan yang tersebar di dunia maya. Dengan memiliki merek dan toko yang tepat, perangkat yang Anda beli pun memiliki jaminan kualitas.