kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,59   1,90   0.19%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AXI Dukung Kolaborasi antara Seni dengan Teknologi 3D Printing


Rabu, 06 Desember 2023 / 19:52 WIB
AXI Dukung Kolaborasi antara Seni dengan Teknologi 3D Printing
ILUSTRASI. Kontan - Astragraphia Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Jakarta, 9 November 2023 PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI), entitas anak perusahaan PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia), memiliki tujuan untuk mengembangkan peluang pasar 3D printing melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pelaku 3D printing service, dealer, desainer/ kontributor 3D, komunitas UMKM, hingga institusi pendidikan dan pemerintahan.

Melalui portofolio bisnis 3D printing, AXI memfasilitasi berbagai segmen pasar dan sektor, salah satunya sektor industri kreatif seperti fashion, kriya kerajinan dan perhiasan. Industri fashion, tidak pernah melewatkan kesempatan dalam hal teknologi desain dan telah mengeksplorasi 3D printing. Para perancang busana ingin menjadi yang terdepan dalam berinovasi dan teknologi 3D printing memberikan hawa baru bagi para desainer.

Kontan - Astragraphia Seremonia Online

Penerapan teknologi 3D printing pada industri fashion ini dilakukan AXI berkolaborasi dengan salah satu desainer fashion di bidang aksesoris, Ikie Morpachio yang menghasilkan karya aksesoris seperti wearable art (headpiece) dan kostum dengan tema “Phantasia Project”.

Leonardo Kurniawan – Head of 3D Printing Business Consumer and Commercial Segment mengatakan, “Sebagai bagian dari usaha kami untuk memberikan kontribusi dalam membangun ekosistem 3D printing yang melibatkan berbagai stakeholder, kami mendukung penuh teknologi 3D printing pada bidang seni dan fashion. Teknik 3D printing sangat membantu dalam proses pembuatan karya “Phantasia Project” ini melalui teknik scaling, repetisi, dan distorsi yang memudahkan dalam membuat bentuk produk yang diinginkan.

Bersama dengan Ikie Morphacio, kami berharap dapat menjadi awal dalam penerapan teknologi 3D printing di industri kreatif khususnya fashion.” Ikie Morphacio – Desainer Fashion mengatakan, sebagai salah satu pelaku industri seni dan fashion berkomitmen untuk terus menjelajahi batas – batas baru, menggabungkan seni dan teknologi untuk menciptakan karya – karya yang inovatif.

“Pada proyek kali ini, saya mencoba menggabungkan teknologi 3D printing dalam bentuk aksesoris, wearable art (headpiece) dan kostum yang dikemas dalam tema "Phantasia Project”. Phantasia berasal dari Bahasa Yunani yang berarti “to make visible”.

Project ini menampilkan elemental karakter “Memento Mori” yang mengangkat sebuah dialog perenungan dalam memaknai kehidupan dan “Antler Frost” yang merepresentasikan individu yang kuat dan memiliki pesona keanggunan. Dengan kolaborasi bersama AXI menggunakan teknologi 3D printing, proses pembuatan project ini bisa sesuai dengan apa yang saya bayangkan.”

Kontan - Astragraphia Seremonia Online

Sebagai anak usaha dari Astragraphia, AXI mendukung keberlanjutan bisnis Astragraphia untuk menjadi perusahaan yang lebih tangguh dan berkelanjutan, salah satunya dengan berperan aktif dalam melakukan eksplorasi dan menangkap peluang-peluang inisiatif bisnis baru AXI, 3D printing.

AXI juga memiliki showroom 3D printing yang berlokasi di kantor pusat Astragraphia di Kramat, Jakarta Pusat dan dapat publik kunjungi secara fisik. AXI juga memiliki portal web 3D printing (http://www.3dprintingsolution.id) dan media sosial instagram @3dprintingsolution.id sebagai wadah interaksi antar pemangku kepentingan yang di dalamnya memuat informasi mengenai produk dan hasil cetak, penjualan dan layanan purnajual, hingga daftar dealer. Saat ini, masyarakat dapat memiliki produk-produk Creality melalui dealer yang terhubung dengan AXI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

×