kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45836,12   5,96   0.72%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Ini 5 Alasan Kenapa Investasi Reksadana Cocok untuk Milenial


Minggu, 11 Juli 2021 / 10:41 WIB
Ini 5 Alasan Kenapa Investasi Reksadana Cocok untuk Milenial
ILUSTRASI. Penawaran produk reksadana UOB AM di aplikasi Pluang. 

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Generasi milenial seringkali dicap sebagai generasi yang boros karena lebih mementingkan gaya hidup ketimbang kebutuhan di masa depan. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena milenial  pun sudah banyak yang melek literasi keuangan yang tinggi. Apalagi dengan karakter generasi milenial yang sangat adaptif terhadap teknologi, keberadaan aplikasi-aplikasi yang memudahkan investasi seperti Pluang semakin memudahkan mereka melakukan investasi pada produk yang diinginkan.

Salah satu jenis investasi yang semakin tren di kalangan anak muda generasi milenial adalah investasi reksadana. Investasi yang tidak membutuhkan skil terlalu berat ini banyak dipilih karena kemudahan transaksi dan juga transparansi yang diberikan setiap aplikasi.

Jika Anda milenial namun belum melirik investasi reksadana, berikut ini ada 5 alasan yang bisa menyakinkan Anda untuk mulai berinvestasi saat ini juga untuk kondisi ekonomi yang lebih baik di masa depan.

1. Bisa investasi reksadana secara online

Milenial umumnya sibuk bekerja maupun kuliah sehingga kurang punya waktu untuk memperhatikan investasi mana yang paling menguntungkan sesuai dengan kondisi keuangan tanpa harus ribet kesana kemari mencari info.

Sesuai perkembangan zaman, kini investasi reksadana pun bisa dilakukan secara online lewat aplikasi-aplikasi investasi yang bisa diunduh secara gratis. Dengan aplikasi reksadana online ini, Anda bisa mentransfer dana investasi dan memonitor portofolio Anda secara real time kapan saja dan dimana saja.

Semua proses dilakukan secara online sehingga Anda tak perlu kesana kemari, hanya perlu download aplikasi investasi terpercaya yang sudah diawasi OJK lalu pilih jenis reksadana yang diinginkan dan mulai investasi dengan mudah.

2. Bebas pilih jenis reksadana sesuai profil risiko

Setiap orang memiliki profil risiko berbeda yang menjadi patokan memilih jenis reksadana apa yang paling pas untuk dilakukan. Contohnya jika Anda memiliki profil risiko konservatif dimana ingin mencari aman dan investasi rendah resiko, maka reksadana pasar uang dan pendapatan tetap cocok Anda pilih.

Namun jika Anda punya profil risiko agresif dimana berani mengambil resiko tanpa takut kehilangan modal awal, maka reksadana campuran dan saham adalah pilihan yang tepat. Fleksibilitas dalam memilih produk reksadana memberikan lebih banyak opsi bagi investor milenial untuk menentukan produk mana yang ingin jadi investasi.

3. Bisa dimulai dengan modal kecil

Anda tidak butuh modal selangit untuk memulai investasi reksadana. Cukup tentukan berapa nominal atau berapa persen dari gaji bulanan Anda yang akan diinvestasikan setiap bulannya agar tidak mengganggu biaya sehari-hari dan juga dana darurat.

Anda punya kendali atas berapa nominal yang akan dikeluarkan per bulannya untuk membeli reksadana. Di aplikasi-aplikasi investasi saat ini, Anda bisa beli reksadana mulai dari Rp15.000 saja yang pastinya lebih murah dibanding segelas kopi. Hal ini membuat investasi reksadana tidak memberatkan untuk mulai dilakukan karena bisa dengan modal kecil asal rutin melakukannya maka return yang didapat pun tidak akan mengecewakan.

4. Investasi dikelola oleh manajer investasi

Dengan berinvestasi reksadana maka dana investasi yang Anda setor akan dikelola oleh manajer investasi yang akan menyalurkan uang Anda dan investor lainnya dalam berbagai instrumen keuangan, seperti saham, deposito dan sebagainya.

Manajer investasi pula yang akan membantu Anda membuat keputusan kapan harus menjual atau menahan investasi Anda untuk meminimalisir risiko serta mendapatkan return yang maksimal.

Jangan khawatir. manajer investasi di aplikasi investasi digital pun harus memiliki sertifikat dan juga izin resmi dari OJK sehingga kualitas kemampuannya terjamin dan portofolio investasi Anda juga aman.

5. Transparan

Investasi reksadana memiliki alur transaksi yang kredibel dan juga transparan sehingga Anda tidak perlu khawatir soal keamanan dana yang disetor selama melalui jalur yang benar atau aplikasi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Anda bisa melihat profil manajer investasi melalui Fund Fact Sheet dan Prospektus reksadana yang biasanya disediakan di setiap aplikasi. Selain itu proses pembukuan reksadana akan dilakukan oleh pihak independen yaitu Bank Kustodian dan wajib diperiksa Akuntan Publik yang terdaftar di OJK. Hal ini tentunya memberikan rasa aman sekaligus trust yang tinggi sehingga meski anak milenial tak punya banyak waktu untuk mengurus portfolionya, ada manajer investasi yang akan membantu semuanya dalam proses yang transparan dan bisa dipertanggungjawabkan.

Itulah tadi berbagai alasan yang semoga saja bisa semakin meyakinkan Anda untuk mulai investasi reksadana sekarang juga. Jika ingin investasi secara online, pastikan hanya memilih aplikasi yang sudah terdaftar di OJK untuk menghindari penipuan ya.


Tag

TERBARU

×