kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45993,39   0,70   0.07%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Keuntungan Tanda Tangan Elektronik untuk Bisnis di 2023


Senin, 24 Juli 2023 / 11:09 WIB
7 Keuntungan Tanda Tangan Elektronik untuk Bisnis di 2023

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - e-Signature atau tanda tangan elektronik merupakan cara pengesahan dokumen secara digital yang mulai banyak digunakan oleh bisnis. Tak heran, karena tangan elektronik memiliki banyak fitur yang menguntungkan. Misalnya, e-Signature Mekari Sign dengan fitur template yang memudahkan pelaku bisnis untuk tanda tangan dokumen menggunakan format sama berulang kali.

Lalu, apakah itu saja keuntungan tanda tangan elektronik untuk bisnis? Tentu tidak. Ada 7 keuntungan lain yang bisa Anda rasakan. Apa saja? Simak sampai selesai, ya!

7 Keuntungan Tanda Tangan Elektronik untuk Bisnis

Berikut beberapa keuntungan tanda tangan elektronik bagi bisnis Anda:

1. Menekan Biaya Operasional Bisnis

Kelebihan tanda tangan elektronik yang pertama adalah mampu menekan biaya. Sebab, Anda tak perlu mencetak dokumen, melakukan scan, maupun mengirim dokumen via ekspedisi. Anda hanya memerlukan koneksi internet dan perangkat yang mendukung. Hal ini tentu akan membantu cashflow bisnis Anda, kan?

2. Menghemat Waktu

Dengan tanda tangan elektronik, proses pengesahan dokumen bisa selesai dalam hitungan menit. Anda tak harus menunggu dokumen dikirim melalui ekspedisi yang memakan waktu berhari-hari. Hal ini tentu saja sangat menghemat waktu, apalagi jika Anda segera membutuhkannya untuk kepentingan bisnis.

3. Mudah Digunakan

Tak perlu khawatir, tanda tangan elektronik sangat mudah digunakan! Bahkan, Anda bisa menggunakannya hanya dalam beberapa langkah saja. Semudah upload dokumen, masukkan para pihak, gambar tanda tangan, dan selesai. Dengan begitu, semua orang atau pegawai di bisnis Anda bisa menggunakannya tanpa pelatihan khusus.

4. Diakui Hukum Indonesia

Ya, tanda tangan elektronik sah dan diakui di Indonesia. Apalagi, bila Anda menggunakan tanda tangan elektronik tersertifikasi, maka kekuatan hukumnya sangat tinggi dan bahkan bisa menjadi alat bukti di pengadilan, lho.

5. Keamanan Canggih

Seperti yang Anda ketahui, kasus pemalsuan dokumen fisik dan pemalsuan tanda tangan basah cukup marak terjadi. Untungnya, tanda tangan elektronik memiliki keamanan canggih yang mampu memverikasi identitas para pihak. Sehingga, keamanan dan keasliannya terjaga.

6. Produktivitas Bisnis Meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan, tanda tangan elektronik bisa menekan biaya dan menghemat waktu Anda. Nah, hal ini akan berkontribusi positif pada produktivitas Anda. Sebab, Anda tak perlu menunggu lama terkait persetujuan atau keputusan penting lainnya dan bisa langsung mengerjakannya.

7. Ramah Lingkungan

Terakhir, tanda tangan elektronik merupakan teknologi ramah lingkungan karena semua prosesnya dilakukan secara digital. Artinya, Anda tak membutuhkan kertas dan tinta sama sekali dari awal sampai akhir prosesnya. Hemat, mudah, dan ramah lingkungan!

Selanjutnya: Hingga Juni 2023, Kemenkeu Telah Transfer ke Daerah Rp 364 Triliun

Menarik Dibaca: Simak 7 Daftar Buah yang Dihindari saat Diet Ketat Mengandung Kalori Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

×