kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

4 Alasan Ini Cukup untuk Bujuk Bos Ganti Kursi di Kantor


Senin, 17 Desember 2018 / 14:56 WIB

4 Alasan Ini Cukup untuk Bujuk Bos Ganti Kursi di Kantor
ILUSTRASI. Kontan Seremonia Online

Bagi pekerja kantoran, menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk di kursi menghadap layar komputer bukanlah hal yang aneh. Tahukah kamu bawa duduk lama di kursi dapat beresiko buruk pada kesehatan? Selain membuat peredaran darah tidak lancar, duduk lama juga bisa membuat pegal punggung dan leher. Terlebih jika ternyata kursi yang disediakan oleh kantor ternyata kurang nyaman.

Memiliki kursi kerja yang nyaman sangat penting. Jika kursi Anda sekarang tidak cukup nyaman, jangan ragu untuk bilang ke bos bahwa Anda memerlukan kursi kerja baru yang lebih cocok. Agar lebih didengar dan disetujui, gunakan 4 alasan berikut ini:

1. Mencegah sakit punggung dan menjadikan kinerja lebih optimal

Saat kursi kantor tak nyaman, punggung dan leher adalah bagian tubuh pertama yang merasakannya. Mengingat seberapa sering dan lama Anda duduk, kursi kantor dengan fitur lengkap dan nyaman untuk penopang konstruksi tulang pada tubuh wajib dimiliki tiap kantor. Tulang punggung, leher, lengan, pundak, dan pergelangan tangan butuh penopang yang tepat agar tidak menimbulkan kelelahan berlebih.

Perlu disadari bahwa kursi kantor tidak hanya merupakan investasi penting bagi kesehatan Anda sebagai pekerja, namun kursi kantor yang nyaman akan membuat hasil kerja Anda maksimal. Karena bukan hanya posisi semata yang menentukan prestasi, tapi apalah arti duduk di posisi yang strategis tanpa dibarengi kesenangan duduk di tempat Anda sendiri?

Untuk kedua alasan di atas, kursi harus memiliki sandaran punggung yang fleksibel agar punggung tidak terlalu tegang selama duduk. Selain itu, sandaran lengan dan ketinggian kursi juga harus bisa diatur untuk disesuaikan dengan ketinggian meja kantor. Kursi yang terlalu rendah dari meja akan membuat lengan dan pundak mudah lelah karena posisi mengetik yang tak nyaman. Tips penting untuk meja kantor ialah pastikan kantor Anda menggunakan meja kantor yang disertai penyimpanan agar penyimpanan dokumen efisien dan praktis.

2. Melancarkan peredaran darah

Karena pergerakan tubuh yang terbatas selama berada di kantor, bisa jadi sistem peredaran darah Anda juga jadi kurang lancar. Gejala yang umum dialami adalah seringnya merasa kesemutan dan kaki bengkak. Ini merupakan bukti bahwa peredaran darah dalam tubuh kurang lancar.

Bagaimana kursi kantor yang tepat dapat mengatasinya? Kursi kantor yang tepat dapat membuat Anda duduk dengan lebih nyaman, tanpa harus membuat bagian tubuh tertentu tertekan dan darah yang mengalir ke sana terhambat. Selain itu, Anda juga butuh bangkit dari kursi setiap satu jam sekali dan berjalan-jalan sedikitnya 5 menit.

3. Mengurangi kemungkinan absen

Jika tubuh terasa fit dan tidak ada keluhan, maka Anda pun lebih rajin berangkat ke kantor untuk bekerja. Kualitas kursi yang tepat sangat menentukan daya tahan tubuh Anda sebagai pekerja.

Untuk membuat diri lebih fokus dan segar, Anda juga bisa membawa hiasan meja yang bermanfaat. Misalnya, pasang tanaman hias dalam ruangan di atas meja santai ataupun lipat minimalis. Dengan begitu, meja Anda akan menjadi penyedia pemandangan hijau dan pereda stres di tengah rutinitas pekerjaan.

Itu dia 4 alasan yang bisa Anda kemukakan ke bos di kantor untuk mengganti kursi. Siap melakukan perubahan ini

4. Meningkatkan produktivitas

Kursi kantor dengan fitur unggulan seperti pengontrol tinggi dudukan dan sandaran lengan, serta pengatur fleksibilitas pada sandaran punggung tentu membuat Anda jauh lebih nyaman. Dengan kursi yang nyaman, Anda tentu betah duduk sedikit lebih lama lagi dan bekerja dengan maksimal.

Meski kursi kantor terbukti nyaman, nantinya Anda tak perlu duduk dalam waktu yang terlalu lama. Tetap lakukan gerakan secara rutin setiap satu jam sekali dengan berjalan ke pantry untuk mengambil minum.


Reporter: Sponsored
Editor: Areka

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0012 || diagnostic_api_kanan = 0.0484 || diagnostic_web = 0.2249

Close [X]
×