kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,64   -3,77   -0.42%
  • EMAS948.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Ini Tingkatan Smartphone Berdasarkan Harga & Spesifikasi


Jumat, 16 April 2021 / 20:03 WIB
Ini Tingkatan Smartphone Berdasarkan Harga & Spesifikasi
ILUSTRASI. Kontan - Samsung Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Apakah Anda tertarik untuk membeli smartphone baru? Sebelum Anda membelinya, ada baiknya Anda mengetahui soal tingkatan smartphone yang biasa diklasifikasikan berdasarkan harga dan juga spesifikasi yang dimiliki.

Umumnya ada anggapan bahwa harga sepadan dengan spesifikasi yang disematkan pada sebuah smartphone. Hal ini bisa benar adanya, bisa juga tidak. Maka dari itu Anda harus jeli melihat spesifikasi,fitur yang ditawarkan dan juga harga yang dibanderol.

Agar tak salah membeli smartphone baru, berikut ada 4 tingkatan smartphone yang tersedia di pasar saat ini dan bisa Anda pilih berdasarkan preferensi dan budget yang dimiliki.

1. Entry-level

Ini merupakan tingkat smartphone paling bawah yang biasanya dikhususkan bagi orang-orang yang baru akan beralih dari feature phone ke smartphone.

Harganya juga sangat bersahabat. Biasanya di kisaran Rp800.000-Rp1.500.000. Smartphone di kelas ini biasanya hadir dengan spesifikasi pas-pasan, namun sudah cukup dalam mendukung berbagai aktivitas dasar, seperti menonton video, bermain game kasual dan juga browsing serta menggunakan media sosial.

2. Mid-range

Kelas smartphone yang satu ini merupakan salah satu model smartphone yang paling banyak dirilis di Indonesia. Tak heran memang karena pasar Indonesia masih dominan di smartphone kelas ini.

Harga smartphone mid-range juga masih tergolong terjangkau, dikisaran Rp2 jutaan – Rp 3 jutaan. Spesifikasi yang ditawarkan smartphone mid-range pun umumnya mumpuni dan sudah menggunakan fitur-fitur kekinian, seperti tiga atau empat kamera belakang, chipset kelas menengah Snapdragon, desain layar serta bodi yang kekinian.

Smartphone di kelas ini biasanya juga sudah menggunakan fitur maupun spesifikasi kekinian, baik dari segi desain dan chipset. Jadi Anda Tak perlu khawatir ketinggalan trend saat membeli smartphone di kelas ini.

3. High-end

Sesuai namanya, kelas smartphone yang satu ini tergolong lumayan mahal. Smartphone yang masuk kelas ini biasanya hadir dengan desain mewah dan spesifikasi tinggi dari segala aspek, mulai dari jeroannya hingga bagian kamera.

Smartphone high-end biasanya dibekali spesifikasi lebih tinggi, seperti misalnya RAM diatas 6GB dengan memori internal minimal 32GB. Selain itu harga smartphone ini biasanya di atas Rp 5 jutaan.

4. Flagship

Flagship merupakan tingkat tertinggi dalam kelas smartphone yang tersedia di pasar saat ini. Smartphone flagship biasanya merupakan seri dengan spesifikasi terbaik dan tertinggi yang dimiliki oleh brand smartphone.

Jika dilihat dari spesifikasinya, smartphone flagship biasanya terlihat mewah luar dan dalam. Chipsetnya menggunakan chipset keluaran terbaru dan tercepat, sistem operasi terbaru dengan antarmuka terupdate, sistem keamanan berlipat ganda seperti Face Unlock dan fingerprint yang dibenamkan di dalam layar.

Baterainya pun biasanya berukuran jumbo dengan fitur fast charging hingga wireless charging. Untuk kameranya pun smartphone flagship biasanya dibekali kamera beresolusi tinggi dengan spek yang tinggi. Belum lagi bodinya yang menggunakan desain yang inovatif dan bahan berkualitas tinggi.

Tak heran memang jika smartphone  flagship jadi kelas smartphone dengan harga termahal di pasaran, biasanya di atas Rp 8 jutaan. Salah satu smartphone yang masuk kelas ini adalah Samsung S21 series yang dirilis pada Januari 2021 lalu.

Ada tiga model smartphone yang masuk ke dalam lini ini, yaitu Samsung Galaxy S21 versi reguler, Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra. Ketiganya sudah tersedia untuk pasar Indonesia.

Menurut Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan, Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra merupakan varian yang paling laris di Indonesia. Sebagai info, harga Samsung S21 di Indonesia adalah mulai dari Rp 12,999 juta untuk versi reguler, sedangkan Galaxy S21 Plus dijual mulai dari Rp15,999 juta dan terakhir ada Galaxy S21 Ultra dijual mulai dari Rp 18,999 juta.

Dia mengungkapkan jika penggemar Seri Galaxy di Indonesia menyukai produk dengan memori yang paling besar dari setiap lini. Jadi meski harganya lebih mahal dari versi reguler, namun banyak yang tetap tertarik dengan Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra.

Apakah Anda juga tertarik membeli smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S21 series? Atau masih ingin mencoba mulai dari smartphone mid-range karena menyesuaikan budget. Jangan khawatir, saat ini ada banyak kok smartphone kelas menengah yang hadir dengan spesifikasi yang mumpuni. Anda hanya tinggal rajin-rajin membandingkan spesifikasi serta fitur utama yang paling Anda cari.

Membeli smartphone saat ini pun sangat mudah. Selain bisa langsung membeli di toko offline masing-masing produsen, Anda juga bisa membeli smartphone secara online dengan mudah. Anda bisa membeli langsung lewat website resmi masing-masing brand atau lewat e-commerce terpercaya seperti Blibli.

Tidak perlu khawatir karena biasanya setiap brand memiliki official store di website e-commerce jadi produk yang dikirim dijamin asli dengan garansi. Jadi Anda akan beli smartphone apa nih?


Tag

TERBARU

×