kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45794,29   4,39   0.56%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Atasi Penyebaran Virus Corona di Kantor dengan HRIS


Senin, 13 Juli 2020 / 12:03 WIB
Atasi Penyebaran Virus Corona di Kantor dengan HRIS
ILUSTRASI. Kontan - HRIS Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Setelah lebih dari sebulan kita menyesuaikan diri dengan era baru, masih banyak kekhawatiran dan ketakutan yang kita rasakan. Ancaman tak kasat mata dari virus Corona memang cukup membuat kita waspada dan lebih berhati-hati, terutama saat berada di luar rumah. Pemerintah tetap menganjurkan kita untuk melindungi diri dengan selalu memakai masker, dan tetap melakukan pembatasan sosial baik di kantor, atau di ruang publik lainnya.

Tak jarang kita mendengar pemberitaan yang masih membuat kita waspada dengan era baru, terutama perihal angka penyebaran yang belum juga menurun. Salah satu area yang rawan dihinggapi virus adalah perkantoran, dimana banyak orang berkumpul dari berbagai macam wilayah dan berdiam di ruang yang sama. Walaupun pelonggaran pembatasan sosial sudah diberlakukan dan kita diperbolehkan untuk kembali bekerja di kantor, tentunya sebagai HRD atau pemilik usaha harus tetap bersiap dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona. 

Salah satu cara untuk mengatasi penyebaran virus adalah dengan menjalankan protokol kenormalan baru, yang mengharuskan kita untuk tetap melakukan pembatasan fisik dan sosial, bahkan pemerintah juga mengeluarkan anjuran untuk mengatur jadwal kerja di kantor dengan mengadakan sistem shifting. HRD perusahaan bisa membuat aturan baru atau lebih memperketat pengawasan pada karyawan, namun untuk lebih memastikan keamanan, perusahaan bisa mengadaptasi teknologi HR agar lebih efisien.

GreatDay HR merupakan salah satu penyedia teknologi HR atau HRIS di Indonesia. Lebih dari 20 tahun sudah GreatDay HR membantu HRD dan pemilik perusahaan di Indonesia dalam menghadapi tantangan mengelola karyawan di berbagai situasi. Untuk mencegah penularan virus Corona di kantor, berikut keuntungan yang bisa kita dapatkan dari penggunaan HRIS di era new normal:

 

Lupakan Mesin Absen Sidik Jari

Salah satu kebiasaan yang harus dihindari saat memasuki era baru adalah menyentuh fasilitas publik seperti, tombol lift, gagang pintu, dan apapun yang memiliki resiko disentuh oleh orang lain. Lalu bagaimana dengan proses absensi? Terutama jika masih banyak perusahaan yang masih menggunakan mesin absensi manual atau fingerprint.Dengan menggunakan HRIS, proses absensi sekarang bisa dilakukan tanpa sentuh sama sekali. GreatDay HR contohnya, dengan teknologi face recognition, dan Geo Tagging, semua karyawan bisa merekam kehadiran hanya dengan melakukan swafoto. Selanjutnya, aplikasi GreatDay HR akan mengukur akurasi dan memastikan lokasi foto diambil di tempat yang disetujui atau yang sudah diatur sebelumnya oleh HRD perusahaan.

 

Kelola Karyawan dari Ponsel Pribadi

Untuk mempermudah manajemen dan HRD dalam mengawasi karyawan, GreatDay HR juga memiliki fitur rekam aktivitas. Tujuan dari fitur ini adalah untuk tetap terhubung dengan karyawan yang bekerja di luar jangkauan pengawas. Walaupun karyawan sekarang sudah boleh bekerja kembali di kantor, pembatasan sosial akan menghambat upaya untuk mengelola karyawan secara dekat, disinilah GreatDay HR bisa memenuhi kebutuhan HRD. Fitur rekam aktivitas akan mengharuskan karyawan untuk mengambil gambar yang terkait dengan pekerjaan mereka. Para HRD atau manajemen perusahaan bisa dengan mudah mengatur interval waktu pengambilan gambar untuk melihat produktivitas karyawan. Fitur rekam aktivitas juga sangat berguna apabila perusahaan masih menerapkan sistem kerjaremote, dan WFH. HRD dan manajemen perusahaan akan tetap bisa melihat apa yang dikerjakan oleh karyawan meskipun dari jarak jauh.

 

Atur Jadwal Kerja

Mengatur jadwal kerja bukanlah perkara mudah. HRD dan manajemen harus merancang jadwal kerja secara hati-hati, terutama bila terkait dengan peran di kantor, atau bahkan yang bisa mempengaruhi kinerja karyawan, belum lagi HRD harus merubah rancangan data kehadiran menjadi di jam-jam khusus yang sudah ditetapkan. Dengan GreatDay HR, perusahaan dapat dengan mudah mengubah dan merancang jadwal kerja untuk setiap karyawan, langsung dari aplikasi. GreatDay HR merupakan salah satu HRIS pertama yang berbasis aplikasi, sehingga mulai dari karyawan hingga manajemen, semuanya bisa mengakses dan menggunakan GreatDay HR langsung dari ponsel masing-masing. Perubahan jadwal kerja pun akan otomatis terintegrasi dengan rancangan sistem kehadiran dan sistem penggajian.


Tag

TERBARU

×