kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Beli Buah Tidak Lagi Kecewa! 9 Tips Cerdas Memilih Buah-buahan Segar


Selasa, 23 November 2021 / 11:53 WIB
Beli Buah Tidak Lagi Kecewa! 9 Tips Cerdas Memilih Buah-buahan Segar
ILUSTRASI. Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Terkadang, memilih buah buahan yang segar terbilang gampang-gampang sulit, terlebih bagi Anda yang belum cukup mengetahui tips memilih buah. Namun, sebenarnya tidak perlu khawatir lagi karena saat ini ada TaniHub yang memberikan kemudahan dalam berbelanja buah segar online terbaik dengan kualitas terjamin.

Tapi, tentu saja Anda akan merasa kecewa saat membeli buah dan ternyata tidak sesaui harapan. Nah, kali ini kami akan memberikan tips dalam memilih berbagai buah saat berbelanja.

Pepaya

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Pepaya Hawai/TaniHub

Ketika hendak memilih pepaya, maka sebaiknya menghindari yang keras sebab belum matang. Selain itu, Anda juga harus selektif dalam memilih pepaya yang bewarna dominan orange karena terlalu matang.

Maka, pilih buah pepaya yang memiliki gradasi warna hijau dan orange, serta pilih pepaya dengan bentuk lurus memanjang untuk mendapatkan kematangan sempurna.

Mangga

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Mangga Indramayu/TaniHub

Sebaiknya, saat memilih mangga jangan berpatokan pada warna kulit. Namun, pilih dengan cara memijatnya tapi jangan terlalu keras .

Pilih mangga yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Selain itu, hindari mangga yang bertekstur berkerut karena menandakan mangga dipetik sebelum matang.

Jeruk

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Jeruk Medan/TaniHub

Memilih jeruk yang baik adalah dengan memperhatikan ujungnya yang cekung, sebab menandakan sudah manis. Jeruk yang memiliki kandungaa air sedikit dan rasa manis, biasanya memiliki kulit yang tebal.

Dan bila ingin kandungan air yang banyak maka cari jeruk dengan kulit yang tidak terlalu tebal.

Apel

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Apel Royal Gala/TaniHub

Apel yang segar bisa diketahui dnegan mengetuk buah tersebut menggunakan jari. Apabila bunyinya nyaring maka apel masih renyah dan mengandung banyak air.

Namun, jika apel memiliki bunyi yang berat maka apel sudah kering dan tidak renyah lagi.

Durian

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Durian Montong Palu Beku/TaniHub

Anda bias melihat tangkainnya untuk mengetahui tingkat kematangan. Durian yang sudah matang biasanya akan mengeluarkan aroma yang harum dan pekat.

Durian dengan tangkai tidka rata, biasanya durian tersebut matang dan jatuh sendiri dari pohon. Selain itu, durian yang memiliki duri besar dan jarang menandakan daging lebih tebal dan bagus.

Semangka

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Semangka Merah Non Biji/TaniHub

Untuk memilih semangka yang baik, bisa dilakukan dengan melihat bercak kuning berbentuk lingkaran di bagian bawahnya. Semangka yang bagus akan memiliki lebar bercak yang lebar dan warna kuning yang semakin tua.

Cara lainnya yaitu, mengetuk semangka untuk mengetahui sudah matang atau belum. Jika bunyinya nyaring, maka semangka belum matang dan jika bergema maka semangka sudah matang.

Nanas

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Nanas/TaniHub

Anda bisa mencoba menyium aroma nanas untuk mengetahui kematangannya. Aroma manis yang dikeluarkan akan manandakan nanas sudah matang.

Sebaiknya, hindari juga memilih nanas dengan kulit berkerut, daun layu, kulit coklat kemerahan dan retak. Dan nanas matang akan memiliki daun yang mudah dipetik.

Belimbing

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Belimbing/TaniHub

Cara memilih belimbing adalah dengan memperhatikan kulitnya, yaitu kencang dan mengkilat. Hindari memilih belimbing yang memiliki lubang kecil dan memiliki tanda memar, karena sudah dipastikan terdapat ulat dan mudah busuk.

Melon

Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Melon Sky Rocket/TaniHub

Melon yang bagus biasanya berat jika diangkat, bila mendapati melon yang ringan sebaiknya hindari karena biasanya melon tersebut belum matang. Selain itu, Anda juga dapat melihat dari jaring kulit pada melon yang menandakan tingkat kematangan baik.

Melon yang mengeluarkan suara bergema saat diketuk, juga menandakan bahwa melon tersebut sudah matang dan manis.

 

Ingin membeli buah tapi takut salah memilih? Anda bisa langsung coba ke TaniHub, yang sudah pasti tidak perlu kerepotan lagi karena buah-buahan yang ditawarkan jelas berkualitas. Anda tidak perlu keluar rumah di situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, karena hanya perlu duduk manis sambil memesannya melalui smartphone yang bisa langsung di antar cepat.

TaniHub merupakan solusi tepat, terlebih produk yang ditawarkan langsung dari petani Indonesia.

 

Selanjutnya: Harga saham BRPT & KBAG naik pada sesi pertama bursa Selasa (23/11)


Tag

TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

×