kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Tips Meletakkan Kulkas di Dapur dengan Benar


Selasa, 21 Februari 2023 / 19:07 WIB
5 Tips Meletakkan Kulkas di Dapur dengan Benar
ILUSTRASI. Kontan - Ruparupa.com Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Kulkas adalah alat elektronik rumah tangga yang berfungsi sebagai pendingin bahan makanan. Ukuran kulkas pun cukup besar dengan tinggi bisa mencapai lebih dari 1 meter.

Untuk itulah, meletakkan kulkas di dapur harus diperhatikan dengan baik. Apalagi, posisi kulkas berpengaruh besar terhadap daya tahan dan kualitas kulkas.

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat meletakkan kulkas di dapur.

1. Jauhkan Kulkas dari Sumber Panas

Pastikan posisi kulkas jauh dari sumber panas dan sinar matahari. Bila tidak, kulkas akan membuang banyak energi untuk tetap dingin. Terlebih, panas yang dihasilkan dari sinar matahari, kompor, oven, dan microwave dapat membuat komponen kulkas cepat rusak.

2. Letakkan Kulkas di Sudut Ruangan

Hindari meletakkan kulkas di area yang sering dilalui orang. Pasalnya, pintu kulkas yang terbuka dapat menghambat jalan orang lain. Sebagai gantinya, kamu bisa meletakkan kulkas di sudut dapur yang mudah dijangkau.

3. Letakkan Kulkas di Dekat Tempat Menyiapkan Makanan

Kulkas dan meja dapur harus diletakkan berdekatan. Jadi, kamu tidak bolak-balik saat mengambil bahan makanan. Dengan begitu, aktivitas memasak akan lebih praktis dan efisien.

4. Pastikan Kulkas Dekat dengan Sumber Listrik

Kabel yang berantakan tentu mengganggu estetika dapur. Apalagi, kamu bisa saja tersandung oleh kabel-kabel tersebut. Untuk mencegah hal itu terjadi, pastikan kamu meletakkan kulkas di dekat sumber listrik.

5. Berikan Jarak Antara Kulkas dan Dinding

Agar terjadi sirkulasi udara yang baik pada kulkas, kamu perlu memberikan jarak sekitar 5 cm antara kulkas dan dinding.  Selain itu, berikan juga jarak kurang lebih 2-5 cm di setiap sisi kulkas. Jadinya, kulkas pun tidak akan mengalami panas berlebih.

Nah, itu dia tips meletakkan kulkas dengan benar di dapur. Bila kamu sedang mencari kulkas hemat energi dan perlengkapan dapur lainnya, kamu bisa mengunjungi toko resmi online INFORMA Electronics melalui ruparupa.

Toko elektronik ini juga menjual berbagai perabot rumah, seperti sofa, dipan, matras, dan TV LED yang berkualitas. Dapatkan juga banyak penawaran menarik, dari gratis ongkos kirim, cashback, hingga voucher belanja di INFORMA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×