kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,72   3,94   0.46%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inovasi Monitoring Jaringan: Strategi Efektif Keamanan dan Produktivitas Digital


Kamis, 30 Mei 2024 / 09:00 WIB
Inovasi Monitoring Jaringan: Strategi Efektif Keamanan dan Produktivitas Digital

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Siapa yang tidak kenal dengan teknologi AI yang dari awal kemunculannya membuat perasaan kita campur aduk antara terheran-heran dan takut? Membuat heran karena kepintarannya dalam menjawab perintah yang diberikan hanya dengan sepersekian detik dan takut kalau teknologi AI akan menggeser beberapa profesi.

Namun semakin teknologi AI ini naik daun sebagian masyarakat malah berubah menjadi terbantu dengan kehadiran teknologi tersebut. Sebagaimana teknologi baru yang muncul seperti AI ini pasti butuh penyesuaian dan penerimaan oleh kita sebagai penggunanya.

Teknologi AI hadir dalam berbagai macam bentuk untuk membantu kita dalam menyelesaikan perintah dan masalah yang kita miliki seperti dalam pengeditan foto, pembuatan teks, hingga analisis prediktif seperti yang ada pada alat monitoring jaringan.

Analisis prediktif dalam alat monitoring jaringan sangat berguna untuk memprediksi kapan sebuah perangkat jaringan seperti router, switch dan lainnya akan mencapai ambang batasnya (threshold). Jika hal ini dapat diprediksi atau diperkirakan sebelum perangkat jaringan tersebut mengalami down atau mati, maka bisnis akan terselamatkan dari dampak buruknya.

Namun, untuk benar-benar memanfaatkan potensi penuh dari inovasi terkini dalam monitoring jaringan, pelaku bisnis perlu memperhatikan beberapa strategi efektif. Pertama-tama, penting untuk memilih alat monitoring jaringan yang sesuai dengan kebutuhan dan skala bisnis Anda.

Selanjutnya, kita perlu melakukan pelatihan dan penyesuaian untuk memastikan bahwa teknologi ini dapat digunakan secara optimal oleh tim IT di perusahaan. Terakhir, kita perlu terus mengikuti perkembangan teknologi AI dan terus memperbarui sistem monitoring jaringan kita agar tetap relevan dan efektif.

Dengan mengadopsi inovasi terkini dalam monitoring jaringan dan menerapkan strategi efektif, bisnis digital dapat menghadapi tantangan dengan percaya diri dan meningkatkan produktivitas mereka secara signifikan. Inilah saatnya bagi bisnis digital untuk memanfaatkan potensi teknologi AI dalam memajukan operasi mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Dalam menghadapi era digital yang terus berkembang, tidak bisa dipungkiri bahwa keamanan juga menjadi perhatian utama bagi bisnis digital. Teknologi AI juga telah membawa inovasi dalam bidang keamanan jaringan dengan kemampuannya untuk mendeteksi ancaman dan serangan yang mengancam kestabilan infrastruktur IT.

Dengan integrasi kecerdasan buatan dalam sistem monitoring jaringan, bisnis digital dapat secara proaktif mengidentifikasi dan merespons ancaman keamanan dengan cepat dan efisien, mengurangi risiko insiden keamanan yang dapat merugikan bisnis. Dengan demikian, solusi monitoring jaringan yang menggunakan teknologi AI tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga membantu menjaga keamanan dan stabilitas bisnis digital.

Seperti Netmonk Prime, sebuah aplikasi monitoring jaringan dari Indonesia yang memiliki inovasi ini. Dalam fitur terbarunya, Netmonk Prime mengembangkan teknologi chatbot, MONA, yang menghadirkan kemudahan bagi penggunanya untuk monitoring jaringan, Web/API, dan Server tanpa terpaku pada layar selama 24/7, hanya dengan mengetikkan pertanyaan atau pun perintah melalui aplikasi Telegram.

Tidak hanya itu saja, MONA juga memiliki kemampuan predictive analytics yang dapat membantu penggunanya mengetahui kapan perangkat jaringan yang dimonitoring mencapai ambang batasnya. Sehingga MONA dapat digunakan sebagai strategi efektif bagi pengguna dan pelaku bisnis dii era digital.

Dalam konteks ini, penggunaan inovasi terkini dalam monitoring jaringan menjadi penting tidak hanya untuk meningkatkan produktivitas bisnis digital, tetapi juga untuk memastikan keberlangsungan dan keamanan operasional mereka.

Dengan terus mengadopsi teknologi AI dan menerapkan strategi efektif dalam pengelolaan jaringan, bisnis digital dapat memperkuat posisi mereka di pasar digital yang semakin kompetitif dan meraih kesuksesan jangka panjang. Sekaranglah saatnya untuk mengambil langkah maju dalam menghadapi era digital dengan percaya diri dan mengambil manfaat dari inovasi terkini dalam monitoring jaringan untuk bisnis digital Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×