kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45838,94   8,78   1.06%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

5 Tips Memilih Ponsel Dengan Harga di Bawah 1 Jutaan


Selasa, 29 Juni 2021 / 16:00 WIB
5 Tips Memilih Ponsel Dengan Harga di Bawah 1 Jutaan

Reporter: Adv Team | Editor: indah sulistyorini

Adanya e-commerce yang memfasilitasi official store ponsel pintar kini telah mempermudah konsumen untuk membeli smartphone yang sesuai kebutuhan dan budgetnya. Terlebih sekarang ini telah banyak vendor ponsel pintar yang menawarkan beragam model dan juga varian untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan penggunanya.

Sedikit berbeda ketika Anda membeli ponsel pintar kelas flagship yang sudah pasti tidak akan “zonk”. Tapi, berbeda dengan ponsel pintar yang murah karena butuh ketelitian dan juga pengetahuan lebih tentang ponsel tersebut, terutama soal spesifikasi yang perlu diperhatikan secara jeli.

Umumnya yang menjadi kesalahan terbesar konsumen ketika membeli ponsel pintar adalah menjadi korban iklan, padahal apa yang dijelaskan di iklan belum tentu sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda tidak ingin mengalami hal tersebut ketika membeli ponsel pintar, maka dari itu Anda perlu tahu bagaimana caranya memilih ponsel pintar dengan harga murah tapi kualitas mumpuni. Terlebih jika Anda mencari yang harganya di bawah 1 jutaan.

Nah, agar Anda tidak merasa menyesal ketika beli ponsel di bawah 1 jutaan secara online,  berikut ada beberapa tips yang bisa diikuti :

1. Perhatikan Chipset yang Dimiliki

Banyak calon konsumen yang belum tahu tentang spesifikasi ponsel murah dan seringkali terjebak oleh masukan beberapa orang, sehingga membeli ponsel dengan spesifikasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan harga yang tergolong mahal.

Yang menjadi salah satu ketidaktahuan calon konsumen adalah pada ranah chipset atau processor yang digunakan. Sekarang ini untuk ponsel dengan harga di bawah 1 jutaan berkutat di antara chipset Snapdragon dan MediaTek. Walaupun sebenarnya masih ada jenis chipset yang lainnya seperti Kirin dan juga Exynos, tapi umumnya ponsel di harga di bawah 1 jutaan menggunakan chipset dari Snapdragon dengan CPU Quad-Core.

Misalnya saja OPPO A37 yang jika dicek melalui website Blibli harganya mulai dari Rp790.000. Dengan harga segini Anda bisa mendapatkan ponsel murah dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410.

Jika memiliki budget lebih, Anda bisa memilih ponsel dengan chipset di atas snapdragon 410 misal Snapdragon 710 atau Snapdragon 660.

2. Pilih Kapasitas RAM Minimal 2 GB

Selanjutnya Anda perlu memperhatikan RAM yang dimiliki ponsel target Anda. Biasanya ponsel murah dengan harga di bawah 1 jutaan memiliki RAM yang sudah disesuaikan dengan chipset yang disediakan. RAM-nya biasanya di kisaran RAM 2 GB atau RAM 3 GB, akan tetapi jika Anda memiliki budget yang pas-pasan Anda bisa memilih yang minimal punya RAM 2GB.

Namun jika Anda memiliki budget lebih, disarankan membeli ponsel dengan RAM berkapasitas 3GB atau 4GB. Intinya, semakin tinggi RAM yang dimiliki maka biasanya harga ponselnya akan semakin mahal.

3. Layar yang Lega

Sekarang yang perlu Anda perhatikan adalah masalah layar untuk kebutuhan visual yang mumpuni untuk aktivitas sehari-hari seperti berkirim pesan hingga menonton video atau bermain game. Ada baiknya pilih lah ponsel dengan minimal layar berukuran 5 inci ke atas; seperti Oppo A37 yang disebutkan di atas.

Tidak hanya ukuran layar saja yang perlu diperhatikan, namun Anda juga perlu memperhatikan resolusi yang dimiliki. Biasanya ponsel dengan harga dibawah 1 jutaan memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 piksel atau sama dengan 294 ppi pixel density dan ini adalah resolusi layar yang ideal di saat ini.

4. Perhatikan Kualitas Kamera yang Dimiliki

Sekarang hampir semua perusahaan yang mengeluarkan ponsel sudah melengkapi ponselnya dengan kualitas kamera yang cukup mumpuni, termasuk ponsel yang harganya di bawah 1 jutaan. Kameranya sudah cukup mumpuni dipakai untuk pemotretan dan juga dilengkapi dengan beragam fitur lengkap.

Saat ini pun ponsel dengan harga dibawah 1 jutaan sudah banyak dilengkapi dengan fasilitas kamera yang bagus dan hasil jepretan keren.

Contohnya saja OPPO A37 yang menawarkan harga di kisaran 1 juta kebawah dengan spesifikasi kamera utama 8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash. Spesifikasi kamera ini sudah cukup untuk mengambil foto dan video dengan baik.

5. Desain dan Material yang Digunakan

Memang jika bicara soal desain adalah masalah selera masing-masing. Akan tetapi ponsel pintar yang memiliki desain terkini biasanya pada bagian layarnya tidak menggunakan bezel atau bezel less dan juga dilengkapi dengan notch maupun poni.

Dengan Anda memilih ponsel yang memiliki desain kekinian, maka tampilan ponsel pun akan terlihat lebih modern meski harganya murah.

Anda juga perlu memperhatikan jenis material yang digunakan untuk bodinya secara keseluruhan, apakah menggunakan bahan yang cukup kuat atau tidak agar ponsel Anda lebih awet.

Itu tadi beberapa tips yang mungkin bisa Anda jadikan bahan referensi jika sedang mencari ponsel pintar di bawah 1 juta. Tentunya tips di atas tidak mutlak karena preferensi setiap orang berbeda. Akan tetapi, dengan adanya artikel ini diharapkan dapat membantu Anda untuk memilih ponsel pintar dengan harga dibawah 1 jutaan dengan spesifikasi mumpuni.



TERBARU

×