kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Faktor Memengaruhi Pengelolaan Dana pada Investasi Reksadana


Jumat, 10 November 2023 / 13:30 WIB
5 Faktor Memengaruhi Pengelolaan Dana pada Investasi Reksadana
ILUSTRASI. Kontan - Digital Fery Agency Seremonia Digital. Photo by: Pexels

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Ketika seorang investor ingin mencapai keuntungan maksimal dalam proses investasinya, tentu hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor. Di dalam investasi Reksadana, banyak sekali faktor yang memengaruhi dinamika pergerakan investasi tersebut. Faktor-faktor tersebut terdiri dari faktor internal dan eksternal.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai faktor yang dapat Anda ketahui terkait dengan pengelolaan dana pada investasi Reksadana. Selain itu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar nilai investasi Anda tetap solid dan menguntungkan.

Pengelolaan Dana Reksadana Dipengaruhi oleh Faktor Ini!

Tidak dapat dipungkiri jika Reksadana menjadi salah satu produk atau instrumen investasi yang populer dewasa ini. Alasannya adalah kemudahan dan lebih sederhana dalam prosesnya dan juga memiliki banyak kelas aset.

Lalu, pertanyaannya adalah apa saja faktor yang memengaruhi pengelolaan dana ketika Anda melakukan investasi Reksadana? Seperti yang dikutip pada situs Kontan, berikut ini beberapa faktor yang melatarbelakanginya:

● Minat Investor

Minat investor menjadi faktor utama yang memengaruhi pengelolaan dana pada investasi Reksa Dana. Sebagai informasi, pada bulan Agustus 2023 OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mencatat total dana kelolaan investasi Reksa Dana mencapai Rp844,47 triliun yang mana persentasenya lebih tinggi 2,05% dari tahun lalu.

Hal ini menunjukkan jika peminat produk Reksa Dana terus meningkat dari tahun ke tahun. Menurut beberapa pakar, minat investor untuk lebih tertarik memilih Reksa Dana juga dipengaruhi aspek lainnya. Seperti investasi Reksa Dana dapat dimulai dari nominal terkecil dan biaya operasional yang cenderung rendah.

Maka dari itu, faktor ini sangat berpengaruh penting karena minat investor menjadi hal terpenting munculnya dinamika pengelolaan dana di dalam investasi Reksa Dana. Artinya, semakin meningkatnya minat para investor maka semakin tinggi pula pengelolaan dana yang ada di dalamnya.

● Dinamika Perekonomian Global

Faktor eksternal seperti dinamika perekonomian global juga berpengaruh terhadap fluktuasi pengelolaan dana investasi Reksa Dana. Hal ini yang dapat Anda perhatikan karena dinamika perekonomian global tentu akan mengalami penurunan dan kenaikan.\

Misal, di dalam beberapa kasus seperti perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat pada tahun 2019 dan munculnya pandemi Covid-19 di tahun 2020 hingga 2021. Contoh fenomena dinamika tersebut memengaruhi perekonomian global dan juga memengaruhi pengelolaan dana Reksadana.

● Nilai Suku Bunga

Pengelolaan dana Reksa Dana tentu dipengaruhi oleh faktor nilai suku bunga. Anda tentu sudah familiar dengan hal ini karena ketika berinvestasi Anda wajib mengetahui kondisi atau tren suku bunga yang sedang berjalan. Pergerakan nilai suku bunga sangat memengaruhi berbagai instrumen investasi, termasuk Reksa Dana.

Misal, ketika nilai suku bunga rendah, maka investor dan Manajer Investasi lebih aktif untuk mengelola dana Reksadana agar mencapai hasil optimal. Maka dari itu, Anda sebagai seorang investor wajib memerhatikan faktor satu ini dari waktu ke waktu.

● Kinerja Pasar Modal

Di Indonesia, faktor kinerja pasar modal yang biasanya menggunakan indikator IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) penting untuk diperhatikan. Karena faktor kinerja pasar modal ini yang memengaruhi pengelolaan dana Reksadana.

Cara mudah untuk memahami faktor satu ini adalah ketika pasar modal dalam kondisi baik, maka kemungkinan nilai IHSG juga akan naik.

Tentunya, kinerja pasar modal juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang mana saling berkaitan. Misal, kinerja pasar modal sedang membaik karena perekonomian domestik Indonesia sedang meningkat dibandingkan perekonomian global.

● Faktor Eksternal Lainnya

Anda juga jangan mengabaikan berbagai faktor eksternal lainnya seperti konflik internasional dan bencana alam. Faktor ini juga berpengaruh erat dengan dinamika pengelolaan dana pada investasi Reksadana Anda. Contoh mudahnya adalah konflik, yang mana terdapat beberapa kasus konflik yang dapat Anda ketahui seperti antara Ukraina dan Rusia.

Pengaruh konflik tersebut terhadap perekonomian dunia tentu sangat signifikan, yang mana juga berpengaruh terhadap investasi Anda. Sehingga, dapat disimpulkan jika semakin lama konflik berlangsung maka pengelolaan dana pada investasi Reksadana akan berpotensi tidak optimal.

Tips agar Nilai Investasi Reksadana Tetap Solid

Jika Anda telah memahami berbagai faktor yang memengaruhi pengelolaan dana pada investasi Reksadana. Maka selanjutnya, Anda wajib mengetahui berbagai tips yang dapat dilakukan agar nilai investasi tetap optimal dan solid. Seperti yang dikutip oleh situs OJK, berikut ini tips yang dapat Anda ketahui:

● Berinvestasi dengan Research

Tips pertama adalah berinvestasi dengan melakukan research terlebih dahulu. Walaupun Reksadana merupakan investasi yang proporsional sesuai risiko yang dapat ditanggung, tetap saja sebagai permulaan Anda disarankan untuk mulai belajar berinvestasi dari research berkala.

Tujuannya agar Anda belajar terlebih dahulu mengenai dinamika investasi jenis ini. Selain itu, research juga dapat membantu Anda melihat potensi untung dan rugi investasi Reksadana Anda kedepannya.

● Selalu Belajar dan Up to Date terhadap Informasi

Faktor internal dan eksternal yang telah disebutkan di atas tentu berubah seiring waktu. Maka dari itu, tips yang dapat Anda perhatikan dan lakukan adalah terus belajar dan up to date terhadap berbagai jenis investasi.

Meningkatkan pengetahuan mengenai investasi Reksadana dengan selalu belajar dan mencari informasi terbaru akan memberikan Anda kemampuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan keuntungan Reksadana Anda.

● Asah Pengalaman Berinvestasi

Ketika berinvestasi, kesabaran dan ketelatenan adalah hal utama yang perlu Anda kuasai. Karena berinvestasi merupakan pengalaman yang perlu terus diasah dari waktu ke waktu. Anda tidak mungkin mengharapkan imbal hasil yang maksimal hanya dengan satu kali berinvestasi.

Diperlukan skill atau pertimbangan terhadap Manajer Investasi ketika memilih investasi Reksadana. Selain itu, jangan hanya terfokus pada satu jenis Reksadana dan pilih berbagai jenis lain juga memerlukan pengalaman berinvestasi yang banyak.

Gunakan Mitra Tepercaya agar Nilai Investasi Menguntungkan

Pengelolaan dana pada investasi Reksadana merupakan hal yang wajib Anda pahami dan ketahui. Memilih produk Reksadana yang tepat dan terbaik juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi berjalannya pengelolaan dana Reksadana dengan baik. Anda dapat memilih produk Reksadana dari perbankan prioritas DBS Treasures.

Keunggulan-keunggulan seperti pengelolaan dana investasi oleh Manajer Investasi profesional, update insight sesuai aspirasi kepada investor sebagai bahan panduan berinvestasi, dan meminimalisasi risiko melalui diversifikasi sangat berpengaruh pada nilai Reksa Dana yang berpotensi menguntungkan.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Sehingga dapat disimpulkan jika faktor pengelolaan dana Reksadana wajib diperhatikan dengan cara memilih produk yang tepat dan terbaik untuk Anda. Tujuannya untuk menciptakan nilai investasi yang solid dan mencapai keuntungan yang optimal serta minim dari risiko. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa Anda dapatkan di sini.

Selanjutnya: Redam Asam Urat Tinggi dan Darah Tinggi, 6 Manfaat Pokak yang Kaya Antioksidan

Menarik Dibaca: 2 Resep Onion Ring yang Bertekstur Tebal, Terasa Manis dan Renyah di Kunyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×