kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.04%

7 Pilihan Investasi Untuk Pemula dan Karyawan


Rabu, 24 November 2021 / 10:51 WIB
7 Pilihan Investasi Untuk Pemula dan Karyawan
ILUSTRASI. Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Kita semua tentu akrab dengan ajaran menabung sejak duduk di bangku sekolah. Sayangnya, sistem pendidikan di tanah air tidak memperkenalkan literasi finansial lebih lanjut kepada generasi. Akibatnya, banyak orang yang tidak mengenal berbagai pilihan investasi untuk pemula. Hal ini juga turut menyebabkan investasi bodong masih marak berkembang di Indonesia hingga merugikan banyak korban.

Investasi yang menguntungkan dan legal sebenarnya tidak sulit dijalankan. Beberapa pilihan investasi berikut ini sangat cocok bagi pemula dan karyawan karena modal awalnya bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial pribadi:

1. Emas

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Sumber: bareksa.com

Jenis investasi yang menguntungkan ini memang tak pernah ketinggalan zaman. Emas merupakan jenis investasi untuk pemula yang mudah didapatkan, tidak membutuhkan modal besar, dan nilainya terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Kalau kamu belum memiliki banyak uang untuk membeli emas ukuran besar, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli emas berukuran kecil sesuai kemampuanmu. Selain membeli logam mulia, kamu juga bisa memilih emas berbentuk perhiasan agar dapat digunakan sebagai aksesori. Emas tergolong jenis investasi safe haven yang risikonya sangat rendah dan tidak terpengaruh gejolak geopolitik.

2. Deposito

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Sumber: payok.id

Jika kamu termasuk pemula yang enggan mengambil risiko besar dalam berinvestasi, maka sebaiknya kamu memilih deposito. Sama seperti emas, deposito juga tergolong investasi safe haven. Meskipun keuntungan dari bunga deposito relatif kecil dibandingkan jenis investasi lainnya, instrumen investasi untuk karyawan dan pemula ini terbilang aman dan lebih menguntungkan daripada menyimpan uang di tabungan. Kamu bisa memulai investasi deposito bila memiliki modal awal minimal 10 juta rupiah. Bila memiliki modal investasi cukup besar, kamu bisa membaginya menjadi beberapa deposito supaya tidak perlu mencairkannya sekaligus jika sedang menghadapi kebutuhan mendesak.

3. Obligasi

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Sumber: pasardana.id

Alternatif investasi untuk pemula yang tak kalah aman berikutnya adalah obligasi. Obligasi merupakan surat utang yang biasanya diterbitkan pemerintah atau perusahaan swasta. Salah satu surat utang yang paling populer karena aman adalah Saving Bond Ritel (SBR) yang dirilis pemerintah. Pihak yang mengeluarkan obligasi akan membayar bunga beserta pokok utang kepada pemilik obligasi sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati.

4. Reksadana

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Sumber: hot.liputan6.com

Kamu yang masih tergolong awam di bidang saham bisa memilih berinvestasi di bidang reksadana. Pilihan investasi untuk karyawan dan pemula ini memiliki risiko yang lebih kecil karena pengelolaan modal akan dibantu manajer investasi. Kendati demikian, kamu juga harus siap dikenakan potongan biaya untuk membayar jasa manajer investasi tersebut. Kini, reksadana bisa dimulai dengan modal ratusan ribu rupiah sehingga tidak membebani isi kantongmu. Pilihlah perusahaan yang memiliki reputasi manajer investasi terbaik selama puluhan tahun agar risiko kerugian dapat diminimalkan.

5. Peer To Peer (P2P) Lending

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Sumber: caixiglobal.com

Pernah dengar tentang P2P lending?

P2P lending adalah konsep investasi yang memungkinkan pihak investor meminjamkan dana kepada pihak kedua yang membutuhkan melalui perusahaan perantara P2P lending. Nantinya, pihak peminjam akan mengembalikan dana beserta bunga yang besarnya sudah disepakati sejak awal perjanjian. Perusahaan P2P lending memegang peranan penting untuk menyaring calon penerima pinjaman sekaligus menjadi perantara proses pinjam meminjam. Kalau tertarik dengan pilihan investasi ini, pastikan kamu memilih perusahaan P2P lending yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses investasi berlangsung aman dan lancar.

6. Saham

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Sumber: artikel.rumah123..com

Dahulu, saham dianggap sebagai investasi yang rumit dan hanya cocok bagi kalangan orang kaya saja. Namun, anggapan tersebut berubah seiring berjalannya waktu karena generasi mudah sudah melek literasi finansial. Saat ini, banyak perusahaan sekuritas terpercaya yang dapat memfasilitasi investasi saham secara aman. Kamu bahkan bisa memulainya dengan modal awal pada kisaran ratusan ribu rupiah saja.

Meskipun sudah semakin familiar bagi masyarakat modern, investasi saham patut dikelola dengan cara yang tepat karena risikonya terbilang tinggi. Kamu harus menyiapkan modal berupa uang dingin untuk berinvestasi saham. Uang dingin adalah dana mengendap yang dimiliki dalam jangka panjang. Dengan kata lain, dana tersebut tidak akan digunakan untuk kebutuhan hidup dalam jangka waktu setidaknya hingga lima tahun ke depan. Kamu harus mampu memenuhi kebutuhan rutin pribadi dan rumah tangga, tabungan, dana darurat, dan sejumlah dana lainnya (misalnya biaya kesehatan dan dana pendidikan anak) sebelum mulai menyisihkan uang dingin.

7. Properti

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Sumber: 31sudirmansuites.com

Satu jenis investasi lagi yang menguntungkan bagi pemula dan kalangan karyawan adalah properti. Kamu bisa memilih investasi ini jika memiliki modal minimal ratusan juta rupiah atau mendapatkan hak warisan berupa sebidang tanah, rumah, serta jenis properti lainnya. Investasi properti berupa rumah bisa disewakan atau dijadikan tempat kost bila lokasinya strategis. Selain mendapatkan keuntungan dari nilai properti yang meningkat seiring berjalannya waktu, rumah kontrakan atau tempat kost juga bisa memberikan passive income yang nilainya cukup untuk mendukung kebutuhan rutin atau dapat disisihkan sebagai tabungan.

 

Di antara tujuh jenis investasi untuk pemula tersebut, manakah yang paling cocok dengan ketersediaan modal dan kemampuanmu dalam mengelola risiko?

Pastikan bahwa kamu memprioritaskan pilihan investasi terbaik supaya peluang mendapatkan keuntungan semakin besar.

Selanjutnya: Promo Skincare Laneige Edisi Gajian, Diskon s/d 60% + Free Gift hingga Akhir November



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

×