kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kompor Listrik dan Kompor Gas, Mana yang Terbaik?


Senin, 17 Desember 2018 / 15:03 WIB
Kompor Listrik dan Kompor Gas, Mana yang Terbaik?
ILUSTRASI. Sentra Kerajinan Cawang Kompor

Reporter: Sponsored | Editor: Areka

Selalu ada perdebatan dalam memilih perangkat di dalam dapur, salah satunya adalah urusan kompor. Anda masuk ke dalam tim kompor gas atau kompor listrik? Tentu setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa memilih kompor gas atau listrik untuk digunakan di rumah sehari-hari.

Anda sebaiknya berhenti memperdebatkan apakah kompor gas lebih baik dan sering digunakan ketimbang kompor listrik, karena keduanya sama-sama baik jika difungsikan dengan semestinya. Sebelum memutuskan untuk membeli kompor jenis apa, pastikan dulu Anda telah memikirkan 4 hal berikut:

1. Materialnya berkualitas

Material dari kompor harus diperhatikan betul, tidak boleh asal memilih material karena dapat beresiko. Pilih permukaan kompor yang kuat agar bisa menahan beban dari panci berisi penuh saat proses memasak berlangsung. Kompor yang terbuat dari baja atau bahan lain yang terbukti tahan dengan beban berat bisa menjadi pilihan. Selain itu, pemilihan material kompor juga berkaitan dengan urusan kesehatan.

Kompor digunakan sebagai alat memasak dan akan berada dekat dengan bahan makanan yang akan Anda sajikan untuk keluarga. Memilih material yang tidak mudah berkarat adalah keharusan. Bayangkan jika makanan yang Anda masak terkontaminasi oleh karat dari kompor, tentu tidak menyenangkan.

2. Sesuaikan dengan desain interior dapur

Jika Anda baru pindah ke rumah baru, maka sesuaikan kompor dengan desain interior di dapur. Setiap kitchen set di dapur biasanya punya kecenderungan cocok ditempati oleh kompor jenis apa. Misalnya saja kitchen set dengan ruang di bawah untuk tempat menyimpan tabung gas dari kompor, atau tidak ada ruang penyimpanan sehingga sebaiknya Anda menggunakan kompor listrik.

Tapi jika Anda tak memang sedang ingin merombak dapur sekaligus, pilih model kitchen set yang cocok untuk kedua jenis kompor. Sediakan ruang penyimpanan di bawah dengan lubang untuk selang gas agar terlihat rapi.

Jika ruang penyimpanan tidak digunakan untuk tabung gas bisa dimanfaatkan untuk menyimpan keperluan dapur yang lain. Gunakan jasa desain interior yang bisa menghadirkan kitchen set yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Sesuaikan dengan fungsi utama

Sebelum memutuskan untuk membeli kompor gas atau kompor listrik, coba tentukan fungsi utama dari kompor ini nantinya. Jika Anda menggunakannya untuk kegiatan masak sehari-hari, kompor gas bisa jadi pilihan yang tepat. Kompor gas mampu menghasilkan api yang merata dan membuat masakan cepat matang sempurna.

Tapi jika Anda suka kegiatan yang berhubungan dengan patisserie, kompor listrik cocok untuk pembuatan kue. Kompor listrik umumnya dilengkapi dengan pengontrol besaran api, sehingga Anda bisa mengatur suhu yang dibutuhkan untuk kue yang sedang dikukus atau dipanggang.

4. Onderdil mudah dicari

Onderdil atau suku cadang dari kompor juga patut dipikirkan. Jangan sampai Anda kesulitan mencari onderdil yang dibutuhkan saat kompor butuh diservis. Agar tidak kesulitan nantinya, cobalah pilih kompor dengan merek yang sudah populer. Menggunakan kompor yang sudah populer berarti menjamin onderdil yang mudah didapatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×