kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45970,79   2,64   0.27%
  • EMAS928.000 0,32%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.05%

Go Collaborative, Sinergi PT Pertamina Lubricants Dan Kementerian Ketenagakerjaan RI


Kamis, 30 September 2021 / 16:10 WIB
Go Collaborative, Sinergi PT Pertamina Lubricants Dan Kementerian Ketenagakerjaan RI
ILUSTRASI. Kontan - Pertamina Lubricant Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Jakarta, 30 September 2021 PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), yang mengelola usaha pelumas telah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama Kemandirian Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Perjanjian ini merupakan upaya sinergi Pemerintah, komunitas, dunia usaha dan dunia industri (Dudi) dalam meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang unggul dengan mendekatkan akses pelatihan bagi masyarakat.

Dalam hal ini, PTPL akan menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS) bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan melalui BLK Komunitas, dan pesantren.

Kontan - Pertamina Lubricant Seremonia Online

Perjanjian ini ditandatangani oleh Direktur Utama PTPL Ageng Giriyono dan Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Budi Hartawan yang disaksikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah.

ESS merupakan program pengembangan dari program CSR unggulan PTPL Enduro Student Program yakni program pengembangan ilmu wirausaha (entrepreneurship) dan penerapan ilmu teknis otomotif di bidang perbengkelan roda dua.

Ageng mengatakan, “Enduro Sahabat Santri merupakan salah satu program CSR berbasis Creating Shared Value atau CSV yang mengedepankan kemitraan strategis guna menciptakan dampak berkelanjutan dan berkontribusi pada pembangunan.

Program ESS tidak hanya memberikan dampak terhadap keberlanjutan bisnis, tetapi juga mampu berkontribusi terhadap kemajuan dan kemandirian masyarakat. Enduro Sahabat Santri adalah inovasi program yang memberikan kesempatan kerja bagi para santri sehingga mereka mampu menjadi bagian dari bangkitkan roda perekonomian nasional."

Kontan - Pertamina Lubricant Seremonia Online

Selama periode tertentu, para santri dan instruktur BLK komunitas akan diasah kemampuannya menekuni ilmu teknis mekanik perbengkelan roda dua dengan mengikuti rangkaian pendidikan teknis service sepeda motor, pendidikan kemandirian berwirausaha, pendidikan ilmu pelumas dan pelumasan, dan pendidikan ilmu sales & marketing.

Tak hanya itu, program ini di dukung dengan  pemberian bantuan peralatan bengkel, bantuan pelumas Pertamina, serta pemberian branding bengkel Enduro Express Sahabat Santri di pesantren. 

Sebagai program percontohan (pilot project), ESS telah kali pertama dijalankan di  Pesantren Majelis Ilmu Rahmatan Lil'Alamin, Cibubur, Jakarta Timur pada 19 Agustus 2021 dan sudah membuka bengkelnya sendiri pada tanggal 21 September 2021.

Saat ini, BLK komunitas telah memiliki lebih dari 200 bengkel binaan di pesantren yang mekaniknya telah mengikuti pelatihan di berbagai BLK di 22 provinsi di Indonesia. Program ESS akan menjadi langkah belajar selanjutnya bagi para santri.

"Di tahun 2021 sampai 2022, kami akan menargetkan berdirinya 2 bengkel pesantren di wilayah Jawa Barat dan 10 bengkel di area kerja kami yakni di tujuh Sales Region dan tiga lokasi pabrik kami.

"Dengan kemitraan yang dibangun antara PTPL dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI diharapkan akan medorong kemandirian para santri dan mampu memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar pondok pesantren dan turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui bengkel yang didirikan di pondok pesantren dan lingkungan BLK Komunitas," tutup Ageng.

Program ini sejalan dengan dua komitmen Pertamina yakni Pertamina Go Collaborative - membangun kolaborasi dengan stakeholders internal dan eksternal, Go Sustainable - menjalankan bisnis dengan nilai-nilai Environment, Social and Governance (ESG) serta turut berkontribusi dalam pencapaian Sustainable dan Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 1 yakni Menghapus Kemiskinan, nomor 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dan nomor 17 yakni Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan.

Sebelumnya, PTPL juga telah berkolaborasi dan bermitra dengan Kementrian Ketenagakerjaan RI pada tahun 2019 yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PTPL dan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung sebagai tempat Pelatihan Terintegrasi Kewirausahaan Kejuruan Otomotif Mekanik Sepeda Motor untuk program CSR Enduro Student Program.



TERBARU

×