kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45836,62   6,47   0.78%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

4 Tips Gunakan Indodana Paylater agar Cicilannya Tetap Bersahabat dengan Isi Dompet


Senin, 12 Juli 2021 / 19:30 WIB
4 Tips Gunakan Indodana Paylater agar Cicilannya Tetap Bersahabat dengan Isi Dompet

Reporter: Adv Team | Editor: indah sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Di samping segala pandangan miring masyarakat mengenai produk pinjaman berbasis online, tak dapat dipungkiri jika layanan keuangan modern tersebut dapat menjadi solusi untuk selesaikan berbagai masalah keuangan mendesak. Stigma negatif tentang beban bunga yang terlalu tinggi dan mampu menyeret penggunanya ke jurang utang yang mendalam sebenarnya bisa sangat mudah dihindari. Asal digunakan dengan bijak dan sesuai kebutuhan, pinjaman online dapat menjadi produk pinjaman terbaik yang bisa dipilih.

Produk aplikasi pinjaman online pun saat ini memiliki beberapa jenis yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya adalah paylater yang saat ini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat. Sejumlah e-commerce dan perusahaan fintech juga sudah banyak merilis produk keuangan digital jenis ini, termasuk Indodana dengan layanan Indodana Paylaternya.

Dengan menggunakan layanan Indodana Paylater, Anda tak perlu lagi khawatir dengan besarnya tagihan saat berbelanja online. Pasalnya, Indodana Paylater mampu menalangi segala pengeluaran belanja hingga 25 juta, dan membolehkan Anda untuk melunasi tagihannya di lain waktu secara mencicil.

Sebagai fintech yang terdaftar dan mengantongi izin usaha OJK, segala kebijakan layanan Indodana Paylater, mulai dari, tingkat suku bunga, tenor pelunasan, denda keterlambatan, dan metode penagihan telah sesuai dengan regulasi yang berlaku. Jadi, nasabah tak perlu ragu lagi dengan keamanan dan kenyamanan saat memanfaatkan layanan besutan Indodana tersebut.

Selain itu, agar pemakaian layanan paylater tersebut tetap aman bagi keuangan dan tak sampai menjadi beban utang yang terlalu besar, ada beberapa tips yang perlu diketahui. Untuk lebih jelasnya, simak 4 tips menggunakan layanan Indodana Paylater agar cicilannya tetap bersahabat dengan isi dompet berikut ini.

1.    Gunakan Seperlunya Saja

Tak seperti layanan paylater lainnya, Indodana Paylater dapat digunakan di banyak merchant online ternama di Indonesia. Mulai dari kebutuhan pokok, sekunder, hingga tersier, semuanya dapat dipenuhi dengan menggunakan layanan keuangan digital jebolan Indodana tersebut.

Meski begitu, bukan berarti Anda boleh berbelanja dengan Indodana Paylater secara berlebihan. Tetap bijak dalam menentukan kebutuhan apa saja yang akan dipenuhi dengan kredit online. Pastikan bahwa pemakaian paylater tetap terkontrol dan tak sampai membengkakkan pengeluaran agar cicilannya tak sampai terlalu berat membebani keuangan Anda.

Agar tetap aman, hindari berbelanja dengan paylater hingga melebihi 70 persen limit kredit yang diberikan. Sisakan sejumlah limit untuk mengantisipasi keperluan mendesak yang muncul secara mendadak. Dengan begitu, paylater mampu menjadi solusi dari masalah keuangan Anda, dan tak menjadi sumber masalah keuangan karena nominal cicilannya tetap terjangkau.

2.    Pilih Tenor Pelunasan yang Tepat

Tenor pelunasan tagihan paylater memiliki pengaruh besar terhadap besarnya cicilan yang harus dibayar nantinya. Jika tak hati-hati memilihnya, bukan tak mungkin Anda akan terbebani dengan cicilan yang terlalu besar atau terlalu panjang.

Di Indodana Paylater, Anda dapat memilih tenor pelunasan hingga 12 bulan lamanya. Meski dengan limit kredit mencapai 25 juta Rupiah, pemakaian Indodana Paylater untuk berbelanja akan tetap terasa ringan pula. Idealnya, pilih tenor pelunasan yang memiliki jumlah cicilan tak lebih dari 30 persen total penghasilan Anda agar kebutuhan penting lainnya tetap terpenuhi.

3.    Sisihkan Anggaran Membayar Cicilan di Awal

Terlambat membayar cicilan artinya Anda harus siap menerima denda keterlambatan dan penurunan skor kredit. Agar hal tersebut tak sampai terjadi, usahakan untuk menyisihkan gaji Anda di awal bulan untuk membayar tagihan paylater. Menjadikan tanggungan pinjaman ini sebagai prioritas keuangan juga dapat menghindarkan Anda dari risiko gagal bayar ataupun kredit macet.

Tips tambahan, hindari mengajukan pinjaman lain sebelum tagihan yang sebelumnya terlunasi sepenuhnya. Selain menghindarkan Anda dari risiko beban cicilan yang terlalu mencekik, hal ini juga dapat menjauhkan Anda dari rasa ketagihan menggunakan layanan pinjaman online untuk penuhi hal-hal yang tak jelas manfaatnya.

4.    Tak Menunda Pembayaran Cicilan Paylater

Saat mendekati tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan, Indodana Paylater akan mengirimkan notifikasi sebagai pengingat. Dengan mendapatkan notifikasi tersebut, sebaiknya Anda langsung melakukan pembayaran agar tak sampai terlambat dan harus membayar denda yang mampu membengkakkan cicilan.

Perlu diingat jika sengaja tak membayar tagihan, akun paylater Anda akan dibekukan. Skor kredit pun akan memburuk sehingga menyulitkan Anda untuk mengajukan pinjaman legal dan terpercaya ke depannya. Oleh karena itu, kalau sudah waktunya, jangan pikir dua kali dan langsung lakukan pembayaran sebelum melewati deadline.

Cukup dengan KTP dan Akun Internet Banking , Indodana Paylater Siap untuk Diajukan

Kelebihan utama dari layanan paylater adalah proses pengajuan yang sangat mudah dan praktis. Di layanan Indodana Paylater contohnya, Anda hanya perlu melampirkan KTP untuk bisa menjadi nasabahnya dan mendapatkan layanan paylater dengan limit kredit mencapai 25 juta dan tenor 12 bulan.

Dengan merchant online variatif dan menjangkau segala jenis produk dan jasa, Indodana Paylater dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan apapun tanpa terkecuali. Nah, setelah melihat 4 tips di atas, yakin masih ragu dengan keamanan dan kenyamanan menjadi pengguna produk keuangan digital?



TERBARU

×