kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45993,50   0,82   0.08%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alasan Mengapa Software ERP Penting dan Harus Anda Gunakan untuk Bisnis


Rabu, 30 Agustus 2023 / 15:59 WIB
Alasan Mengapa Software ERP Penting dan Harus Anda Gunakan untuk Bisnis
ILUSTRASI. Kontan - Hashmicro Seremonia Digital. Sumber : Unplash

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Mereka yang belum pernah menggunakan perangkat lunak ERP mungkin perlu memahami mengapa ERP adalah bagian dari alat pengelolaan bisnis yang praktis.

Karena arus globalisasi begitu berpengaruh banyak terhadap industri, menemukan alat yang memberi keunggulan kompetitif terhadap aktivitas usaha Anda sangatlah penting. Sebagian besar perusahaan beralih ke ERP untuk mencapai tujuan usahanya.

Enterprise Resource Planning atau ERP adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengumpulkan informasi dari berbagai departemen dalam database umum. Sehingga memungkinkan para pemimpin memantau denyut nadi perusahaan lewat satu program terpusat.

Software ERP ini menyatukan fungsi dalam aktivitas usaha seperti keuangan, manufaktur, inventaris dan manajemen pesanan, penjualan, komunikasi pelanggan, pemasaran, manajemen proyek hingga sumber daya manusia.

Salah satu fitur utama adalah analitik dan pelaporan terperinci di setiap departemen.

Mengapa Penting?

Fitur dan manfaat dari software membuatnya menjadi menonjol di antara deretan perangkat lunak lainnya. Di sisi lain, akan membantu pengelolaan bisnis selain memanfaatkan situs perkiraan pasar seperti PMI Manufaktur Indonesia. Berikut adalah beberapa alasan mengapa aktivitas usaha perlu menggunakan program ini.

Lebih Terorganisir

Ketika sistem yang tidak terkelola secara baik, berbagai proses bisnis dalam suatu organisasi umumnya akan memanfaatkan aplikasi yang berbeda untuk pengelolaan operasi. Ini dapat menyebabkan kekacauan transfer data, proses yang memakan waktu, dan celah terhadap keamanan. 

Sistem ini menyatukan semua proses di dalamnya dengan antarmuka terpadu. Ini akan memudahkan pengguna dalam mengakses data dengan dasbor terpusat dan fitur seperti kontrol akses dan peningkatan keamanan data.

Efisien

Jika Anda masih menggunakan spreadsheet Excel dan dokumen kata yang tak terhitung jumlahnya untuk membuat laporan, Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggali data. Entri data manual tidak hanya memakan waktu lebih lama, tetapi juga meningkatkan risiko kesalahan.

Program ini memungkinkan Anda mengotomatiskan banyak proses, sehingga efisiensi dapat tercipta di seluruh proses produksi. Ini berarti lebih sedikit duplikasi, penjadwalan sumber daya yang lebih baik dan pengurangan waktu henti.

Pelaporan Keuangan Lebih Baik

Melacak keuangan adalah faktor penting dalam menentukan kesuksesan pada fase pertumbuhan bisnis. Namun, seiring pertumbuhan perusahaan, kompleksitas transaksi akan bertambah. Hanya saja, akan semakin sulit pula jika tanpa sistem terpusat yang efisien.

Entri data manual secara signifikan mengurangi produktivitas Anda, tetapi dengan program terintegrasi akan dapat melacak transaksi masuk dan keluar. Hal ini meningkatkan visibilitas data operasional penting melalui platform terpusat tersebut.

Fleksibilitas

Melalui perangkat lunak ini, data dari berbagai departemen organisasi disederhanakan menjadi platform terpadu. Program ini dapat memproses banyak fungsi dengan memanfaatkan database terpusat untuk memberikan informasi yang akurat kepada pengguna mana pun, dimana pun di dunia, di perangkat apa pun.

Akses jarak jauh ke database juga akan menghemat waktu dan tenaga, serta memastikan pengiriman pekerjaan berkualitas dalam tenggat waktu.

Berikan Layanan Sempurna

Dengan alat manajemen hubungan pelanggan, Anda mendapatkan wawasan pelanggan yang lebih dalam. Yakni berupa data yang akurat, yang memungkinkan layanan dukungan yang ditargetkan dan dipersonalisasi.

Bersamaan dengan ini, Anda dapat memberikan waktu respons yang lebih baik, pemenuhan lebih cepat, dan akurasi pesanan lebih baik. Sehingga memberi Anda kemampuan untuk memberikan layanan pelanggan terbaik kepada konsumen.

Selanjutnya: Sri Mulyani Belum Dapat Kabar Soal Wacana Subsidi Pertamax

Menarik Dibaca: Deretan 8 Makanan untuk Kesehatan Liver, Mulai Anggur hingga Teh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

×