kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45764,61   -6,06   -0.79%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

List Pekerjaan Sektor Digital Lengkap dengan Gajinya, Ada yang Rp1,8 Miliar Per Tahun


Rabu, 04 Maret 2020 / 11:49 WIB
List Pekerjaan Sektor Digital Lengkap dengan Gajinya, Ada yang Rp1,8 Miliar Per Tahun
ILUSTRASI.

Reporter: Adv Team | Editor: indah sulistyorini

Digitalisasi yang semakin merajalela mau tidak mau memengaruhi sektor pekerjaan juga. Bermunculan profesi-profesi baru yang lebih menjanjikan dengan gaji yang tidak main-main. Dan ini sangat cocok dengan generasi milenial yang memang mendominasi di usia aktif kerja. Era yang serba praktis dibalut dengan kemudahan teknologi membuat mobilitas makin tinggi.

Jika beberapa tahun yang lalu pekerjaan sektor digital belum terlalu diperhitungkan, kasusnya berbeda untuk saat ini. Sudah banyak orang yang berkecimpung dalam dunia digital dengan berbagai tawaran yang menggiurkan. Nah, inilah beberapa pekerjaan di sektor digital lengkap dengan gajinya berdasarkan Riset Robert Walters.

SEO Specialist

Pekerjaan pertama yang semakin banyak peminatnya adalah Search Engine Optimization (SEO). Tugas utamanya adalah membuat website nangkring di laman pertama mesin pencari, membuat website menjadi popular dengan melakukan link building. Kalau memunginkan, website bisa berada di laman pertama di jajaran teratas, soal link building ada banyak jasa backlink yang bisa membantu para SEO beli backlink secara mudah. Dengan begini, akan banyak visitor organic yang didapatkan. Nama perusahaan atau UMKM akan makin kondang saja, artinya pelanggan akan berdatangan.

Jika ditekuni dan akhirnya menjadi SEO Manager, Riset Walters Indonesia menyebutkan gaji per tahunnya mencapai Rp400,000,000. Dan angka tersebut belum termasuk tunjangan dan bonus jika pekerjaan sesuai dengan target. Pekerjaan yang awalnya dipandang sebelah mata sekarang sudah menarik perhatian banyak orang.

Sosial Media Specialist

Fokus utama profesi ini adalah melakukan promosi melalui sosial media. Bisa Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan lain-lain. Menjadi seorang Sosial Media Spesialis, memerlukan wawasan yang luas mengenai sosial media dan interaksinya. Selain itu, mereka juga akan melakukan perencanaan, evaluasi, sampai berinteraksi dengan user atau visitor.

Meskipun terlihat sepele, tapi tugas si Mimin, sebutan yang diberikan para pengguna, cukup berat. Bisa dibilang mereka juga merupakan salah satu ujung tombak yang membuat produk perusahaan bisa dikenal masyarakat luas. Maka dari itulah, jika telah menjadi Sosial Media Manager, gaji yang didapat bisa sampai Rp450.000 per TAHUNNYA.

Graphic Designer

Pekerjaan lainnya yang semakin dibutuhkan di era industri 4.0 ini adalah graphic designer. Terutama jika perusahaan bergerak di iklan. Peran utama pekerjaan ini adalah menjembatani komunikasi yang interaktif dan menarik antara pesan yang ingin disampaikan kepada para pembaca melalui visual. Maka dari itulah, hasil dari karya dari Graphic Designer dituntut untuk memenuhi 3 unsur, yakni visual, seni, dan bahasa.

Tanggung jawab Graphic Designer memang cukup penting. Maka dari itulah banyak perusahaan memburunya. Awalnya, mereka mungkin akan digaji sesuai dengan UMR atau UMK masing-masing kota. Namun setelah menjadi Head of Product, gaji yang diterima bisa mencapai Rp 1,85 miliar banyaknya.

Web Developer

Dewasa ini Web Developer menjadi salah satu profesi yang makin dikenali. Tugas utama mereka dibagi menjadi tiga. Yakni Full Stack Developer, Backend Developer, dan Frontend Developer. Mereka memiliki peran masing-masing yang membuat sistem kerja dari website menjadi lebih optimal. Pekerjaan ini memerlukan banyak skill, salah satunya menguasai bahasa pemrograman.

Dengan peran pentingnya, Web Developer memiliki gaji yang besar. Bagi yang intern atau junior, bisa mulai dari Rp3 jutaan. Lalu untuk IT manager bisa mencapai Rp 800 jutaan. Namun bagi yang sudah menjadi Head of IT, nominal gajinya mencapai Rp1,5 miliar. Angka yang sangat mencengangkan, bukan?

Mobile Apps Developer

Tugas utama dari Mobile Apps Developer adalah mengembangkan aplikasi di ponsel pintar, baik yang berbasis Android atau iOS. Mereka yang berkecimpung dalam bidang ini perlu menguasai bahasa pemrograman dari Java Script atau C#. Bagi masyarakat awam, pekerjaan ini sangatlah rumit dengan bahasa-bahasa sulit yang perlu dikuasai. Tidak hanya itu saja, banyak kode-kode yang perlu diterjemahkan. Maka dari itulah tidak banyak orang yang menguasainya.

Berdasarkan data Riset Robert Walters, mereka yang sudah berkecimpung lama dalam dunia IT bisa membawa pulang uang sampai Rp1,5 miliar per tahun. Tentu saja perlu skill mumpuni dan pengalaman yang telah malang melintang.

Itulah beberapa profesi di industri digital lengkap dengan nominal gaji yang diberikan. Jenis profesinya memang tergolong baru, namun banyak keuntungan yang didapatkan. Terutama buat yang selama ini bergelut dengan komputer dan teknologinya, pekerjaan-pekerjaan di atas menggiurkan untuk dicoba.

 

Sumber:

https://katadata.co.id/berita/2019/11/22/tiga-sektor-startup-ini-gencar-rekrut-pegawai-berapa-tawaran-gajinya


Tag

TERBARU

×