kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

4 Tempat Wisata Keluarga Terbaik di Bengkulu


Senin, 18 November 2019 / 07:54 WIB
4 Tempat Wisata Keluarga Terbaik di Bengkulu
Fort Marlborought

Reporter: Adv Team | Editor: indah sulistyorini

Bengkulu merupakan ibukota Provinsi Bengkulu yang juga merupakan kota terbesar kedua setelah Padang yang berada di sisi pantai barat Pulau Sumatera. Dari segi pariwisata, Bengkulu boleh jadi tidak seterkenal beberapa daerah di dataran Andalas lainnya seperti Bukittinggi, Medan, dan yang lain. Namun jangan salah, kota ini menyimpan cukup banyak jejak sejarah nusantara terutama di zaman menuju kemerdekaan.

Mengingat beragamnya destinasi sejarah di kota ini, maka jalan-jalan bersama keluarga ke Bengkulu juga bisa jadi alternatif pelesir yang seru. Di samping berkunjung ke tempat-tempat dengan nilai historis tinggi, Anda juga dapat mengajak orang-orang tersayang ke berbagai tempat wisata keluarga berikut ini.

1. Fort Marlborought

Objek wisata ini merupakan benteng peninggalan Inggris yang didirikan pada tahun 1712. Lokasinya berada di atas bukit buatan, tepatnya di kawasan Kampung Cina. Anda juga akan mudah menemui beberapa pertokoan dan destinasi wisata kuliner yang berada di sepanjang area Pantai Tapak Paderi yang terletak persis di belakang benteng.

Ajaklah si kecil melihat lebih banyak sejarah di Fort Malborought, apalagi mengingat semakin mudahnya sekarang menemukan tiket pesawat online yang menawarkan harga ekonomis. Adapun beberapa benda peninggalan yang tersimpan di benteng asri dan luas ini antara lain Meriam, foto, berkas, hingga bangunan penjara.

2. Pantai Panjang

Kondisi geografisnya yang berada sisi pinggir pulau membuat Bengkulu memiliki cukup banyak gugusan pantai. Bila tak ingin terlalu jauh dari pusat kota, Anda dan keluarga bisa berkunjung ke Pantai Panjang yang hanya berjarak sekitar 4 km.

Nama Pantai Panjang sendiri diambil dari garis pantainya yang memang cukup panjang, yakni mencapai 7 km dengan lebar sekitar 500 meter. Destinasi wisata alam ini cukup ramai oleh pengunjung yang datang sendiri maupun beramai-ramai bersama keluarga maupun sahabat. Saat sore hari utamanya, Pantai Panjang menjadi semakin ramai oleh pengunjung yang sekadar bersantai maupun berolahraga seperti joging, berselancar, dan voli pantai.

3. Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Seblat

Selembar tiket pesawat ke Bengkulu juga dapat membawa Anda ke konservasi gajah dan berinteraksi langsung dengan hewan bertubuh besar ini. Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Seblat tepatnya berada di Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara dan masih menjadi bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

PLG Seblat memiliki lahan lebih dari 6.500 hektar dengan jumlah gajah liar sumatera mencapai ratusan. Di samping melihat aktivitas gajah, Anda juga dapat menyaksikan berbagai atraksi hewan berbelalai ini di bawah tangan para pelatih yang telah berpengalaman. Selain itu, Anda pun berkesempatan melihat berbagai flora dan fauna yang berhabitat di PLG Seblat.

4. Rumah Pengasingan Bung Karno

Setelah Ende, Ir. Soekarno diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1938 sampai 1942 karena dianggap membahayakan kepentingan penjajah. Walau statusnya diungsikan, sang proklamator tetap tak henti menggelorakan semangat nasionalisme menuju kemerdekaan di rumah sederhana yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta (dulunya bernama Jalan Anggut Atas) ini.

Selain itu, bangunan berdinding kayu yang telah menjadi cagar budaya ini juga menjadi saksi bisu perjalanan cinta Bung Karno dan Ibu Fatmawati. Di kota ini pula Bung Karno menemukan tambatan hati yang kemudian dipersuntingnya.

Selain empat destinasi di atas, Bengkulu juga punya banyak referensi tempat wisata ramah anak lainnya seperti Pantai Tapak Paderi, Pulau Tikus, Hutan Lindung Bukit Daun (habitat asal bunga bangkai alias rafflesia arnoldi), dan masih banyak lagi. Dijamin, Anda tak akan bosan menjelajah tempat ini bersama orang-orang terpenting dalam hidup.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera dapatkan tiket pesawat Xpress Air menuju Bengkulu. Di Airy, pencarian dan pemesanan tiket pesawat dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Segala transaksinya pun dijamin bebas penipuan serta tak akan mengecewakan. Bahkan bila terjadi kendala pada perjalanan, Anda bisa menggunakan layanan refund dan reschedule yang antiribet.


Tag

TERBARU

×