kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

7 Cara Jitu Tarik Pelanggan Baru Tanpa Kehilangan yang Lama


Rabu, 24 Agustus 2022 / 17:56 WIB
7 Cara Jitu Tarik Pelanggan Baru Tanpa Kehilangan yang Lama
ILUSTRASI. Kontan - Tony Seremonia Online. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Bisnis tidak akan bisa berkembang tanpa hadirnya pelanggan. Oleh karena itu, mereka selalu berupaya agar ada pelanggan yang mau membeli produk atau jasa yang dijual. Tapi bagaimana cara bisnis mendapatkan pelanggan baru?

Ada beragam cara untuk menarik pelanggan baru. Misalnya dengan melakukan promosi di berbagai saluran komunikasi, fokus memberikan kebutuhan pelanggan dan masih banyak lagi.

Namun, mendapatkan pelanggan baru bukan berarti melupakan pelanggan lama atau yang sudah ada. Anda juga perlu berupaya mempertahankan mereka agar tidak berpaling ke kompetitor.

Simak penjelasan bagaimana cara menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama berikut:

Tawarkan diskon dan promosi

Siapa yang tidak tergiur dengan diskon atau promosi yang menguntungkan. Tak terkecuali pelanggan yang baru mengenal Anda.

Promosi seperti diskon 30% untuk penggunaan pertama, biasanya efektif untuk menarik calon pelanggan yang telah mempertimbangkan untuk membeli produk Anda tetapi masih ragu.

Perkuat konten edukasi

Buatlah konten edukasi pada kampanye pemasaran Anda yang menginformasikan kelebihan atan manfaat produk Anda. Hal ini akan membangun brand awareness.

Meski tidak berefek langsung, semakin kuat brand awareness yang terbentuk maka produk Anda makin dikenal banyak orang. Dengan begitu akan memangun kepercayaan mereka terhadap produk Anda.

Buatlah strategi pemasaran yang inovatif

Ketatnya persaingan bisnis, membuat Anda harus putar otak memikirkan strategi pemasaran yang disukai pelanggan. Pasalnya pelanggan merasa jenuh melihat kampanye marketing yang monoton.

Cobalah terus berinovasi memikirkan strategi kampanye yang out of the box. Ikuti tren yang sedang hangat dibicarakan target pasar Anda. Jangan ragu untuk berkolaborasi dengan influencer marketing jika diperlukan.

Perluas jangkauan pasar

Di era digital saat ini, banyak platform yang bisa bisnis gunakan untuk menjangkau pelanggan seperti Facebook, Instagram, Website, dan lainnya. Anda juga dapat mengirim pesan massal seperti melalui aplikasi WA Blast.

Semakin banyak informasi menarik yang Anda tampilkan, akan mendorong mereka untuk berinteraksi lebih dengan dengan bisnis Anda. Mereka yang berinteraksi akan menjadi leads yang bisa Anda tindaklanjuti menjadi pelanggan baru.

Maksimakan promosi di sosial media

Selain pemasaran offline, mungkin Anda juga memanfaatkan platform diigital seperi sosial media untuk memasarkan produk. Manfaatkan fitur-fitur yang mereka miliki untuk menjaring leads potensial.

Misalnya target pasar generasi Z akan lebih menyukai fitur-fitur Instagram seperti story atau highlights untuk melihat produk-produk menarik dari sebuah brand. Anda juga bisa gunakan fitur Marketplace pada Facebook untuk menawarkan Produk Anda.

Mintalah feedback ketika prospek tidak membeli

Anda tidak perlu kecewa saat target pelanggan Anda batal membeli produk Anda. Sebaliknya Anda harus bertanya alasan mereka melakukan hal tersebut. Gunakan jawaban mereka untuk memperbaiki kualitas produk dan layanan Anda agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tawarkan program referral

Terakhir, Anda bisa mendorong pelanggan lama Anda untuk mengikuti program referral marketing. Tentu saja dengan komisi mengiurkan saat mereka berhasil membawa pelanggan baru.

Selain itu, Anda juga bisa mengoda target pelanggan Anda untuk membawa teman mereka untuk menggunakan produk Anda juga. Misalnya melaui progam promosi yang menawarkan “beli satu hidangan utama, dapatkan satu steak gratis”.

Demikianlah cara mendapatkan pelanggan baru, tanpa takut kehilangan pelanggan lama. Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan terutama dalam mengoptimalkan jangkauan pasar dan penggunaan sosial media.

Hal tersebut akan lebih mudah apabila Anda menggunakan Aplikasi CRM dari Mekari Qontak. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengelola hubungan pelanggan di berbagai platform.

Selain itu, Aplikasi CRM ini juga mudah dihubungkan dengan aplikasi lainnya seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dan lainnya dalam satu tampilan dashboard. Termasuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Jadi Anda akan lebih mudah mengelolanya dari satu platform.

Keunggulan lainnya dari aplikasi Mekari Qontak adalah terintegrasi dengan WhatsApp API. Keunggulan WhatsApp API yakni memiliki fitur tambahan seperti mengirim blast pesan WhatsApp ke banyak kontak tanpa takut terblokir, pesan otomatis melalui chatbot, dan tanda centang hijau resmi.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan aplikasi CRM terbaik dan WhatsApp API di Mekari Qontak sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

×