kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,64   -3,77   -0.42%
  • EMAS948.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Nonton Netflix Sepuasnya Tanpa Takut Kehabisan Kuota, Ini 3 Tipsnya


Jumat, 26 Februari 2021 / 09:52 WIB
Nonton Netflix Sepuasnya Tanpa Takut Kehabisan Kuota, Ini 3 Tipsnya
ILUSTRASI. Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Menonton film dan serial drama masih menjadi aktivitas yang sangat populer dilakukan masyarakat ketika memiliki waktu luang. Bisa dilakukan dengan berbaring di kamar, kegiatan tersebut memang ampuh menemani waktu istirahat Anda sembari kembali menyegarkan pikiran.

Apalagi dengan adanya aplikasi Netflix yang mampu memfasilitasi penggunanya agar bisa menonton film, drama, dan serial apapun dengan praktis dan mudah. Cukup dengan smartphone dan koneksi internet, Anda bisa menikmati waktu santai sambil nonton Netflix sepuasnya.

Akan tetapi, karena menyuguhkan film dengan kualitas gambar yang jernih, kuota internet bisa sangat cepat tersedot saat digunakan untuk menonton Netflix. Hal ini mungkin tak jadi masalah bagi pengguna jaringan internet unlimited.

Bagi para penggunan internet rumahan tentu saja hal ini cukup wajar mengingat kuota internet yang tidak terbatas. Berbagi provider internet rumahan seperti Indihome, Biznet, MyRepublic, First Media tentu menjadi pilihan utama. Belum lagi sejak akhir tahun 2020 kemarin, masyarakat yang berlangganan paket Indihome sudah bisa menikmati layanan Netflix yang dahulu diblokir.

Namun, bagi Anda yang memiliki kuota pas-pasan, kuota internet bakal habis lebih dulu sebelum film selesai ditonton.

Alhasil, niat untuk Netflix and Chill pun menjadi berantakan dan mau tidak mau harus terhenti. Nah, agar situasi tersebut tidak sampai mendatangi Anda, ada beberapa solusi nih agar kuota internet bisa tetap hemat saat digunakan berlama-lama untuk Netflix. Penasaran apa saja?

1.   Tentukan Konsumsi Kuota Internet dengan Mengatur Kualitas Video dan Penggunaan Data

Saat menonton Netflix pengaturan kualitas video dilakukan secara otomatis dan berubah sesuai dengan kecepatan koneksi internet. Namun Anda bisa membatasi kualitas melalui pengaturan penggunaan data. Berikut langkah-langkahnya:

Dari browser web, buka halaman settingan Akun.

●     Kemudian pilih nama profil dari Profil & Kontrol Orang Tua.

●     Pilih Ubah pada bagian Pengaturan pemutaran.

●     Pilih pengaturan penggunaan data sesuai yang dibutuhkan.

●     Lalu simpan perubahan. Perubahan ini akan diterapkan dalam waktu kurang lebih 8 jam.

 

Yang pasti, semakin tinggi kualitas gambar yang dipilih, semakin nyaman pula film untuk ditonton dan tidak cepat membuat mata kelelahan. Pengalaman menonton Netflix pun dapat terasa lebih menyenangkan dan memuaskan.

Akan tetapi, di sisi lain, memilih kualitas video yang tinggi berarti konsumsi kuota internet juga akan menjadi lebih tinggi. Sebagai contoh, saat menonton Netflix dengan kualitas yang rendah atau 360p, kuota internet akan berkurang sebanyak 300an MB setiap jamnya.

Sedangkan jika menggunakan kualitas yang paling tinggi, dengan resolusi Ultra HD, per jamnya kuota yang terkuras mencapai 7 GB. Oleh karena itu, jika sedang ingin menghemat kuota internet, pilih saja kualitas video dengan resolusi yang paling rendah atau yang setidaknya nyaman dilihat oleh mata.

Untuk alternatif lain, Anda bisa memanfaatkan paket internet dengan kuota khusus aplikasi Netflix. Contohnya seperti paket internet Telkomsel Maxstream, Netflix & Xtra Combo VIP dari XL atau Kuota Apps DiRumahAja dari Indosat.

2.   Pilih Jaringan Internet yang Bisa Digunakan

Cara kedua untuk menghemat kuota internet saat asyik menonton Netflix ini mungkin jarang diketahui oleh penggunanya. Sebagai aplikasi streaming film, Netflix menyadari jika konsumsi kuota dari layanannya cukup besar. Sehingga dapat membuat penggunanya enggan untuk memakai layanannya ketika sedang tidak terhubung ke koneksi internet Wi-Fi dengan kuota internet tak terbatas.

Nah, untuk mengakalinya, Netflix menyediakan fitur Cellular Data Usage yang berguna untuk mengatur penggunaan internet penggunanya. Terdapat 4 jenis pengaturan yang disediakan oleh Netflix, yaitu Automatic, Wi-Fi Online, Save Data, dan Maximum Data.

Untuk jenis Automatic, sistem aplikasi akan secara otomatis menyesuaikan resolusi atau kualitas video dengan jumlah kuota yang diperlukan. Saat berada pada mode ini, Anda bisa menonton film hingga 4 jam lamanya dan hanya menghabiskan kuota sebanyak 1 GB saja.

Sedangkan untuk mode Wi-Fi Only, Netflix hanya akan terhubung saat perangkat terhubung ke jaringan tersebut. Dalam kata lain, kuota dari paket data internet tidak akan berkurang sama sekali karena tidak adanya koneksi apapun dari Netflix.

Selanjutnya, mode Save Data adalah nama lain dari mode data saver atau hemat data. Lebih hemat, waktu nonton Netflix selama 6 jam hanya akan memakan kuota internet sebanyak 1 GB saja. Jadi, pastikan untuk mengaktifkan pengaturan ini jika ingin kuota hemat.

Terakhir, sesuai namanya, Maximum Data adalah mode yang sebaiknya digunakan saat terhubung ke jaringan dengan kuota tanpa batas. Pasalnya, pada mode ini, konsumsi kuota internet Netflix bisa mencapai 1 GB setiap 1 jamnya. Artinya, jangan pernah menggunakan mode ini saat menggunakan paket data untuk streaming Netflix. 

3.   Download Dulu Video Netflix dan Tonton di Lain Waktu

Puas nonton Netflix tanpa kehilangan kuota sama sekali? Hal ini ternyata bukanlah isapan jempol belaka. Sebab, Anda bisa mengunduh film yang tersedia di platform Netflix terlebih dahulu dan baru menontonnya belakangan.

Jadi, saat terhubung ke jaringan internet Wi-Fi unlimited, Anda dapat memilih film atau serial yang ingin diunduh dan menikmatinya di lain waktu. Dengan begitu, Anda bisa sepuasnya bersantai sambil melihat film kesukaan tanpa kepikiran kuota akan cepat habis.

Nggak Bakal Bosan di saat Senggang dengan Netflix

Netflix memang seringkali dijadikan pelarian di saat tidak memiliki aktivitas atau sekadar mengisi waktu luang. Namun, keterbatasan kuota internet juga seringkali menjadi penghambat untuk bisa menikmati momen santai dengan menonton aplikasi tersebut. Nah, solusinya, Anda bisa melakukan 3 tips di atas agar Netflix bisa selalu menemani quality time Anda.


Tag

TERBARU

×