kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,51   -6,42   -0.63%
  • EMAS872.000 -12,10%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Bebas Cemas, Lakukan Ini untuk Dapatkan Asuransi dengan Perlindungan Terlengkap


Jumat, 31 Desember 2021 / 19:58 WIB
Bebas Cemas, Lakukan Ini untuk Dapatkan Asuransi dengan Perlindungan Terlengkap
ILUSTRASI.

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Memiliki tubuh yang sehat tentu adalah dambaan setiap orang dan termasuk sebagai salah satu hal yang tak ternilai harganya. Akan tetapi, masih banyak orang lupa untuk menjaga kesehatan dan melakukan gaya hidup yang kurang sehat atau tak mempersiapkan antisipasi untuk menghadapi risiko penyakit yang bisa saja mengancam sewaktu-waktu.

Salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi. Jika hingga sekarang Anda masih belum mempunyai asuransi, tidak ada kata terlambat untuk mulai mempertimbangkannya. Baik yang masih hidup melajang ataupun sudah berkeluarga, asuransi menjadi produk keuangan yang wajib disiapkan untuk menyiasati berbagai masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

Khususnya memiliki premi asuransi kesehatan terbaik yang mampu mengalihkan beban finansial akibat biaya perawatan yang begitu masif ke pihak penyedia asuransi. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara menentukan produk asuransi yang baik dan sesuai kebutuhan bagi pemula? Tak usah bingung, lakukan hal ini untuk bisa mendapatkan asuransi dengan perlindungan terlengkap.

1. Cek Kredibilitas Penyedia Layanan Asuransi

Hal pertama yang tak boleh sampai terlewat saat akan memilih asuransi adalah memastikan kredibilitas dan legalitas perusahaan atau penyedia asuransi. Cek apakah layanan asuransi yang akan Anda gunakan telah terdaftar dan memiliki izin usaha dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan mengantongi status terdaftar dan mengantongi izin usaha, artinya perusahaan asuransi berada di bawah pengawasan lembaga tersebut.

Di sisi lain, Anda juga perlu mencari informasi serta testimoni dari nasabah asuransi via media online. Jika mayoritas ulasan atau feedback yang diberikan oleh nasabahnya bersifat positif, artinya kredibilitas perusahaan asuransi yang bersangkutan terjamin. Hal ini juga berguna sebagai bahan pertimbangan saat bingung menentukan layanan asuransi mana yang lebih baik untuk dipilih.

2. Cari Manfaat Perlindungan yang Optimal

Apabila ingin mendapatkan produk asuransi dengan manfaat optimal, Anda bisa mencoba untuk memilih layanan yang berikan perlindungan menyeluruh seperti layaknya memiliki BPJS Kesehatan. Khususnya bagi yang sudah berkeluarga, memilih produk asuransi yang manfaat perlindungannya berlaku pada setiap anggota keluarga adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Walaupun besaran premi dari produk asuransi jenis ini relatif lebih mahal, tapi langkah ini jauh lebih menguntungkan secara finansial. Sebab, Anda tak perlu repot menyiapkan asuransi berbeda kepada setiap anggota keluarga yang jika dihitung-hitung beban preminya jauh lebih besar.

Terkait manfaat perlindungannya, pastikan asuransi mampu memberikan manfaat kecelakaan, meninggal, penyakit kritis, rawat inap, hingga investasi. Kelima manfaat perlindungan tersebut amat penting didapatkan untuk menjamin kesehatan, keuangan, dan kehidupan Anda. Dengan begitu, nasabah bisa memastikan bahwa manfaat perlindungan yang diberikan oleh asuransi optimal dan sesuai dengan segala kebutuhan.

3. Pertimbangkan Kemudahan Proses Klaim Asuransi

Tak kalah pentingnya, saat memilih asuransi, pastikan penyedia layanan memiliki prosedur dan syarat pengajuan klaim yang simpel serta mudah dipahami. Alangkah baiknya saat sedang dalam tahap konsultasi dengan pihak agen asuransi, tanyakan dengan detail terkait cara mengajukan klaim perlindungan. Apakah mudah dan praktis, ataukah memerlukan beberapa prosedur dan pengumpulan berkas yang rumit.

Khusus saat memilih asuransi kesehatan, cek seberapa luas rumah sakit rekanan perusahaan asuransi dan pastikan lokasinya tidak jauh dari rumah atau tempat kerja. Dengan melakukan hal ini, calon nasabah asuransi mampu mendapatkan manfaat perlindungan sesuai dengan harapannya. 

4. Perhatikan Nominal Biaya Premi serta Polis

Langkah terakhir yang wajib dilakukan agar bisa mendapatkan asuransi dengan perlindungan terlengkap dan paling optimal adalah menyesuaikan besaran biaya premi dengan manfaat pada polisnya. Cari tahu dulu berapa besar budget yang tersedia untuk membayar premi asuransi agar tak menjadi beban berlebihan bagi keuangan.

Dengan penghasilan dan tanggungan yang berbeda, anggaran untuk asuransi pada setiap orang tentu berbeda. Namun, idealnya, kisaran budget untuk kebutuhan asuransi adalah 5 sampai 10 persen penghasilan tiap bulan. Artinya, dengan penghasilan 5 juta, Anda bisa menyisihkan sekitar 250 ribu sampai 500 ribu sebagai anggaran asuransi.

Setelah memastikan nominal premi tak memberatkan finansial, cermati apakah nilai perlindungan atau plafon ganti rugi yang dijamin oleh asuransi sebanding dan sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Caranya dengan memahami kontrak atau polis asuransi dan membaca ketentuan perlindungan yang diberikan oleh penyedia layanan tersebut.

Jika ada hal pada polis yang tak sesuai dengan harapan, atau berisiko merugikan, tidak ada salahnya untuk membatalkan pengajuan asuransi daripada muncul penyesalan di kemudian hari. Pasalnya, saat sudah menjadi nasabah produk asuransi, segala hal terkait layanan tersebut, termasuk, pengajuan klaim dan manfaat perlindungan yang diberikan, disesuaikan dengan poin ketentuan pada polisnya. Hanya setujui pengajuan asuransi apabila semua hal terkait perlindungan dan manfaatnya dirasa sudah pas dan sesuai kebutuhan.

Jangan Ragu Miliki Asuransi Demi Hidup yang Lebih Tenang dan Bebas Beban Pikiran

Asuransi adalah produk keuangan yang wajib dimiliki oleh setiap orang guna melindungi dirinya dari risiko atau masalah yang mungkin terjadi di masa depan. Yang terpenting, jangan asal pilih dan lakukan 4 langkah di atas agar bisa mendapatkan layanan asuransi dengan perlindungan terbaik dan terlengkap sesuai kebutuhan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×