kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,36   -7,11   -0.75%
  • EMAS923.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Cari Tahu Spesifikasi Samsung A12 Sebelum Membeli


Selasa, 02 Februari 2021 / 09:00 WIB
Cari Tahu Spesifikasi Samsung A12 Sebelum Membeli

Reporter: Adv Team | Editor: indah sulistyorini

Samsung selalu berinovasi dengan selalu memperbaharui smartphone di berbagai kelas. Mulai dari entry level hingga flagship, smartphone Samsung tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Di akhir tahun 2020, perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini merilis smartphone di kelas mainstream yang berharga Rp 2 hingga Rp 3 jutaan. Ya, inilah Samsung A12 yang hadir dengan tagline “Tampil Awesome, Performa Dahsyat”. Dilengkapi dengan berbagai fitur yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kelas menengah, ponsel pintar ini tidak hanya bisa sekedar digunakan untuk berkomunikasi saja. Melainkan bisa memenuhi kebutuhan penggemar gadget yang tak mau ketinggalan dengan perkembangan teknologi. Desainnya yang kekinian dengan berbagai fitur yang tak kalah modern, ini dia kelebihan Samsung A12 yang dikedepankan oleh Samsung.

Ini Dia Tiga Kelebihan Samsung A12

Ponsel pintar ini memiliki banyak fitur yang bisa diunggulkan. Tapi ada 3 hal yang dikedepankan dari tagline “Awesome”-nya. Ketiganya adalah Awesome Camera, Awesome Performance, dan Awesome Battery. Bagi kaum milenial yang kekinian dan harus selalu terdepan di sosial media, atau yang suka foto-foto tanpa ribet bawa kamera tambahan, kamera ponsel ini sangat bisa diandalkan. Model kamera belakangnya didesain dengan teknologi square typed quad camera, atau 4 kamera yang berbentuk kotak. Resolusi kamera utamanya adalah 48 MP, yang dilengkapi dengan kamera ultra wide 5 MP, kamera macro sebesar 2 MP dan kamera depth camera 2 MP. Sementara untuk kamera depannya beresolusi 8 MP yang masih disematkan fitur tambahan Smart beauty dan Selfie Focus. Kelima kamera ini sudah mumpuni untuk menghasilkan gambar yang berkualitas terutama di saat mendapat cahaya terang. Saat pencahayaan kurang di malam hari pun hasilnya relatif baik. Sementara Awesome Performance mengacu pada memorinya yang luas, yaitu mencapai 6 GB, sudah bisa mendukung multitasking dengan lancar. Kelebihan yang ketiga adalah Awesome Battery, yaitu kapasitas baterainya yang sangat besar yaitu 5.000 mAh. Dijamin awet seharian meski dipakai untuk aktivitas yang cukup intens, jadi Anda tidak perlu sering mengisi daya. Selain itu, untuk mendukung gaya hidup masa kini yang serba cepat, baterainya juga sudah didukung teknologi fast charging 15 Watt. Dari 0% ke 100%, hanya butuh waktu kurang lebih 2 jam saja. Anda pun tidak perlu lagi menunggu lama saat harus mengisi daya. Selain 3 kelebihan yang dikedepankan oleh Samsung di atas, ponsel ini masih punya keunggulan lainnya. Untuk tahu lebih lengkap, di bawah ini adalah beberapa spesifikasinya yang lebih detail khusus untuk Anda.

Paduan Bodi Kaca dan Plastik

Bodi bagian depan terbuat dari kaca, sementara bagian belakangnya terbuat dari plastik polikarbonat yang menimbulkan hasil akhir matte. Bagi yang tidak suka pakai tambahan casing, cover belakangnya tidak mudah kena bekas noda sidik jari. Jadi bisa tetap tampak mulus dan bersih. Ada motif garis-garis di cover belakang, yang merupakan hal baru untuk ponsel Samsung. Motif ini berfungsi agar ponsel bisa lebih mudah digenggam dan tidak mudah selip. Paduan motif polos dan garis-garis ini juga membuat bodi belakangnya terlihat elegan. Tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu biru, merah, hitam, dan putih. Ukuran bodinya adalah 164 x 75.8 x 8.9 mm atau 6.5 inci. Sementara bobotnya cukup, tidak terlalu ringan atau berat, yaitu 205 gram. Ukuran ponsel sudah cukup nyaman untuk kebutuhan hiburan seperti main game dan nonton film. Serta tidak terlalu besar untuk digenggam dan masih nyaman dioperasikan dengan menggunakan 1 tangan.

Prosesor Memadai di Kelasnya

Samsung A12 menggunakan prosesor Mediatek Helio P35 (12 Nm), Octa-Core 2.3 GHz. 1.8 GHz, 64bit. Helio P35 adalah seri yang populer dari MediaTek karena dikenal dapat memaksimalkan hemat daya. Prosesor ini sudah memadai untuk performa ponsel di kelas mainstream. Untuk mengerjakan aktivitas yang cukup berat seperti media sosial, messenger, email, dan beberapa aplikasi yang tidak terlalu berat masih bisa berjalan dengan lancar. Termasuk bermain game yang ukurannya cukup berat. Aktivitas sehari-hari dengan ponsel pun tidak akan tersendat-sendat lagi. Sementara itu, sistem operasi yang digunakan adalah Android 10, jadi sudah sangat memadai untuk kebutuhan milenial masa kini. Anda sudah bisa mendapatkan berbagai versi aplikasi terkini dengan sistem operasi ini.

Memori Luas dengan 2 Pilihan RAM

Jaman sekarang setiap orang semakin sibuk dan tak jarang harus mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Sering kali berbagai hal dilakukan dengan ponsel. Agar pekerjaan lancar dan ponsel tidak ngadat di tengah pekerjaan penting, butuh kapasitas RAM yang besar untuk mendukung kerja prosesor. Samsung yang mengerti akan kebutuhan ini pun menyematkan kapasitas RAM yang besar pada seri Galaxy A12. Anda bisa 2 pilih antara 2 opsi ukuran RAM, yaitu 4 GB atau 6 GB. Keduanya sudah cukup besar, tinggal disesuaikan dengan aktivitas masing-masing saja. Sementara itu, untuk memori internalnya juga sudah sangat besar. Baik pilihan RAM 4 GB maupun 6 GB, keduanya sama-sama dibekali dengan memori internal sebesar 128 GB. Jadi mau mengunduh atau merekam video dengan kapasitas besar pun, tidak akan jadi masalah. Tapi kalau masih kurang, Anda masih bisa memperluas dengan memori eksternal. Tersedia slot khusus untuk microSDXC hingga 1 TB jika Anda mau tambahkan memori lagi.

Layar HD+ yang Nyaman

Ponsel ini cocok bagi Anda yang gemar main game atau hobi streaming video. Ukuran layarnya pas 6.5 inci, pastinya sudah cukup lega untuk 2 kegiatan hiburan di atas. Resolusi layarnya adalah HD+ dengan PLS Infinity-V rasio 20:9. Layar PLS adalah IPS versi Samsung ini kualitasnya sudah baik jika digunakan untuk di dalam ruangan. Resolusinya HD+ namun tidak ada masalah dari reproduksi warna. Dengan resolusi HD+, Anda juga bisa lebih menghemat baterai. Ukuran rasio screen-to-body adalah 85.8%, jadi masih ada sisa bezel di samping layar, tapi tidak terlalu besar. Main game dan streaming video pastinya lebih seru kalau didukung dengan audio yang oke. Samsung A12 sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos yang mampu menghasilkan kualitas suara lebih baik dengan 1 speaker yang terletak di bagian bawah ponsel.

Sensor Sidik Jari di Lokasi yang Mudah Dijangkau

Untuk menambah sistem keamanan, Samsung Galaxy A12 tentunya juga sudah dilengkapi dengan teknologi fingerprint. Letaknya ada di samping kanan ponsel. Posisinya pas dan mudah dijangkau saat menggenggam ponsel. Selain itu, sensornya juga cepat untuk membuka layar. Dijamin akurat dan sama sekali tidak lelet, keamanan dan privasi Anda pun lebih terjaga. Sensor sidik jari dianggap salah satu yang paling aman saat ini, karena ponsel hanya bisa dibuka oleh pemiliknya saja.

Berbagai Fitur Samsung A12

Anda akan mendapatkan tampilan antarmuka One UI 2.5 Core yang sudah terbukti paling mudah dan nyaman digunakan. Tampilan ini sudah digunakan di versi ponsel Samsung sebelumnya. Selain mudah digunakan, tampilan antarmuka ini juga enak dilihat dan tidak membingungkan. Jadi bagi pengguna baru merek Samsung yang belum biasa dengan tampilan Samsung, bisa cepat belajar menggunakan ponsel ini. Tidak hanya sampai di situ, fitur yang diberikan juga berlimpah. Misalnya ada Secure Folder untuk mengamankan berbagai dokumen penting di ponsel Anda. Ada juga fitur penggunaan satu tangan yang memudahkan pengguna jika harus memakai ponsel sambil mengerjakan hal lainnya. Lalu ada fitur keamanan Samsung Knox. Sementara untuk lebih nyaman mendengarkan musik, nonton film, atau main game, dari segi audio dibekali dengan Dolby Atmos. Anda bisa mendengarkan audio yang lebih berkualitas lewat earphone atau headphone dengan fitur ini.

Tips Beli Samsung A12 Via Online

Kelebihan membeli ponsel pintar di level mainstream adalah ponsel ini mudah dijual lagi karena peminatnya banyak. Teknologi dan fitur yang sudah memadai di dalam ponsel dihadirkan dengan harga yang cukup terjangkau. Inilah yang menjadi kelebihan ponsel di kelas ini. Samsung Galaxy A12 sebagai salah satu yang terbaru adalah salah satu ponsel mainstream yang bisa jadi andalan penunjang keseharian Anda. Tertarik membeli ponsel ini? Kini Anda bisa mendapatkannya secara online. Meski masih banyak yang masih kuatir beli gadget secara online, tetapi sebenarnya cara ini lebih nyaman karena bisa menghemat waktu dan biaya. Hanya saja memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat beli gadget secara online. Ini dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat hendak membeli Samsung Galaxy A12:

1. Cari Tahu Harga dan Spesifikasi di Situs Resmi

Sebelum mulai cari toko online, sebaiknya Anda cari tahu dulu ifo lengkap Galaxy A12 di situs resmi Samsung. Pastikan Anda tahu betul berbagai spesifikasi lengkap beserta harga resminya.

2. Riset Toko Online

Cari Galaxy A12 di berbagai toko online langganan Anda yang terpercaya. Proses ini memang butuh waktu lama karena harus membandingkan satu toko dengan toko lainnya. Selain butuh waktu, juga harus sabar dan teliti. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan kualitas masing-masing toko. Bisa cek dari kolom deskripsi, apakah lengkap atau tidak. Dan yang penting juga adalah kolom review dan penilaian pembeli. Dari sana, Anda bisa mendapatkan info tentang pelayanan toko dan kualitas produk. Kepuasan pembeli lainnya bisa terlihat di kolom review dan bisa jadi bahan pertimbangan yang tepat sebelum membeli.

3. Pilih Toko yang Terpecaya

Setelah riset dari satu toko ke toko yang lain, Anda dapat menilai sendiri mana toko yang terbaik untuk Anda. Sebisa mungkin pilih belanja di toko resmi agar produk yang Anda dapatkan terjamin keasliannya dan Anda mendapatkan pelayanan yang terbaik.

4. Pilih Layanan Pengiriman Terpercaya

Setelah memilih toko, jangan lupa memilih layanan pengiriman yang terbaik. Jika toko berada di 1 kota dengan Anda maka lebih mudah lagi karena Anda bisa memilih pengiriman di hari yang sama. Jadi Samsung Galaxy A12 bisa sampai ke tangan Anda di hari itu juga.

Samsung A12 adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan ponsel pintar yang bisa multitasking tapi dijual dengan harga yang terjangkau. Yuk, segera cek toko online langganan Anda dan dapatkan Samsung Galaxy A12 sekarang juga.

 



TERBARU

×