kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.514.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.511   28,00   0,18%
  • IDX 7.760   25,02   0,32%
  • KOMPAS100 1.205   3,50   0,29%
  • LQ45 961   2,42   0,25%
  • ISSI 234   1,13   0,48%
  • IDX30 494   1,12   0,23%
  • IDXHIDIV20 593   1,74   0,29%
  • IDX80 137   0,38   0,27%
  • IDXV30 142   -0,50   -0,35%
  • IDXQ30 164   0,08   0,05%

Bangun Ruang Tamu dengan 8 Ide Ini!


Minggu, 20 Oktober 2024 / 19:37 WIB
Bangun Ruang Tamu dengan 8 Ide Ini!
ILUSTRASI. Kontan - Digibank Seremonia Online. Photo: unsplash.com

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Ruang tamu adalah area yang sering menjadi pusat perhatian karena berfungsi sebagai tempat menyambut tamu, baik kerabat maupun teman. Maka, tak ada salahnya mendesain ruang tamu semenarik mungkin untuk mempercantik rumah. Jika memerlukan dana tambahan, kamu bisa memanfaatkan pinjaman.

Lantas, desain apa saja yang bisa digunakan agar hunian menjadi lebih cantik? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui ide-idenya.

Ragam Ide untuk Membangun Ruang Tamu dengan Pinjaman

Ada banyak ide yang bisa kamu gunakan untuk membangun ruang tamu agar hunian dapat terlihat lebih cantik. Berikut di antaranya.

Minimalis Monokrom

Kalau kamu mempunyai hunian yang minimalis berwarna putih, maka ruang tamu bisa didesain serupa. Supaya tampak lebih elegan dan menenangkan, warna monokrom dapat diterapkan di ruang tamu.

Dengan desain ini, kamu bisa mempunyai dinding ruang tamu berwarna putih. Begitu pula dengan sofanya. Lalu, sofa tersebut dapat diberi bantal dengan warna dalam spektrum monokrom, seperti putih, hitam, dan abu-abu. Karpetnya juga bisa menggunakan warna serupa.

Sebagai penyeimbang rumah yang sudah didominasi warna putih, kamu bisa menggunakan meja, lampu, maupun kursi tambahan berwarna hitam. Usahakan model dari perabot tersebut juga terlihat minimalis agar sesuai dengan desainnya dan tak terkesan berlebihan.

Nuansa Biru Pastel

Ide lain yang bisa kamu gunakan untuk membangun ruang tamu dengan memanfaatkan pinjaman adalah nuansa biru pastel. Dalam desain ini, biru pastel bisa digunakan sebagai warna dari perabot di ruang tamu. Selain mempercantik hunian, warna ini dapat membawa ketenangan kepada siapapun yang berada di sana.

Berbagai perabot yang bisa dipilih untuk desain ini adalah sofa berwarna biru pastel dan meja kecil dengan nuansa warna senada. Kamu juga bisa menggunakan karpet yang memiliki motif warna biru pastel.

Untuk menyeimbangkan area tersebut, kamu dapat mengecat dinding ruang tamu dengan warna putih. Lalu, kelambu yang digunakan juga bisa berwarna putih. Hal ini dilakukan agar para tamu maupun anggota keluarga tak jenuh dengan warna biru pastel yang ada di ruangan.

Perpaduan Warna Abu-Abu

Warna menenangkan lainnya yang dapat digunakan untuk ruang tamu adalah abu-abu. Warna ini bisa dipadukan dengan putih agar nuansa ketenangan dapat semakin terasa dan para tamu serta anggota keluarga tak bosan dengan abu-abu.

Cara membangun ruang tamu ini adalah dengan mengecat satu dinding menggunakan warna abu-abu yang kalem. Lalu, tiga dinding lainnya dicat dengan warna putih. Pada dinding ini, beragam hiasan di spektrum warna abu-abu dan putih dapat digunakan untuk mempercantik ruangan.

Setelah itu, sofa berwarna abu-abu dapat digunakan. Sofa ini bisa diberi bantal yang mempunyai sarung di spektrum warna putih dan abu-abu. Karpet berwarna putih gading atau abu-abu muda juga bisa diberikan agar ruang tamu menjadi lebih nyaman.

Japanese Scandinavian

Desain Japanese Scandinavian bisa kamu gunakan untuk membangun ruang tamu dengan pinjaman KTA langsung cair. Sesuai namanya, desain ini memadukan nuansa Jepang dan Skandinavia. Meskipun dari dua daerah yang berbeda, ternyata nuansa tersebut bisa membuat rumah lebih estetik, lho!

Dalam desain ini, gaya-gaya simple namun elegan akan digunakan. Misalnya adalah penggunaan material kayu pada meja, lemari kecil, dan hiasan pada dinding untuk mewakili desain Jepang. Lalu, gaya Skandinavia dapat terlihat di sofa berwarna biru dan pernak-pernik lain dengan warna serupa.

Desain ini dapat memberi kehangatan bagi siapapun yang sedang berada di sana. Selain itu, desain ini cocok bila kamu menyukai sesuatu yang modern namun tak ingin terlihat berlebihan.

Kontan - Digibank Seremonia Online. Photo: unsplash.com

Kombinasi Putih dan Krem

Bila ingin ruang tamu dengan nuansa yang santai, maka desain perpaduan warna putih dan krem bisa dipertimbangkan. Desain ini cocok kalau rumahmu didominasi warna putih dengan desain santai kekinian.

Dalam desain ini, kamu bisa menggunakan sofa dengan material rotan untuk memunculkan warna krem. Meja juga bisa menggunakan material yang sama. Lalu, gunakan warna putih sebagai sarung dudukan dan bantal pada sofa.

Supaya terlihat semakin estetik, tambahkan beragam hiasan. Misalnya adalah hiasan berbahan rotan di dinding. Gunakan juga tanaman hias dengan pot rotan agar ruang tamu terlihat lebih segar.

Perpaduan Kontemporer dan Modern

Sesuai namanya, desain ini melibatkan unsur-unsur modern yang cocok bagi rumah kekinian. Unsur-unsur tersebut dipadukan dengan gaya kontemporer yang membuat orang-orang betah untuk mengobrol di sana hingga waktu yang lama.

Unsur modern dalam ruang tamu ini dapat terlihat pada beberapa aspek, lantai beton modern dengan dinding warna putih. Unsur kontemporer sendiri bisa dilihat di bermacam-macam aspek lainnya. Misalnya adalah jendela besar dan ornamen kayu.

Untuk mendukung desain ini, gunakan sofa berwarna abu-abu kalem dengan bantal warna senada. Di sisi lain, tambahkan dua kursi dengan material kayu dengan warna krem. Usahakan warna tersebut masih sesuai dengan sofa abu-abu yang dipilih.

Kasual

Desain lain yang bisa digunakan untuk membangun ruang tamu dengan pinjaman adalah kasual. Desain ini bisa membuatmu dan para tamu menjadi lebih rileks dengan nuansa tropis. Jadi, kamu bisa mengobrol dalam waktu yang lama dengan santai layaknya di kafe atau pinggir pantai.

Untuk menerapkan desain ini, kamu dapat menggunakan kursi yang berbahan dasar rotan dengan dudukan bermotif floral. Motif tersebut juga bisa kamu pakai untuk sarung bantalmu.

Selain itu, kamu bisa menggunakan meja kecil bermaterial kayu untuk meletakkan suguhan seperti kopi atau teh. Untuk menguatkan nuansa tropis, beberapa tanaman bisa ditambahkan di ruang tamu.

Desain ini cocok bagi kamu yang suka membawa teman untuk nongkrong di rumah. Di sisi lain, desain ini juga bisa membuat keluarga lebih betah saat berada di ruang tamu karena suasananya yang menyegarkan.

Futuristik

Ingin ruang tamu terlihat nyentrik namun tetap menarik? Kalau iya, cobalah desain futuristik ini. Desain tersebut bisa muncul karena adanya seni modern yang diterapkan di ruang tamu.

Dalam desain ini, kamu bisa menggunakan kursi warna cokelat gelap yang mempunyai nilai seni tinggi. Lalu, gunakan meja dengan bentuk persegi panjang simple namun juga terlihat estetik.

Pasang juga hiasan berupa lukisan yang berkaitan dengan dunia futuristik atau lampu-lampu jalanan dalam keadaan blur. Sebagai penyeimbang, gunakan sofa berwarna putih yang nyaman. Warna dari sarung bantal sofa tersebut bisa disesuaikan dengan lukisan dan tempat duduk yang telah dipilih sebelumnya.

Ada banyak ide untuk mendesain ruang tamu agar terlihat lebih menarik. Ide-ide tersebut bisa dipilih dan dimodifikasi sesuai selera maupun desain serta bentuk rumahmu.

Ingin segera mewujudkan ruang tamu impian? Gunakan digibank KTA! Dengan plafon hingga 200 juta dan tenor sampai 36 bulan, kamu bisa mendapatkan dana tanpa perlu dokumen fisik, dengan approval hanya 60 detik.

Jadi, tunggu apalagi? Klik di sini dan ajukan digibank KTA sekarang juga!

Selanjutnya: Era Jokowi, BBCA Jadi Emiten Pertama yang Market Cap Tembus Rp 1.000 Triliun

Menarik Dibaca: Alasan Olahraga Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda, Cek di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet

×