kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.325
  • EMAS681.000 0,89%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Hindari Penggunaan KTA untuk 3 Hal ini agar Tidak Memberatkan Hidup Anda

Kamis, 24 Januari 2019 / 17:51 WIB

Hindari Penggunaan KTA untuk 3 Hal ini agar Tidak Memberatkan Hidup Anda
ILUSTRASI.

Keinginan dan kebutuhan memang merupakan suatu hal yang berbeda. Dan Terkadang tidak selalu seimbang dengan pendapatan yang kita miliki. meskipun keinginan hanya sebuah kebutuhan yang belum tentu wajib untuk dipenuhi, namun tidak  jarang setiap orang pun selalu mengusahakan hal tersebut demi memuaskan segala keinginannya. Sehingga hal tersebut biasanya dijadikan sebagai alasan untuk melakukan pinjaman dana.

Pinjaman memang bisa kita dapatkan dari mana saja, bisa dari kantor, teman atau kerabat dan bahkan pinjaman ke bank, apabila memang jumlahnya cukup besar. Untuk jenis pinjaman di Bank sendiri biasanya masyarakat lebih memilih meminjam dana dengan produk KTA. KTA atau kredit tanpa agunan lebih banyak dipilih sebagai dana pinjaman dari bank yang dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhannya, selain prosesnya cukup cepat, KTA juga bisa dijadikan solusi mendapatkan dana tanpa harus menyimpan jaminan ke bank.

Dana pinjaman KTA memang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer maupun sekunder, meskipun pinjaman dana yang satu ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif, namun sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Karena walaupun sudah banyak tersedia produk KTA dengan bunga rendah seperti KTA dari Bank Permata atau Panin, sudah banyak juga nasabah yang terlilit hutang cukup besar, karena kesalahan dalam menggunakan dana pinjaman yang sudah dilakukannya.

Meminjam KTA memang jauh lebih mudah dibandingkan dengan produk lainnya, Karena Anda tidak perlu menyimpan jaminan ke bank sebagai syarat pinjaman dana. Ditambah lagi proses pencairan  yang tergolong cepat, sehingga produk ini memang merupakan produk pinjaman yang selalu di favoritkan masyarakat yang membutuhkan dana mendesak. Namun terkait dengan kebutuhan tersebut, ternyata ada juga 3 hal yang perlu Anda hindarkan untuk menutupi kebutuhan dengan menggunakan dana pinjaman KTA. Karena akan menyusahkan diri Anda sendiri kedepannya, untuk lebih jelasnya akan kami ulas dalam penjelasan berikut.

1. Digunakan sebagai DP (Uang muka)

Ingin membeli rumah atau kendaraan roda empat? Sebaiknya jangan lantas Anda mengajukan dana pinjaman KTA untuk membayar DP ya. Karena perlu Anda ketahui, nantinya akan ada hutang tambahan yang perlu Anda bayarkan lagi setiap bulannya. Untuk itu sebaiknya Anda hindari meminjam KTA yang dipergunakan sebagai uang DP kredit mobil atau rumah.

Kredit Tanpa Agunan merupakan salah satu jenis kredit yang tidak memiliki bunga kecil, apalagi jika Anda hendak membelinya dengan uang DP yang didapatkan dari dana pinjaman KTA, tentulah hal tersebut merupakan kesalahan besar yang patut dihindari. Membeli rumah atau mobil tentu memiliki jumlah uang muka atau DP yang tidak sedikit, begitupun dengan sisa cicilan hutang yang harus Anda bayarkan lagi nantinya, sehingga setiap bulannya malah Anda diharuskan membayar cicilan double, karena harus membayar kredit KTA dan juga sisa cicilan hutang, yang menjadikan pengeluaran pun akan menjadi dua kali lipat lagi nantinya.

2. Meminjam KTA untuk menyelenggarakan pesta pernikahan

Pesta pernikahan memang merupakan momen sekali seumur hidup yang perlu diselenggarakan dengan meriah, apalagi ditambah kebiasaan orang Indonesia yang selalu mengadakan pesta pernikahan dengan mengundang ratusan tamu dan juga seluruh anggota keluarga. Pesta pernikahan yang meriah juga dianggap menjadi sebuah image yang akan melekat seumur hidup dan juga merupakan sebuah gengsi tersendiri bagi calon pengantin dan keluarga besarnya.

Namun menyelenggarakan pesta memang perlu dilihat juga dengan kemampuan diri Anda sendiri, jangan lantas mementingkan gengsi malah Anda meminjam dana pinjaman KTA untuk menyelenggarakan acara yang meriah. Karena setelah acara pesta pernikahan selesai bukannya Anda berbahagia dengan pasangan, malah pada akhirnya stress untuk memikirkan biaya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Biasanya  jangka waktu untuk melunasinya pun tidaklah sebentar, karena bisa mencapai 3 sampai dengan 5 tahun lamanya. Untuk itu daripada membuang uang hanya untuk gengsi satu malam saja, sebaiknya memikirkan untuk tabungan masa depan seperti keperluan membeli rumah atau untuk masa depan anak nantinya.

3. Menggunakan dana KTA untuk hal konsumtif

Meminjam dana KTA hanya untuk sesuatu yang sifatnya konsumtif memang merupakan kesalahan lain yang paling sering dilakukan. Apalagi dengan gaya hidup masyarakat saat ini yang semakin mementingkan gengsi, dan  kebanyakan orang-orang juga mengikuti gaya hidup yang tidak sesuai dengan kemampuannya, seperti membeli gadget terbaru dan belanja produk-produk ber-merk.

Menggunakan dana pinjaman KTA untuk sesuatu yang bersifat konsumtif tersebut tentunya akan menjerumuskan Anda pada kewajiban membayar hutang yang terlihat sia-sia, untuk itu sebaiknya lebih bijak lagi dalam menggunakan dana pinjaman KTA yang akan Anda ajukan, Karena memaksakan gaya hidup yang tidak sesuai dengan kenyataan merupakan sesuatu yang bisa menjerumuskan diri Anda sendiri nantinya.

Berpikir matang sebelum meminjam KTA

Kredit tanpa agunan memang bisa dijadikan solusi untuk Anda yang membutuhkan dana dalam keadaan mendesak, namun jika Anda salah sedikit saja dalam menggunakan dana tersebut, seperti yang telah dijelaskan diatas, tentu hal tersebut hanya akan membawa Anda pada beban hutang yang tidak bermanfaat. Untuk itu sebaiknya lebih bijak dalam menggunakan dana pinjaman KTA, seperti salah satunya untuk hal-hal yang memang termasuk ke dalam kebutuhan dana, seperti biaya pendidikan, biaya modal usaha atau untuk biaya lainnya yang cukup mendesak.


Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0511 || diagnostic_web = 0.2125

Close [X]
×