kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bank Danamon, Adira Finance, dan Adira Insurance Laksanakan Diskusi Bersama Media


Rabu, 15 Mei 2019 / 08:00 WIB
Bank Danamon, Adira Finance, dan Adira Insurance Laksanakan Diskusi Bersama Media

Reporter: Sponsored | Editor: indah sulistyorini

Jakarta, 10 Mei 2019 - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon), PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) menggelar acara talkshow bertema “Dinamika Layanan Finansial Syariah di Indonesia”. Hal ini dilakukan bersamaan dengan acara buka puasa bersama media, dihadiri oleh Direktur Syariah Bank Danamon, Herry Hykmanto, Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila, serta Chief Sales and Distribution Officer Adira Insurance, Auralusia Rimadiana. Hadir pula Dewan Pengawas Syariah dari Bank Danamon, Adira Finance dan Adira Insurance dalam kesempatan tersebut.

“Sebagai salah satu grup keuangan terkemuka di Indonesia, Bank Danamon, Adira Finance, dan Adira Insurance berkomitmen untuk menyediakan solusi bagi kebutuhan keuangan konsumen yang sesuai dengan prinsip syariah, sekaligus dalam mendorong kemajuan perekonomian syariah di tanah air. Wujudnya adalah dengan terus menghadirkan produk dan layanan syariah yang inovatif dan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain itu yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dari keuangan berbasis syariah,” ujar Direktur Syariah Bank Danamon, Herry Hykmanto.

Lebih lanjut Herry menambahkan, “Acara ini juga kami adakan sebagai apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada rekan-rekan media yang selama ini telah mendukung kami dalam memberitakan produk dan layanan Bank Danamon, Adira Finance dan Adira Insurance kepada masyarakat Indonesia.”   

Dalam acara talkshow yang dilakukan, Herry Hykmanto, I Dewa Made Susila dan Auralusia Rimadiana selaku narasumber menjelaskan perkembangan produk dan layanan keuangan berbasis syariah di Indonesia. Ketiga narasumber lebih lanjut menyampaikan hal-hal apa yang sedang dan akan dilakukan pelaku industri dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan finansialnya, baik di segmen perbankan, pembiayaan maupun asuransi. Melalui diskusi tersebut, media dan publik diharapkan memahami bahwa produk dan layanan keuangan syariah dapat menjadi solusi yang tepat dalam memenuhi kebutuhan yang dihadapi.

“Danamon terus berinovasi dalam menghadirkan produk keuangan berbasis syariah yang dapat membantu perencanaan keuangan masyarakat. Salah satunya adalah produk Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah iB Akad Musyarakah Mutanaqisah atau MMQ, yaitu pembiayaan dengan skema kerja sama modal untuk pembelian properti. Pendapatan atas kerja sama tersebut dibagi hasilkan kepada nasabah dan digunakan untuk membeli porsi modal bank secara bertahap sesuai jangka waktu. Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah iB Akad MMQ ini dapat digunakan baik untuk pembelian Rumah/Apartemen baru, second, indent atau refinancing. Diakhir masa pembiayaan, porsi modal nasabah menjadi 100% sehingga properti menjadi milik nasabah sepenuhnya,” ujar Herry.

 

Adira Finance Hadirkan Produk Syariah Umrah dan Program Lebaran

Adira Finance juga berkomitmen untuk selalu memberikan produk pembiayaan syariah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya adalah menghadirkan produk paket perjalanan Umrah yaitu produk pembiayaan berdasarkan Prinsip Murabahah (Jual Beli). Produk ini dihadirkan melalui Adira Finance Syariah untuk menjawab kebutuhan akan perjalanan ibadah ke tanah suci.

Tahun ini Adira Finance Syariah memberikan penawaran terbaru pada produk tersebut berupa pembiayaan paket perjalanan Umrah untuk karyawan perusahaan. Adira Finance Syariah menawarkan kerjasama dengan perusahaan yang akan memberikan fasilitas bagi karyawannya untuk melakukan perjalanan ibadah Umrah. “Dengan penawaran baru ini, kami harap dapat semakin memberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah Umrah, terutama bagi karyawan dari perusahaan yang bekerja sama,” ujar I Dewa Made Susila selaku Direktur Keuangan Adira Finance.

Produk Syariah Umrah untuk karyawan perusahaan ini mulai ditawarkan di bulan Mei 2019 dengan syarat mendapatkan produk yang mudah. Setelah Adira Finance Syariah memiliki kerjasama dengan perusahaan terkait, maka karyawan tetap (permanen) dari perusahaan tersebut yang telah bekerja minimal 2 tahun dan mendapatkan rekomendasi dari bagian personalia, berhak mengajukan pembiayaan perjalanan ibadah Umrah. Karyawan tersebut kemudian akan mendapatkan keuntungan berupa: Berangkat dulu cicil kemudian, uang muka (DP) yang terjangkau (10% dari harga paket Umrah), Rate khusus untuk karyawan perusahaan, tanpa jaminan, serta pembayaran melalui potong gaji.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, Adira Finance juga menawarkan program bertajuk SOBAT Lebaran, yakni kegiatan pameran dan customer gathering yang dilakukan oleh seluruh cabang Adira Finance di Indonesia dengan menawarkan multi produk Adira Finance (otomotif, elektronik, furniture, multiguna dan perjalanan Umrah). Program ini akan berlangsung hingga bulan Juni 2019 dengan penawaran berbagai promo menarik seperti proses Instant Approval, Best Pricing (DP lebih ringan, suku bunga lebih murah, cashback dan potongan angsuran) serta hadiah langsung.

“Kami berharap dengan adanya produk dan program ini, dapat memberikan pengalaman yang menguntungkan bagi seluruh konsumen. Adira Finance selalu berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya,” tutup I Dewa Made Susila.

 

Perjalanan Umrah dan Haji Dilindungi oleh Asuransi Berbasis Syariah dari Adira Insurance

Adira Insurance berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan nasabah, dengan menghadirkan produk-produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu produk yang menjadi andalan di tahun ini ialah ‘Travellin Syariah’, yang merupakan asuransi perjalanan berbasis syariah untuk melindungi pelanggan selama perjalanan Umrah dan Haji. 

“Pelaksanaan ibadah haji maupun umrah selalu menjadi peluang bisnis bagi industri asuransi, terutama Adira Insurance Syariah. Pasalnya Pemerintah mewajibkan setiap Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) untuk memiliki asuransi perjalanan yang dikelola dengan prinsip syariah. Melihat peluang ini, kami optimis melalui Travellin Syariah, Adira Insurance Syariah akan semakin besar lagi,” ujar Chief Sales and Distribution Officer Adira Insurance, Auralusia Rimadiana atau yang akrab dipanggil Ima.

Travellin Syariah memberikan jaminan perlindungan kepada pelanggan yang ingin menunaikan ibadah umrah dan haji, antara lain meliputi biaya perawatan medis, evakuasi medis darurat, repatriasi kematian, keterlambatan bagasi, kehilangan/kerusakan bagasi, kehilangan barang pribadi dan dokumen perjalanan. Perlindungan juga meliputi travel inconvenience seperti pembatalan perjalanan, perubahan perjalanan, penundaan perjalanan sampai keterlambatan pemberangkatan.

“Keunggulan utama dari Travellin Syariah adalah kami memberikan pembayaran klaim secara cashless. Sehingga pelanggan saat melakukan ibadahnya tidak perlu merasa khawatir. Karena kami ingin memberikan pelayanan dan jaminan terbaik untuk melindungi para tamu Allah,” tambah Ima.

Melayani lebih dari 160.000 jemaah Haji dan Umrah di tahun 2018, produk ini dikelola dengan akad Tabarru untuk berbagi risiko dan akad Wakalah bil Ujrah yang mengedepankan prinsip-prinsip syariah. Travellin Syariah bekerjasama dengan 213 Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umrah-Haji (PPIUH) serta 4 asosiasi Haji dan Umrah terbesar di Indonesia.

“Travellin Syariah, tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan Umrah dan Haji. Namun dapat digunakan bagi pelanggan yang ingin tetap mendapatkan perlindungan saat perjalanan dari berbagai risiko dengan mengedepankan prinsip saling tolong menolong sesama pelanggan dan terbebas dari unsur riba, maisir dan gharar,” tutup Ima.

 

Penyerahan Donasi di Bulan Ramadan

Dalam momen bulan Ramadan dan sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Grup Danamon menyampaikan bantuan sosial dengan dana dari Qordhul Hasan. Danamon Syariah menyerahkan bantuan sebesar Rp 70 juta kepada Dompet Dhuafa dan LAZ Al Azhar Peduli Ummat (APU).

Pada acara ini, Adira Finance juga secara simbolis memberikan dana kebajikan, berupa bantuan pengembangan UMKM di tiga kota yaitu, Tasikmalaya, Serang dan Jember sebesar Rp 250 juta. Bantuan tersebut disalurkan melalui Filantra yang merupakan lembaga kemanusiaan yang mengelola dana sosial masyarakat dan dana kemanusiaan melalui program pemberdayaan yang berkesinambungan.

Pada kesempatan yang sama, Adira Insurance Syariah juga turut memberikan donasi dari dana zakat perusahaan melalui Dompet Dhuafa dengan program Pemberdayaan Korban Lalu Lintas. Program ini merupakan sinergi dengan program Corporate Social Responsibilty milik Adira Insurance yaitu I Wanna Get Home Safely! yang bertujuan untuk membantu korban lalu lintas agar dapat beraktivitas kembali, serta memberikan pelatihan agar mereka memiliki ketrampilan untuk mandiri.



TERBARU

×