kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

5 Cara Jitu agar Bisa Tidur Lebih Awal dan Berkualitas


Senin, 19 September 2022 / 17:37 WIB
5 Cara Jitu agar Bisa Tidur Lebih Awal dan Berkualitas
ILUSTRASI. Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Tidur menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab, ketika tidur, tubuh kita akan mengeluarkan racun dan memperkuat imunitas. Umumnya, kita harus tidur selama 7-8 jam.

Namun, ada banyak kebiasaan yang sering membuat kita tidur jadi lebih malam, seperti menonton TV, main ponsel, pekerjaan, dan sebagainya. Hal inilah yang membuat waktu istirahat kita jadi berkurang. Tenang saja, kita bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan beberapa cara berikut ini. 

1. Mandi Air Hangat

Setelah selesai beraktivitas, cobalah untuk mandi air hangat. Sebab, air hangat ini bisa bantu menghilangkan stres dan bikin tubuh jadi lebih rileks.  Ketika tubuh berada dalam kondisi yang nyaman, kita bisa lebih cepat mengantuk. Inilah yang membuat  kita akhirnya bisa tertidur pulas.

2. Simpan Ponsel Alat Elektronik Lain

Banyak orang pasti suka bermain ponsel sebelum tidur. Meski hal ini menyenangkan, cahaya dari smartphone dapat mempengaruhi tingkat produksi hormon tidur, yaitu melatonin. Selain smartphone, hindari juga perangkat elektronik lain, seperti layar monitor, TV, tablet, dan sebagainya.

3. Matikan Lampu

Cahaya dari lampu bisa bikin kita melek lebih lama. Oleh sebab itu, matikan lampu kamar setiap kamu akan beranjak ke tempat tidur. Selain bisa membuat kita cepat tidur, mematikan lampu juga dapat menurunkan tingkat insomnia, membuat tubuh lebih rileks, serta dapat menjaga berat badan.

4. Kurangi Waktu Tidur Siang

Banyak orang senang tidur siang untuk membuat tubuh jadi lebih segar. Namun, tidur siang dalam waktu yang lama ternyata  bisa mengganggu waktu tidur di malam hari.  Bila ingin tidur siang, kamu bisa melakukannya cukup 15-20 menit saja.

5. Latihan Tidur Lebih Awal

Jika kamu terbiasa tidur terlaru larut malam, mencoba tidur lebih cepat tentu akan sulit. Nah, untuk mengubah kebiasaan tersebut, kita bisa memajukan jam tidur secara perlahan. Misalnya, kamu selalu tidur jam 12 malam, maka keesokannya, cobalah tidur 15 menit lebih awal sampai mencapai jam tidur yang kamu inginkan.

Nah, itu dia cara jitu untuk membantu kamu tidur lebih awal. Supaya tidur jadi lebih nyenyak, pastikan juga kamu sudah memilih kasur dan perlengkapan tidur yang tepat.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengunjungi Informa Online untuk menemukan perlengkapan tidur terbaik dan berkualitas. Tenang saja, ada banyak penawaran menarik yang bisa membuat kamu belanja jadi lebih hemat. Yuk, buat kamar tidur impian yang nyaman sekarang juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

×