kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45988,75   -13,63   -1.36%
  • EMAS948.000 -0,84%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Kulik Fitur-Fitur Andalan Samsung A51, Smartphone Jagoan Paling Laris di Kelasnya


Selasa, 29 Desember 2020 / 09:00 WIB
Kulik Fitur-Fitur Andalan Samsung A51, Smartphone Jagoan Paling Laris di Kelasnya
ILUSTRASI.

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Samsung, salah satu produsen elektronik asal Korea Selatan, selalu menghadirkan inovasi terbaru dalam produk-produk smartphone alias ponsel pintarnya. Setiap ada produk baru dari Samsung, para pemburu handphone gahar berlomba-lomba mendapatkannya. Termasuk konsumen dari Tanah Air. Tak terhitung sudah berapa banyak produk smartphone yang diluncurkan Samsung demi memenuhi kebutuhan pasar. Dan dari barisan ponsel pintar keluaran brand favorit satu ini, seri Galaxy A termasuk produk yang cukup laris manis di kalangan pengguna smartphone.

Ada berbagai pilihan samsung Galaxy A yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Samsung A51, salah satunya. Selain dibekali dengan beragam fitur handal, mulai dari prosesor yang gahar, kamera dengan resolusi tinggi, baterai berkapasitas besar yang mendukung fast charging dan masih banyak keunggulan lainnya, termasuk kemudahan dalam pengoperasiannya, produk seri Galaxy A satu ini dibanderol dengan harga yang terbilang cukup miring. Tak heran kalau Samsung Galaxy A51 menjadi smartphone kekinian paling favorit.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51 resmi diperkenalkan oleh sang vendor pada bulan Desember 2019 lalu dan langsung menarik perhatian, karena sebagai smartphone yang lengkap dengan NFC, produk kece satu ini dibanderol dengan harga bersahabat, yakni hanya di kisaran Rp 4 jutaan saja. Tak heran kalau Samsung A51 jadi pilihan favorit mereka yang mencari smartphone kekinian dengan spek mumpuni, tapi sayangnya harus terhalang budget.

Meski harganya terbilang miring, tak seperti seri Galaxy A lainnya, tapi jangan salah, A51 dibekali dengan sejumlah keunggulan. Aspek utama yang dinilai paling menonjol dalam spesifikasinya adalah chipset Exynos 9611 yang lebih maju ketimbang Galaxy A50 yang hanya dibekali dengan chipset Exynos 9610.

Sementara itu, dilihat dari segi kamera, Samsung menyematkan kamera utama dengan resolusi 48MP dan kamera depan 32MP. Selain resolusinya yang mumpuni, kemampuan merekam kameranya juga terbilang jago. Bayangkan, A51 bisa merekam dengan kualitas hingga 4K. Keunggulan di aspek kamera ini membuat Samsung A51 terlihat mewah.

Tak hanya dibekali prosesor cepat dan kamera dengan resolusi tinggi, A51 juga unggul dari segi baterai yang berkapasitas bongsor dan dilengkapi dengan fitur fast charging. Tapi dari itu semua, yang paling disukai dari Samsung Galaxy seri A51 adalah kemudahan pengoperasiannya, sehingga kinerjanya jadi lebih maksimal.

Untuk keunggulan dan spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A51, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini:

  • Prosesor Super Gahar yang Bisa Diandalkan

Untuk mendukung gaya hidup pengguna smartphone di era modern seperti sekarang ini, Samsung membekali A51 dengan dapur pacu Octa-Core Prosessor yang dilengkapi RAM berkapasitas up to 8GB dan memori penyimpanan eksternal yang muat hingga 512GB. Berkat tingkat prosesor yang tersedia, pengguna bisa bebas melakukan segala aktivitas dengan smartphone canggih ini tanpa harus berhadapan dengan performa lemot. Tak hanya sebatas browsing di dunia maya atau ber-media-sosial-ria, tapi main game berat sekali pun tak akan jadi soal.

  • Hadir dengan 4 Kamera Utama Kece

Bukan cuma 2 atau 3 kamera, Samsung A51 hadir dengan 4 kamera utama super canggih. Anda, terutama yang hobi fotografi, akan dimanjakan dengan kamera utama beresolusi 48MP Quad Bayer. Keunggulan lain dari segi kamera Samsung A51 adalah kamera makro. Kalau biasanya resolusi kamera makro hanya 2MP, A51 berbeda. Samsung menyematkan kamera makro dengan resolusi 5MP untuk memuaskan para penggemar foto-foto. Selain itu, masih ada kamera ultra-wide 12MP dan kamera depth sensor. Dengan hadirnya 4 kamera ini tentu jadi nilai tambah dan daya tarik utama dari A51, mengingat pendahulunya, yakni Samsung Galaxy A51 dan A51s hanya dibekali 3 kamera utama.

  • Kamera Selfie 32MP yang Bisa Menangkap Detail

Nilai tambah yang dimiliki Samsung Galaxy A51 selanjutnya terletak pada kamera selfie 32MP Quad Bayer yang bisa menghasilkan foto selfie beresolusi 12MP. Hasil jepretan kamera selfie A51 tak bisa dipandang remeh, karena kamera depannya bisa menangkap detail dan warna serta rentang dinamis yang luas. Samsung Galaxy A51 adalah produk super keren yang tak boleh dilewatkan para penggemar selfie.

  • Baterai dengan Kapasitas Bongsor

Di tengah kebutuhan masyarakat yang ingin terus online, Samsung menghadirkan smartphone kekinian yang dibekali dengan baterai berkapasitas bongsor. Galaxy A51 salah satunya. Dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh, dan dilengkapi dengan fitur fast charging, sehingga pengguna bisa semakin maksimal menggunakan smartphone satu ini.

Lalu berapa lama daya tahan baterai samsung Galaxy seri A51? Menurut hasil pengujian, baterai berkapasitas 4.000 mAh dari Galaxy A51 memiliki ketahanan hingga 86 jam, 21 jam talk time 3G, 13 jam web browsing atau 14 jam video playing.

  • One UI Android 10 dan Dilengkapi NFC

Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki Samsung A51, ada satu yang cukup menarik, yakni antarmuka One UI 2.0 berbasis Android 10. Fitur antarmuka ini pun bukanlah sembarang fitur, melainkan fitur yang biasanya dipasang di smartphone-smartphone Samsung kelas atas.

Bukan cuma antarmuka One UI 2.0 yang berbasis Android 10 saja yang membuat A51 unggul, tapi juga keberadaan fitur NFC. Fitur satu ini memudahkan pengguna A51 dalam mentransfer file dari smartphone mereka ke smartphone lainnya. Tak perlu menyambungkan kabel-kabel, pengguna cukup menempelkan dua smartphone yang sama-sama dilengkapi fitur NFC dan file bisa langsung ditransfer.

Tak hanya memudahkan pengguna dalam mentransfer data, fitur NFC juga dapat Anda gunakan untuk mengecek saldo hingga melakukan top-up kartu e-Money. Caranya pun anti ribet-ribet club, Anda hanya perlu menempelkan kartu e-Money ke bagian belakang A51 dan ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk.

  • Kekinian dan Nyaman Digenggam

Tak ada yang sanggup mengalahkan desain smartphone Samsung. Sama seperti produk Samsung lainnya, A51 juga hadir dalam tampilan yang elegan dan kekinian. Dengan dimensi 164 mm dan berat keseluruhan hanya 172 gram, A51 terasa sangat ringan dan solid ketika berada di dalam genggaman. Meski bagian bodi masih menggunakan bahan polikarbonat, tapi itu tak mengurangi daya tarik bodi belakang A51 berkat racikan spesial khas Samsung yang dipadukan dengan desain kamera persegi panjang, sehingga tampilannya terasa semakin berkelas.

  • Layar Super AMOLED Tawarkan Kualitas Premium

Galaxy A51 hadir dengan layar 6.5 inci dan resolusi yang sedikit lebih tinggi ketimbang pendahulunya, A50, yakni 1080 X 2400 piksel. Layar A51 sudah menggunakan salah satu panel terbaik, Super AMOLED, lengkap dengan panel Full HD+ yang tajam. Benar-benar layar kualitas smartphone Samsung kelas atas. Tetapi bukan itu saja, smartphone satu ini juga datang dengan konsep punch hole display, di mana kamera depan berada tepat di bagian tengah atas layar membentuk huruf O penuh.

Dengan layar kualitas super didukung tampilan Infinity-O Display, Samsung menjamin kepuasan tanpa batas bagi para penggunanya saat menggunakan A51. Mulai dari browsing, menonton video, hingga bermain game-game terkini.

 

Harga Terbaru Samsung Galaxy A51

Dibekali deretan fitur jagoan, seperti prosesor yang handal, kamera utama beresolusi tinggi, kamera selfie yang canggih, baterai berkapasitas besar dan fast charging, siapa pun akan menyangka untuk memiliki Samsung Galaxy A51 mereka harus menguras isi dompet. Padahal smartphone cantik yang hadir dalam 4 varian warna kece, yakni Prism Crush Black, Prism Crush Blue, Prism Crush White dan Haze Crush Silver, ini dibanderol dengan harga yang sangat bersahabat.

Sebelum mengintip harga terbaru Samsung Galaxy A51 tahun 2020, berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari smartphone keluaran Desember 2019 ini:

·      Body: 158,5 X 73,6 X 7.9 mm, 172 g, layar dilapisi Gorilla Glass 3, frame dan bagian belakang plastik

·      Layar: Panel Super AMOLED 6.5 inci, 102,0 cm2 (~87.4% screen-to-body ratio) 1080 X 2400 piksel (Full HD+)

·      Chipset: Xynos 9611 (10nm) Octa-core, GPU Mali-G72 MP3

·      CPU: Octa-core (4X2.3 GHz Cortez-A73 & 4X1.7 GHz Cortez-A53)

·      OS: Android 10, One UI 2.5

·      Kamera Utama: Quad Camera 48MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF; 12MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide) 13mm (ultrawide), 1.12µm; 5MP, f/2.4, (macro), dedicated macro       camera; 5MP, f/2.2, (depth sensor) 1/5.0″, 1.12µm; Video 4K@30fps, 1080p@30/120fps

·      Kamera Selfie: Single32MP, f/2.2, 26mm (wide); Video 1080p@30fps

·      Baterai: Non-removable Li-Po 4.000 mAh, support fast-charging 15W

·      Fitur: Dual-SIM, USB Type-C, Audio jack 3.5mm Stereo, NFC, Fingerprint Scanner di dalam layar, GPS, Bluetooth, Wi-Fi, Hotspot / Tethering, Flash, Quad Cameras

·      Varian Warna: Prism Crush Black, Prism Crush Blue, Prism Crush White dan Haze Crush Silver

·      Memori: RAM 4GB/64GB, RAM 4GB/128GB, RAM 6GB/128GB, MicroSD up to 1 TB (dedicated slot)

Untuk harga Samsung Galaxy A51 di pasaran berbeda sesuai dengan kapasitas memori yang dimiliki. Varian A51 4/64GB dibanderol dengan harga sekitar Rp 4,2 jutaan. Sementara varian A51 6/128B bisa Anda dapatkan dengan merogoh kocek sebesar Rp 4,5 jutaan.

Harga tersebut tentunya sudah sangat sesuai dengan fitur berlimpah dan begitu banyak kecanggihan yang disematkan sang vendor Samsung pada produk Galaxy A51 yang hadir dalam tampilan super kece satu ini.

Kehadiran Samsung galaxy A51 merupakan jawaban perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan terkait kesanggupannya memenuhi kebutuhan pasar di kelas menengah dengan produk yang tak kalah canggih dengan smartphone premium koleksinya.

Bagi Anda yang mencari smartphone dari brand Samsung dengan kamera beresolusi tinggi untuk mendukung hobi foto-foto Anda, A51 adalah pilihan terbaik. Kualitas gambar dan video yang dihasilkan tak perlu diragukan lagi. Benar-benar jernih dan cerah. Tak heran jika Samsung Galaxy seri A51 menjadi smartphone yang sangat direkomendasikan.

Dibekali dengan kapasitas baterai super bongsor, Anda tak perlu khawatir harus berhenti di tengah jalan ketika mengoperasikan A51, entah untuk kebutuhan kantor, main game atau sekedar mendengarkan musik favorit, sepanjang hari tanpa sempat mengisi daya baterainya.

Samsung, sebagai vendor smartphone yang namanya sudah dikenal di seluruh dunia, memang tak pernah mengecewakan konsumennya. Terbukti dengan hadirnya Samsung Galaxy A51, yang meski diperuntukkan untuk kelas mid-range dengan memasang harga di bawah Rp 5 jutaan, tapi Samsung tetap tak tanggung-tanggung dalam segi spesifikasi.


Tag

TERBARU
Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 7 Financial Modeling Fundamental

×