kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

7 Tips Pilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis


Selasa, 28 Juni 2022 / 13:01 WIB
7 Tips Pilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis
ILUSTRASI. Kontan - Lalamove Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Perubahan gaya hidup yang ada di masyarakat tak lepas dari pengaruh kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Begitu juga dengan jasa pengiriman yang ikut terbawa dalam perubahan karakter masyarakat modern seperti sekarang ini.

Salah satu yang paling menonjol adalah munculnya pola berbelanja online, sehingga kebutuhan akan jasa pengiriman bisnis menjadi semakin tinggi. Bahkan perusahaan pengiriman pun semakin memperbaiki pelayanannya melalui kemajuan teknologi.

Sekarang ini perusahaan pengiriman barang tidak lagi mengandalkan pemasaran offline dimana tempat secara fisik harus jelas. Kini para pemilik usaha wajib memiliki aplikasi tersendiri yang berfungsi untuk mempermudah jasa pengantaran barang.

Kebutuhan tersebut semakin meningkat ketika pandemic beberapa waktu lalu yang memaksa aktivitas pergerakan manusia dibatasi. Keadaan tersebut tentunya menjadikan perusahaan jasa pengiriman barang untuk bisnis semakin dibutuhkan.

Bahkan saat itu, untuk memenuhi kebutuhan berbelanja pun masyarakat telah menggunakan toko online. Sehingga frekuensi pengiriman barang selama pandemi mengalami peningkatan hingga 50 persen.

Meski demikian, perusahaan untuk pengiriman muatan besar memang tidak sebanyak seperti pengiriman dari belanja online. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan untuk memilih jasa ekspedisi mana yang baik untuk melancarkan bisnis.

Untuk memilih perusahaan jasa ekspedisi untuk bisnis memang tidak terlalu mudah. Karena ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan agar kamu tidak mengecewakan klien bisnis karena adanya kendala pengiriman barang.

Salah satu faktor penting dalam bisnis adalah memastikan barang yang kamu kirim sampai ditujuan tepat waktu. Karena itulah memilih perusahaan ekspedisi tidak bisa sembarang. Karena kamu harus memilih perusahaan yang dapat memberikan kepuasan kepada kamu dan pelanggan.

Nah agar kamu tidak menyesal dalam menggunakan jasa pengiriman barang dalam bisnis, maka ada beberapa tips yang dapat kamu perhatikan ketika kamu ingin menggunakan jasa pengiriman barang, diantaranya:

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang

1. Pastikan mampu mengirim dengan tepat waktu

Hal yang paling utama dalam memilih jasa pengiriman barang adalah ketepatan waktu. Sebagai bahan pertimbangan maka kamu dapat melihat seperti apa catatan jasa pengiriman, apakah bisa mengantarkan barang sesuai waktu yang dijanjikan.

Kamu juga bisa bertanya kepada pembeli atau teman lain yang menggunakan jasa pengiriman tertentu. Selain itu, menemukan informasi tentang keluhan pelanggan di Internet dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan.

Ada beberapa alasan mengapa orang saat ini lebih suka berbelanja online, salah satunya adalah karena kecepatan. Oleh karena itu, berhati-hatilah untuk tidak menunda waktu pengepakan setelah menerima pesanan.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui batas waktu pengemasan dan pengiriman agar pesanan dapat diproses oleh pihak ekspedisi di hari yang sama. Misalnya, jika kamu mengatur waktu akhir menjadi pukul 15.00 WIB, itu berarti pesanan yang diterima setelah waktu tersebut akan dikemas dan dikirim pada hari berikutnya.

Informasi ini penting untuk membantu pembeli memperkirakan kapan mereka akan menerima barang.

2.Biaya pengiriman

Faktor harga harus dipertimbangkan karena dapat mempengaruhi keputusan pelanggan sebelum membeli produk kamu. Tidak jarang calon pelanggan mengurungkan niat membeli produk kamu karena faktor ongkos kirim yang terlalu mahal.

Untuk itu, disarankan agar kamu melakukan riset terkait dengan perusahaan pengiriman barang yang mana yang memberikan harga termurah. Meski demikian harga yang murah juga diikuti dengan kualitas pelayanan.

3. Terpercaya Terkait Keamanan barang

Tidak cukup cepat. Pastikan jasa pengiriman yang kamu pilih juga mampu mengantarkan barang dengan aman. Karena tidak ada pelanggan yang mau menerima barang rusak, apapun alasannya. Untuk itu, disarankan agar memilih operator yang memiliki pengalaman yang baik dan menawarkan asuransi penggantian jika terjadi kerusakan.

Tentunya kamu harus mengemas pesanannya terlebih dahulu sebelum dikirimkan menggunakan perusahaan jasa pengiriman. Selain memastikan barang yang sesuai dengan pesanan, pengemasa pengemasan juga akan mempengaruhi kepuasan konsumen saat produk diterima nantinya.

Pastikan untuk mengemas barang sesuai dengan karakteristik produk yang dipesan. Misalnya, mengemas barang untuk pakaian dan tembikar sangat berbeda, bukan? Kamu dapat menggunakan kotak atau tas bermerek pada pakaian .

Namun, jika memilih metode pengemasan keramik tentu akan berbeda dalam pengemasannya. Agar barang tersebut tidak pecah atau rusak selama dalam pengiriman. Karena diperlukan jasa pengiriman barang yang memperhatikan terkait dengan pengemasan barang yang aman.

4. Pengiriman dapat dilacak secara real-time

Satu hal yang lucu tentang pelanggan adalah mereka tidak sabar untuk menerima barang yang mereka pesan. Mereka ingin tahu bagaimana proses pengiriman bekerja, di mana mereka tiba dan kapan mereka berharap untuk tiba.

 

Untuk itu, penting bagi kamu sebagai pemilik bisnis untuk memilih jasa pengiriman yang memberikan informasi terkini tentang proses pengiriman barang sehingga pelanggan juga dapat melacak pesanannya.

5. Menyediakan paket pengiriman yang lengkap

Biasanya jasa pengiriman menawarkan beberapa paket pengiriman dengan durasi dan harga yang berbeda. Opsi-opsi ini memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menyesuaikan anggaran dan kebutuhan mereka.

Meskipun pelanggan biasanya memilih yang tercepat, ketersediaan opsi memberikan pengalaman berbelanja yang jauh lebih baik.

6. Resi pengiriman

Setelah barang masuk ke layanan pengiriman dan diproses untuk pengiriman, layanan pengiriman harus mengeluarkan nomor seri yang disebut nomor resi. Nah, agar bisnis kamu terlihat professional maka kamu bisa mengirimkan nomor resi yang didapat oleh perusahaan pengiriman kepada pelanggan.

Karena nomor resi dibutuhkan oleh pembeli untuk melacak status dan posisi pesanan. Jadi hati pembeli juga lebih tenang, karena bahkan bisa mengecek status kiriman barang, kan? Jadi pastikan driver tidak terlambat, atau lupa memberikan bukti nomor pengiriman kepada pembeli.

7. Hubungan perdagangan dan angkutan barang

Kelancaran bisnis tentu berhubungan dengan kemampuan pengiriman barang yang cepat, terpercaya dan aman. Sehingga jasa pengiriman memiliki hubungan simbiosis timbal balik terhadap pelaku bisnis, apalagi jika kamu memiliki toko online

Ketika kamu melakukan pemasaran secara online atau digital maka akan mempercepat jangkauan banyak pelanggan, sehingga layanan dalam pengiriman barang bisnis dalam muatan besar juga menjadi faktor yang utama.

Lantas apa sih manfaat yang dirasakan oleh pelanggan terkait hubungan jasa pengiriman denga pelaku bisnis? Diantaranya adalah barang yang cepat sampai tujuan pelanggan. Kualitas barang yang dikirim harus terjaga dengan baik. Pastikan tidak ada kerusakan pada saat pengiriman, bahkan ketika terjadi kerusakan maka ada asuransi penggantian yang diberikan.

Saat kamu mendapatkan hal tersebut dengan baik, maka pelanggan tidak akan ragu untuk memesan atau berbelanja kembali produk yang kamu jual dengan nyaman. Karena mereka percaya dengan pelayanan yang berkualitas.

Itulah 7 tips dalam memilih perusahaan jasa pengiriman untuk kelancaran bisnis, sehingga pelanggan akan merasa aman dan nyaman tanpa harus khawatir barang yang dikirimkan akan mengalami kerusakan selama dalam perjalanan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

×