kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jalan-jalan ke China Tanpa Pemandu, Simak Tips Ini Ya


Minggu, 19 Januari 2020 / 12:33 WIB
Jalan-jalan ke China Tanpa Pemandu, Simak Tips Ini Ya
ILUSTRASI. Azwin - Kontan Seremonia Online

Reporter: Adv Team | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Jalan-jalan ke luar negeri tanpa adanya pemandu sama saja dengan belajar naik sepeda tanpa adanya bimbingan dari siapapun. Meskipun terlihat nekat, tapi tetap tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain itu, kamu akan mendapatkan pengalaman yang takkan pernah terlupakan karena telah melakukan hal nekat tersebut.

Jika ternyata kamu tidak memiliki atau pergi tanpa pemandu saat ke Cina, sebenarnya tidak masalah. Hanya saja sebagai antisipasi, kamu harus melakukan beberapa hal sebagai peganganmu saat berada di Cina nanti. Agar bisa mengetahui apa saja beberapa hal yang perlu kamu lakukan tersebut, baca beberapa tips dibawah ini ya.

 

Cari segala informasi sebelum berangkat

Layaknya sebelum terjun ke medan perang, maka kamu harus menggali semua informasi sebanyak mungkin untuk mengetahui medan perang yang akan kamu tuju. Begitu pun saat akan ke Cina, cari informasi sebanyak mungkin tentang Cina sebanyak-banyaknya, seperti persyaratan dokumen untuk masuk kesana, nilai kurs sekarang, keadaan ekonomi ataupun keamanan negara, dan informasi lainnya.

Hal pertama yang paling utama adalah mempersiapkan segala dokumen untuk keberangkatanmu, contohnya seperti paspor ataupun Visa. Untuk berjaga-jaga jika ternyata di dekat kantor imigrasi tidak adanya layanan fotocopy ataupun print, maka sebisa mungkin kamu harus membawa lengkap dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan sebelum ke kantor imigrasi. 

 

Memilih waktu keberangkatan dan penginapan

Melakukan kegiatan seperti cek tiket pesawat ke china ataupun tempat penginapannya disana tentu akan menjadi kegiatan terasyik bagi yang akan segera berlibur kesana. Coba pilih waktu keberangkatan sesuai dengan keadaan musim ataupun acara-acara tertentu disana supaya kamu bisa menikmati momen-momen yang tidak bisa kamu temukan disini, seperti saat musim dingin, musim salju, atau perayaan hari-hari tertentu seperti Hari Kemerdekaan Cina. Biasanya akan ada event-event tertentu dan juga promo-promo yang menarik yang bisa kamu nikmati juga nantinya.

 

Memilih makanan

Kuliner memang tak bisa dilepaskan saat sedang pergi berlibur. Maka dari itu,jangan lupa dan ragu untuk menikmati segala jenis makanan saat berada di sini. Kamu akan dengan mudah menemukan berbagai makanan di sini, baik yang berada di dalam restoran maupun yang berada di pinggir jalanan. Jika kamu berorientasi dengan menginginkan makanan jajanan daerah, maka kamu bisa mencarinya di pinggir jalan atau pun pasar.

Ada begitu banyak kios yang akan menjual makan-makanan tersebut. Supaya kamu tidak terjebak dan mendapatkan cita rasa makanan yang enak, maka cobalah lihat kios yang banyak didatangi oleh pengunjung. Biasanya kios tersebut sudah dipercaya dan juga menjual makanan-makanannya dengan rasa yang sangat enak sehingga banyak yang datang ke kiosnya.

Jika kamu menginginkan makanan yang berlabel halal, maka kamu harus mencari informasi lebih. Karena makanan halal disini tidak mudah ditemukan seperti Indonesia. Jadi kamu perlu melakukan pencarian informasi melalui Google Search atau GMaps untuk menemukan restoran yang berlabel makanan halal.

 

Memilih kendaraan

Di Cina kamu tidak akan susah menemukan kendaraan untuk membantumu pergi ke sebuah tempat. Kendaraan umum dan juga taksi menjadi kendaraan utama disini, dan harganya pun tak jauh berbeda. Jika kamu menginginkan kemudahan, maka taksi bisa menjadi pilihanmu karena fleksibel dan bisa mengantarkanmu kemana saja.

Tapi sebelum itu jangan lupa menulis alamat dalam Bahasa Mandarin supaya kamu bisa memberikannya kepada supir nanti. Kamu bisa meminta tolong resepsionis tempat menginapmu atau menulis sendiri dengan menggunakan kamus online seperti Google Translate atau Bing Translate.

 

Membuat daftar tempat wisata

Ini bisa kamu lakukan supaya bisa menyesuaikan antara jarak penginapanmu dengan tempat wisata, waktumu selama stay di Cina, dan mengetahui tempat wisata mana yang memiliki biaya retribusi masuk yang murah sehingga kamu juga bisa mengatur pengeluaranmu.

Coba manfaatkan situs mesin pencari seperti Google ataupun Google Maps untuk mengetahui tempat wisata mana saja yang cukup populer. Sejauh ini wisata di Cina yang cukup populer adalah Tembok Besar Cina karena telah diakui menjadi salah satu keajaiban dari tujuh keajaiban dunia, dan juga Kota Terlarang yang berada di tengah-tengah kota yang kini telah menjadi museum.


Tag

TERBARU

×