kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45764,61   -6,06   -0.79%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Kejar Pertumbuhan Penjualan 10%, PBID Optimis Perkuat Posisi Pasar di Jateng & Jatim


Selasa, 25 Februari 2020 / 11:15 WIB
Kejar Pertumbuhan Penjualan 10%, PBID Optimis Perkuat Posisi Pasar di Jateng & Jatim
Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan Panca Budi Idaman, Lukman Hakim

Reporter: Adv Team | Editor: indah sulistyorini

PT Panca Budi Idaman Tbk. merupakan perusahaan terpadu yang memproduksi dan mendistribusi Consumer Packaging & Bahan Baku Plastik yang terintegrasi dengan kegiatan produksi, distribusi dan perdagangan. Produk Consumer Packaging Perseroan, terdiri dari  plastik food grade PE, plastik food grade PP & plastik food grade HDPE, gelas plastik, food pack, kertas nasi, dus kue dan lain-lain. Sedangkan Produk Bahan Baku Plastik Perseroan, terdiri dari  Bahan Baku Plastik PE, Bahan Baku Plastik PP & Bahan Baku Plastik HDPE.

Produsen Consumer Packaging & distributor bahan baku plastik,  PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) menargetkan pertumbuhan penjualan sekitar 10% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Optimisme ini berdasarkan prospek pertumbuhan sektor makanan dan minuman yang diyakini akan mengerek permintaan produk-produk consumer packaging perusahaan. 

“Kami masih melihat daya beli masyarakat untuk makanan dan minuman masih bagus,” kata Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan PBID Lukman Hakim.

Untuk menyambut peluang yang ada, perusahaan akan memperkuat posisi pasar di beberapa wilayah, utamanya di Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan & Sulawesi.

Menurut Lukman, wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur masih memiliki porsi kontribusi yang kecil dalam total penjualan perusahaan. Pasalnya, mayoritas penjualan bersih PBID masih berasal dari penjualan di wilayah Jabodetabek dengan porsi sekitar 60% dalam total penjualan.

Sementara itu, wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur masing-masing hanya menyumbang sekitar 10% dalam total penjualan  segmen kantong plastik.

Padahal, wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah diyakini memiliki potensi pasar yang menjanjikan mengingat jumlah populasi penduduknya keduanya yang masing-masing hampir mencapai dua kali lipat dari populasi penduduk Jabodetabek.

Oleh karenanya, perusahaan berencana terus memperkuat posisi pasar di kedua wilayah ini dengan terus memperbanyak jumlah pelanggan di kedua wilayah ini serta menjaga pelanggan eksisting dengan memastikan ketersediaan pasokan produk-produk consumer packaging perusahaan. Hal ini tentunya juga akan dilakukan di beberapa wilayah lainnya secara paralel, meski Jawa Tengah dan Jawa Timur tetap menjadi fokus utama.

Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan Panca Budi Idaman, Lukman Hakim mengatakan, pihaknya masih melanjutkan beberapa strategi pada tahun ini sebagai upaya meningkatkan laba bersih perseroan.

"Strategi kami masih sama dan tetap kami lanjutkan seperti memperluas pangsa pasar dan jangkauan distribusi secara nasional, menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, mencari klien baru, diversifikasi produk dan meningkatkan brand value,".

Selain fokus di plastik kemasan plastik makanan, Panca Budi juga sudah melakukan diversifikasi dengan menjual produk yang berbahan dasar bukan plastik, seperti dus kue dan kertas nasi.


Tag

TERBARU

×