kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

4 Cara Merapikan Dokumen Berserakan di Laci Meja Kantor


Rabu, 23 Maret 2022 / 13:04 WIB
4 Cara Merapikan Dokumen Berserakan di Laci Meja Kantor
ILUSTRASI. Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Dokumen kerja yang berserakan di laci meja kantor tentunya tidak sedap dipandang dan membuat kita jadi kesulitan saat mencari dokumen penting. Kondisi ini juga dapat membuat kita jadi buang waktu secara percuma dan bikin kita jadi lelah karena harus membongkar tumpukan dokumen tersebut. 

Oleh karena itu, kita perlu menjaga agar semua dokumen kantor tetap tersusun rapi. Namun, bagaimana caranya agar dokumen tidak berantakan? Tenang, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

 
1. Gunakan Map Khusus
Untuk menjaga dokumen tetap bersih, rapi, dan tidak mudah sobek, kamu perlu menggunakan map khusus berupa file holder dan menyusunnya di dalam lemari kantor.
Nah, bila kamu ingin menyatukan beberapa dokumen sekaligus ke dalam satu map, pastikan dokumen tersebut berasal dari tahun dan departemen yang sama, ya. Lalu,  berikan tanda berupa label sebagai pengingat pada map agar tidak tercampur dengan dokumen lainnya.
 
2. Susun Dokumen Berdasarkan Kategori
Cobalah untuk memilah dokumen dan mengelompokkannya berdasarkan tahun dan tingkat prioritas dokumen. Kamu bisa menyusun dokumen mulai dari tahun ini hingga ke belakang secara berurut untuk memudahkan saat mencarinya sewaktu-waktu.
Setelah mengelompokkannya berdasarkan tahun, akan lebih baik jika dokumen penting diletakkan paling awal agar lebih mudah mengambilnya ketika dibutuhkan.
 
3. Langsung Kembalikan Setelah Dipakai
Setelah selesai menggunakan dokumen, pastikan kamu langsung mengembalikannya ke tempat asal tanpa menunda. Bila dibiarkan terlalu lama di atas meja, bisa-bisa dokumen akan berserakan dan hilang. Kebiasaan ini juga membuat kamu belajar dalam membiasakan diri untuk lebih disiplin dan terorganisir, lho.
 
4. Hancurkan Dokumen yang Tidak Dibutuhkan
Pisahkan dokumen yang masih diperlukan dan yang tidak terpakai lagi. Kemudian, kamu bisa menghancurkan dokumen yang tidak dibutuhkan agar dapat menghemat tempat pada di rak. Namun, sebelum dihancurkan, kamu bisa membuat soft copy dalam bentuk digital sebagai cadangan.
 
Nah, sekarang kamu sudah bisa merapikan dokumen kerja yang berantakan, ya. Meja kerja yang bersih dan rapi pasti bisa membuat kita lebih bersemangat lagi saat bekerja.
 
Selain memperhatikan kerapian meja, pastikan juga kamu memakai meja dan kursi kerja yang terbaik. Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan kantor, dari meja, kursi, rak, hingga lemari, hanya di Ruparupa.com. 
 
Harga meja kantor dan harga kursi kantor yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan berkualitas terbaik, lho. Apalagi, situs belanja online satu ini menawarkan perabot dan peralatan kantor dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, segera kunjungi Ruparupa.com sebelum kehabisan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×