kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mau Belanja Online Laptop Baru? Mari Perhatikan Tipsnya!


Selasa, 04 Februari 2020 / 09:00 WIB
Mau Belanja Online Laptop Baru? Mari Perhatikan Tipsnya!
ILUSTRASI. Sumber foto: https://www.trustedreviews.com/how-to/laptop-buying-guide-2953726

Reporter: Adv Team | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Hal yang paling menyenangkan dari laptop adalah desainnya yang slim dan ringan, sehingga mudah dibawa ke mana saja. Inilah mengapa laptop memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan komputer desktop atau PC yang harus ditempatkan di meja serta tersambung dengan colokan listrik, supaya bisa menyala dan dioperasikan. Ini pula sebabnya makin banyak orang membeli laptop setiap harinya. Sebab, setiap orang membutuhkan laptop untuk kegiatan komputasi, terutama bagi pelajar dan pekerja.

 

Laptop Menjadi Bagian dari Gaya Hidup Masyarakat Modern

Karena laptop kini semakin banyak dicari, maka ketersediaannya pun makin mudah untuk didapatkan. Artinya, Anda bisa membeli laptop di mana saja, mulai dari toko komputer, toko elektronik, mall hingga toko online. Benar sekali, Anda kini juga bisa belanja online laptop. Banyak orang sudah melakukannya. Lagipula, kalau Anda membelinya secara online, sering ada promo dan berbagai penawaran menarik untuk Anda.

Kemudahan ini pun memang tersedia untuk Anda. Para penjual memahami bahwa Anda selalu sibuk sehingga seringkali kurang waktu yang cukup untuk berbelanja. Maka dari itu, Anda bahkan tidak harus lagi berbelanja di website toko online, karena cukup dengan menginstal aplikasi Blibli saja, Anda bisa membeli laptop dan berbagai barang kebutuhan Anda. Benar sekali, laptop bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan di masa kini. Fungsi laptop sendiri bervariasi tergantung penggunanya.

Di samping itu, spesifikasi laptop juga bermacam-macam, disesuaikan dengan keperluan Anda. Tidak hanya itu saja, desain laptop juga dirancang dengan sentuhan modern, stylish dan bisa Anda pilih sesuai dengan selera kepribadian Anda. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila kita menyebut laptop sebagai elemen gaya hidup kalangan milenial. Hampir semua orang memiliki setidaknya satu laptop di rumah, dan sebagian besar juga membawa laptopnya ke mana pun mereka pergi. Bagaimana dengan Anda?

 

Kemudahan Membeli Laptop Secara Online

Barangkali Anda sudah memiliki laptop di rumah. Mungkin, Anda ingin menambah laptop lagi, atau mengganti yang lama dengan yang baru, atau memang belum memilikinya sama sekali, dan ini pertama kalinya Anda akan membeli laptop. Kalau dahulu, mungkin Anda memang harus datang ke tokonya untuk memilih laptop yang ingin dibeli. Anda harus melihat langsung produknya, untuk bisa tahu laptop mana yang sekiranya Anda butuhkan, dan menjadi pilihan Anda. Namun, sekarang tidak lagi.

Berkat kehadiran toko online, Anda bisa membeli laptop dengan mudah tanpa harus datang langsung ke tokonya. Pilihan produknya pun banyak dan Anda juga dapat memilih satu dari sekian banyak seri laptop yang ada. Namun, ini juga yang patut menjadi perhatian Anda. Sebab, laptop merupakan perangkat elektronik selayaknya investasi, yang akan Anda gunakan hingga kemudian hari. Jadi, Anda perlu selektif dalam memilih perangkat laptop yang paling tepat buat Anda gunakan. Untuk itu, mari simak tips-tips membeli laptop online berikut ini:

 

Menentukan Ukuran Laptop yang Sesuai

Pada dasarnya tidak ada laptop yang paling baik di antara semuanya. Maksudnya, semua laptop itu pasti unggul dengan spesifikasinya masing-masing. Namun, kalau Anda harus memilih satu, maka hal pertama yang perlu Anda perhatikan yakni ukuran laptop tersebut. Ukuran laptop sendiri bisa Anda ketahui berdasarkan bentang layar laptopnya. Umumnya, laptop yang paling standar memiliki ukuran layar selebar 11-13 inci. Laptop ini cocok untuk kegiatan sehari-hari, termasuk browsing internet, mendengarkan lagu, hingga menonton video streaming.

Namun, jika Anda memerlukan laptop untuk aktivitas yang lebih intens, seperti menyelesaikan pekerjaan kantor serta menikmati aktivitas main game yang sesungguhnya, maka lebih baik jika Anda menggunakan laptop yang lebih besar ukurannya, seperti 17 inci. Kelebihan laptop yang besar, selain layarnya melegakan, umumnya spesifikasinya juga lebih dioptimalkan lagi untuk mendukung performanya. Sementara, laptop berukuran kecil hingga sedang itu lebih portabel sehingga ringan dan mudah untuk dibawa ke mana saja.

 

Menentukan Desain Laptop yang Akan Dipakai

Benar bahwa kebanyakan laptop itu dirancang dengan desain yang tradisional, yakni model lipat biasa, dengan satu sisi untuk keyboard dan sisi satunya merupakan bagian layarnya. Namun, seiring perkembangan teknologi dan berkembangnya kebutuhan manusia modern, desain laptop juga mengalami revolusi. Muncul tablet sebagai penerus laptop, di mana perangkat ini hanya berupa layar sentuh saja, mirip dengan smartphone namun ukurannya lebih besar.

Selain tablet, ada pula laptop dengan desain transfomer, yang mana layarnya bisa dilepas dan digunakan secara terpisah. Jadi, Anda bisa memakainya sebagai laptop biasa, namun juga bisa melepas layarnya untuk menggunakannya sebagai tablet, yang lebih ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Menentukan desain laptop yang Anda gunakan ini penting, karena akan mempengaruhi kenyamanan Anda selama menggunakan perangkat Anda tersebut.

Maka dari itu, untuk mempertimbangkan desain laptop yang paling pas, Anda bisa mengingat-ingat kembali, kira-kira nanti laptopnya akan Anda gunakan untuk keperluan apa. Apakah Anda akan menggunakannya untuk bekerja, main game, atau sekedar menikmati hiburan. Jadi, laptop pilihan Anda memang sudah merupakan yang paling tepat, dengan model yang paling pas sesuai kebutuhan. Ini juga membantu menghindarkan Anda dari kekeliruan membeli laptop. Misalnya, Anda memerlukan perangkat untuk gaming, maka pilih laptop tradisional yang besar, dan bukan tablet yang paling ringan serta portabel.

 

Memilih Keyboard Laptop Ideal Menurut Anda

Karena rancangan desain laptop yang berbeda, maka tipe keyboard-nya pun biasanya juga bervariasi. Anda pun perlu memilih tipe keyboard yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tipe keyboard sendiri bisa dilihat berdasarkan bentuknya, kemudian tebal tipisnya, lalu apakah ada lampu pada keyboard-nya. Bagi sebagian orang, keyboard laptop juga penting untuk diperhatikan. Sebab, hal ini juga turut mempengaruhi kenyamanan mereka dalam menggunakan laptop, bisa jadi ini termasuk Anda.

Selain keyboard, Anda juga perlu memperhatikan jenis touchpad yang ada pada laptop tersebut. Apakah Anda menginginkan touchpad yang seluruhnya menggunakan sensor jari, atau Anda ingin touchpad yang juga dilengkapi tombol untuk klik kiri dan klik kanan, seperti mouse. Jadi, keyboard dan touchpad pada laptop mungkin terkesan seperti elemen yang sepele. Namun, sebenarnya ini penting untuk Anda perhatikan. Sebab, ini dapat mempengaruhi kenyamanan Anda selama menggunakan laptop.

 

Memeriksa Konektivitas yang Ada pada Laptop

Berbeda dengan komputer, laptop berukuran lebih kecil dan memiliki ruangan yang terbatas pada bodinya untuk menyediakan semua konektivitas yang biasanya Anda perlukan. Meskipun demikian, umumnya sebuah laptop sudah dibekali dengan fitur koneksi yang lengkap. Namun, ini juga tergantung pada ukuran laptop itu sendiri. Laptop yang lebih kecil biasanya tidak dilengkapi dengan CD-ROM, sehingga tidak bisa Anda gunakan untuk menginstal aplikasi yang harus memakai CD, atau menyetel DVD.

Sementara, laptop yang lebih besar ukurannya biasanya sudah dilengkapi dengan CD-ROM, jadi Anda bisa menggunakannya untuk membaca CD, VCD atau DVD. Sedangkan untuk fitur konektivitas lainnya yang umumnya terdapat pada laptop yakni USB port, HDMI, Bluetooth dan earphone jack. Semuanya itu biasanya sudah ada pada laptop dengan model dan ukuran apapun, karena merupakan spesifikasinya yang standar.

 

Mengecek Performa Berdasarkan Prosesor Hingga Baterainya

Jika Anda sudah memperhatikan bodi luarnya, maka kini waktunya mengecek performa laptop tersebut dari dalam. Umumnya, elemen penting yang perlu Anda pastikan untuk mengetahui performa laptop yakni prosesornya, seperti Intel Core yang digunakan, kemudian kapasitas RAM-nya, besar ruangan penyimpanan internalnya, hingga sistem operasinya. Umumnya, tipe laptop juga menentukan sistem operasi yang digunakannya.

Misalnya, laptop Apple menggunakan sistem operasi MacOS pada laptopnya yang biasa kita kenal dengan nama Mac. Sementara, laptop selain Apple umumnya menggunakan sistem operasi Microsoft Windows yang memang paling umum dipakai. Semuanya tidak dibatasi oleh aturan tertentu. Anda hanya perlu menyeleksinya sendiri dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain sejumlah indikator performa seperti yang sudah disebutkan, jangan lupa memastikan satu elemen lagi, yakni kapasitas baterai laptop tersebut. Ini membuat Anda tahu berapa lama laptop tersebut bisa dioperasikan dalam mode standby setelah di-charge.

 

Memilih Laptop Sesuai dengan Bujet yang Tersedia

Membeli laptop itu bebas saja sesuai dengan keinginan Anda. Apapun tipe laptopnya, bisa Anda sesuaikan dengan kesukaan Anda serta kebutuhan Anda. Lagipula, pilihan laptop yang ada di pasaran itu tidak terbatas. Apapun model laptop yang Anda cari, semuanya ada. Namun, seperti yang telah kita ketahui, ada beberapa hal penting yang perlu menjadi pertimbangan ketika Anda akan membeli laptop. Selain aspek-aspek yang telah disebutkan tadi, satu lagi hal yang perlu Anda perhatikan yakni menyesuaikan laptop dengan bujet yang sudah Anda persiapkan.

Hal ini akan membantu Anda dalam memilih tipe laptopnya juga. Anda jadi lebih cermat ketika memilih model laptop yang akan Anda beli. Jadi, meskipun Anda memperhatikan semua spesifikasinya mulai dari bodi hingga bagian internalnya, namun Anda tetap memilih laptop yang masih terjangkau dengan baik oleh bujet Anda. Ini baik serta dapat menguntungkan Anda, karena siapa tahu Anda bisa mendapatkan laptop yang harganya lebih murah, jadi sisa bujet yang ada bisa Anda pakai untuk membeli aksesori laptop lainnya, seperti mouse, mouse pad, earphone, sarung atau tas laptop pilihan Anda sendiri, dan sebagainya.

 

Cermat dan Teliti Saat Membeli Laptop Secara Online

Pada dasarnya, membeli laptop langsung di toko komputer atau toko elektronik, dan beli di toko online, itu keduanya sama saja. Bedanya, kalau membeli online, Anda memang akan merasa lebih santai, nyaman, dan tidak capek karena Anda bisa belanja dari rumah, kantor atau mana saja. Sedikit tipsnya untuk Anda yang akan membeli laptop online, yakni perhatikan foto produknya dengan baik.

Pastikan memperhatikan setiap detail laptopnya. Bila perlu, kalau Anda memang serius ingin membeli, Anda bisa meminta bantuan customer service online-nya untuk menunjukkan foto laptop yang asli sebelum Anda membayarnya, sebagai bukti bahwa kondisi laptopnya seratus persen baik. Jika bertanya-tanya, pastikan juga Anda tetap menjaga sopan santun, serta ucapkan terima kasih meskipun Anda belum jadi beli. Jadilah customer yang bijak agar bisa sama-sama saling menguntungkan dengan penjualnya.


Tag

TERBARU

×