kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

5 Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik buat Pemula


Selasa, 25 Januari 2022 / 20:24 WIB
5 Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik buat Pemula

Reporter: Adv Team | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Seiring dengan perkembangan zaman dan juga kemajuan teknologi, saat ini segala kegiatan dapat dilakukan dengan cara online. Tentu saja hal ini membuat segala sesuatu jadi lebih praktis dan mudah, karena teknologi dapat menyentuh segala bentuk kegiatan manusia. Seperti halnya dengan mengajukan pinjaman, saat ini Anda dapat mendapatkan pinjaman dengan cara online atau biasa disebut dengan pinjol.

Seiring jumlah pinjaman online yang semakin banyak, tentu membuat Anda harus lebih berhati-hati. Pasalnya, tidak semua pinjol memiliki track record yang baik dan justru bisa merepotkan nasabahnya. Tentu dibutuhkan tips supaya bisa memilih aplikasi pinjol terbaik.

5 Tips Memilih Pinjol Terbaik

Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat memilih pinjol terbaik untuk pemula:

1. Pastikan untuk Mengecek Bunga yang Ditetapkan

Dalam mengajukan suatu pinjaman, tentu saja besaran bunga sangatlah penting. Boleh jadi meskipun proses pengajuan kreditnya mudah, namun bunga yang dipatok sangatlah tinggi. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan Anda dalam melunasi pinjaman sekaligus bunganya. Untuk itu pilihlah pinjol yang menetapkan besaran bunga yang wajar sesuai dengan proses pengajuan dan lama tenor yang diberikan.

2. Ajukan Pinjaman Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam mengajukan hutang atau pinjaman tentu saja Anda tetap harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jangan sampai mengajukan pinjaman yang terlalu banyak dan nantinya menyebabkan kesulitan dalam pelunasannya. Jadi selalu pertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan pinjaman supaya tidak terjadi gagal bayar di kemudian hari.

3. Penting untuk Melihat Track Record Perusahaan Pinjol

Perlu Anda ketahui, banyak juga aplikasi pinjol ilegal yang tidak terdaftar pada OJK. Tentu saja hal ini melanggar hukum dan merugikan Anda jika salah dalam memilih perusahaan pinjol. Oleh karena itu penting untuk mengecek track record perusahaan sebelumnya.

Saat ini Anda dapat mengecek legalitas perusahaan pinjaman online dengan mengakses langsung website Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Atau juga dapat langsung menanyakan melalui call center OJK di nomor 157.

4. Teliti dan Perhatikan Poin S&K pada Aplikasi Pinjaman Online

Setelah mengetahui track record dan legalitas perusahaan pinjaman online, hal selanjutnya adalah mencermati poin Syarat dan Ketentuan yang tertera pada aplikasi pinjaman online. Biasanya ketentuan ini harus Anda baca sebelum mengajukan pinjaman online.

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal ini karena memang bacaannya yang lumayan banyak. Padahal poin ini sangatlah penting, jangan sampai Anda menyetujui S&K yang ada padahal ada poin yang memberatkan Anda.

5. Perusahaan yang Memiliki Layanan Konsumen

Dengan memilih perusahaan yang memiliki layanan konsumen, pasti sangat mempermudah Anda dalam menghubunginya. Tujuannya adalah saat terjadi kendala, Anda dapat dengan cepat terbantu dengan tersambung pada layanan konsumen perusahaan pinjaman online tersebut. Selain itu ada tidaknya layanan konsumen juga dapat menjadi penanda legalitas pinjol tersebut.

Itulah tadi tips yang dapat Anda lakukan dalam memilih aplikasi pinjaman online. Keberadaan aplikasi pinjol memang sangat memudahkan masyarakat. Terutama bagi siapa saja yang membutuhkan dana cepat dengan proses yang mudah. Salah satu aplikasi pinjol/kredit tanpa agunan terbaik saat ini adalah Tunaiku yang berada di bawah naungan PT Bank Amar Indonesia Tbk.

Aplikasi ini dapat membantu memberikan kemudahan financial dengan proses dana cepat. Plafon pinjaman yang tersedia di Tunaiku juga terbilang besar yaitu hingga 20 juta rupiah dengan masa tenor yang lama hingga 20 bulan. Untuk masalah legalitas, Anda tidak perlu khawatir. Amar Bank yang merupakan induk dari Tunaiku sudah mengantongi izin usaha bank umum konvensional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×