kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Menciptakan Momen Liburan Menyenangkan Tanpa Beban


Rabu, 14 Agustus 2019 / 15:25 WIB

Menciptakan Momen Liburan Menyenangkan Tanpa Beban
ILUSTRASI. Tips menciptakan liburan menyenangkan tanpa beban

Kesibukan pekerjaan di kantor sering kali membuat Anda merasa jenuh dan membutuhkan waktu rehat. Memanfaatkan kuota cuti tahunan untuk berlibur tentu adalah pilihan yang tepat. Terlebih di Indonesia ada banyak destinasi liburan yang menarik untuk dieksplorasi. Agar liburan berjalan menyenangkan dan tanpa beban, sebaiknya persiapkan sejak jauh-jauh hari. Hal ini penting dilakukan agar seluruh kebutuhan liburan tersebut dapat dipenuhi dengan baik.

Liburan yang terencana dengan matang pun memudahkan Anda mengatur budget. Selain itu, Anda juga dapat memastikan bahwa kondisi keuangan pasca liburan tetap aman. Jadi, apa yang perlu dilakukan agar dapat menciptakan liburan menyenangkan tanpa beban?

Menentukan destinasi yang tepat

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum berlibur yaitu menentukan destinasi liburan yang tepat. Pilihan destinasi Anda sangat berpengaruh terhadap kualitas liburan yang akan didapatkan. Hindari memilih destinasi yang jauh ketika Anda hanya memiliki waktu cuti singkat. Jika memaksakan diri, maka liburan jadi tidak nyaman dan tergesa-gesa. Untuk itu, diperlukan riset yang matang sehingga Anda bisa menentukan destinasi liburan tepat sesuai dengan kebutuhan.

Beruntung saat ini Anda bisa melakukan riset secara online tanpa harus mendatangi destinasi langsung. Segala informasi terkait destinasi liburan Anda tersedia di internet secara detail dan lengkap. Jangan ragu membaca review yang diberikan oleh pengunjung sebelum Anda. Pertimbangkan testimoni yang diberikan agar Anda bisa membuat keputusan dengan benar. Pastikan juga informasi yang didapat bersifat akurat dan up-to-date dari situs terpercaya.

Menyusun itenerary

Setelah menemukan destinasi yang tepat, inilah saatnya Anda menyusun itenerary atau agenda perjalanan. Itenerary wajib dibuat jauh-jauh hari sebelum liburan dilaksanakan agar Anda dapat berlibur secara maksimal. Untuk menyusun itenerary, terlebih dulu tentukan durasi atau lama perjalanan liburan Anda. Kemudian buat daftar lengkap objek wisata atau tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Pastikan Anda menyesuaikan daftar tersebut dengan durasi liburan yang dimiliki.

Tidak kalah pentingnya, Anda perlu membagi destinasi-destinasi tersebut berdasarkan wilayahnya. Cara ini dilakukan agar perjalanan Anda bisa lebih efektif. Susun urutan destinasi dengan benar sesuai dengan rute perjalanan. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga serta tidak melewatkan satu pun tempat menarik yang ada di sana.

Siapkan anggaran dana yang dibutuhkan

Tentu saja, Anda juga wajib menyiapkan anggaran dana yang dibutuhkan untuk berlibur. Lakukan hal ini secara teliti, sehingga liburan berlangsung sesuai dengan budget yang dimiliki. Perhitungkan dengan tepat biaya-biaya yang Anda perlukan. Mulai dari tiket pesawat, akomodasi penginapan, biaya makan, transportasi selama liburan, belanja dan oleh-oleh, hingga tiket masuk objek wisata yang berbayar. Tambahkan juga anggaran untuk biaya tak terduga, minimal 20% dari seluruh uang saku Anda.

Pesan tiket sejak jauh hari

Apabila rencana liburan sudah matang, segera pesan tiket perjalanan yang Anda butuhkan. Lakukan pembelian tiket sejak jauh-jauh hari guna mendapatkan penawaran terbaik. Memesan tiket jauh hari juga memungkinkan Anda memanfaatkan promo potongan harga yang diberikan masing-masing maskapai penerbangan. Beberapa perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat, seperti Traveloka, bahkan telah menyediakan fitur canggih bernama Price Alert.

Fitur canggih ini akan membantu Anda mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang sesuai dengan budget, untuk tanggal keberangkatan dan destinasi yang diinginkan. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan batasan harga untuk sebuah penerbangan. Apabila tersedia tiket pesawat yang sesuai dengan budget dan rencana liburan, maka notifikasi pemberitahuan pun akan diberikan untuk Anda. Pemesanan tiket pesawat Batik Air, misalnya, bisa Anda lakukan melalui tautan berikut https://www.traveloka.com/batik-air.

Jangan lupakan dana cadangan!

Momen liburan akan semakin menyenangkan dan tanpa beban apabila Anda juga sudah menyiapkan dana cadangan. Ingat, masih ada kehidupan yang harus dijalani setelah berlibur. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak menghabiskan seluruh isi tabungan untuk berlibur. Dana cadangan penting dipersiapkan agar kebutuhan hidup tidak terganggu setelah pengeluaran biaya liburan tersebut.

Menciptakan momen liburan menyenangkan tanpa beban kini tidak lagi sulit. Dengan cara-cara yang disebutkan di atas, Anda bisa berlibur secara maksimal. Terlebih jika sudah merencanakan liburan sejak jauh-jauh hari. Pastikan untuk selalu mempercayakan perjalanan liburan Anda dengan fitur Price Alert Traveloka. Dapatkan penawaran harga terbaik demi liburan yang lebih menyenangkan.


Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0399 || diagnostic_web = 0.1506

Close [X]
×