kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Panduan Menyusun Anggaran Liburan ke Bali di Akhir Tahun


Rabu, 14 Agustus 2019 / 15:28 WIB

Panduan Menyusun Anggaran Liburan ke Bali di Akhir Tahun
ILUSTRASI. Menyusun anggaran menjadi hal wajib yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk berangkat traveling ke Bali di akhir tahun.

Akhir tahun memang menjadi saat paling tepat untuk berlibur dan berkumpul dengan keluarga, di mana Bali menjadi destinasi tujuan favorit. Di waktu ini, Bali akan penuh dengan wisatawan baik lokal maupun asing. Jika Anda ingin menjadi salah satu yang ingin menghabiskan akhir tahun di Bali, jangan lupa untuk membuat anggaran biaya perjalanannya supaya tidak membuat kantong jebol. Yuk langsung saja simak panduan membuat anggaran liburan ke Bali di akhir tahun. 

Tentukan tujuan wisata selama di Bali

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat menyusun anggaran liburan ke Bali di akhir tahun adalah menentukan destinasi tujuan. Bisab erupa  pantai, pasar seni, pura, desa adat, dan destinasi lainnya. Buatlah sebuah daftar yang menunjukkan nama tempat wisata, lokasi, dan biaya tiket masuknya. Setelah itu, hitung berapa biaya yang sekiranya akan dihabiskan jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Sebagai tips karena Anda akan pergi di akhir tahun, hindari tempat-tempat wisata yang sudah bisa dipastikan akan penuh oleh pelancong. Misalnya saja, pantai dan pasar seni. Anda bisa memilih tempat-tempat lain yang tidak terlalu menjadi destinasi favorit wisatawan seperti Munduk, Balian, dan Sidemen. Jika memungkinkan, pilihlan destinasi wisata di lokasi yang berdekatan untuk menghemat ongkos perjalanan dan waktu.

Cek harga tiket penerbangan

Hal kedua yang harus dilakukan saat membuat rencana anggaran liburan adalah booking tiket. Anda bisa melakukannya beberapa minggu atau bahkan bulan sebelum keberangkatan. Gunakan situs penyedia layanan perjalanan seperti Traveloka dan cek harga tiket penerbangan Jakarta Denpasar. Anda bisa klik di sini.

Sebagai informasi, kini Traveloka menyediakan fitur Price Alert yang akan memberikan notifikasi saat ada harga tiket penerbangan yang Anda inginkan. Tentukan harga maksimal untuk tiket penerbangan yang diinginkan dan biarkan Traveloka mencarikannya untuk Anda.

Pilih harga penginapan yang sesuai

Hal ketiga yang harus disiapkan dalam pembuatan anggaran liburan adalah biaya penginapan. Hal ini memang sedikit tricky. Mengingat, akan banyak penginapan yang full booked di akhir tahun dan harganya pun akan melambung. Untuk menyiasatinya, Anda bisa book penginapan beberapa bulan atau minggu sebelum berangkat di akhir tahun.

Tipsnya, carilah penginapan, entah itu hotel, hostel, vila, atau guest house yang dekat dengan rute destinasi perjalanan Anda selama di Bali. Carilah penginapan dengan harga yang sesuai bujet dan masih masuk akal untuk harga akhir tahun. Anda mungkin akan menemukan banyak penginapan yang penuh. tapi jika dilakukan sejak jauh-jauh hari maka Anda bisa menemukan satu yang cocok.

Tentukan anggaran makan selama liburan

Selesai dengan detinasi, penerbangan, dan penginapan, hal keempat yang harus dilakukan saat menyusun anggaran liburan adalah menentukan biaya untuk makan. Biasanya, anggaran makan ini bisa lebih besar daripada penginapan atau bahkan penerbangan jika Anda tidak bisa berhemat, terlebih Bali ramai di akhir tahun. Bukan tidak mungkin harga makanan akan ikut naik.

Oleh sebab itu, Anda bisa survei dulu harga-harga makanan di restoran Bali saat akhir tahun. Bila ingin berhemat, pilihlah tempat makan dengan harga yang lebih terjangkau. Anda juga selalu bisa memasak sendiri di dapur penginapan jika ingin menghemat biaya makan. Namun jika Anda tidak masalah dengan harga makanan, tetap tentukan berapa biaya makan yang akan dihabiskan dalam satu hari.

Siapkan biaya untuk oleh-oleh

Sulit mengunjungi Bali tanpa membawa oleh-oleh saat kembali. Oleh sebab itu, hal kelima yang harus Anda masukkan dalam anggaran liburan adalah biaya oleh-oleh. Tentukan berapa biaya yang akan dihabiskan untuk membeli buah tangan. Jangan sampai kalap dan menghabiskan anggaran liburan hanya pada biaya oleh-oleh.

Bali sendiri memiliki beberapa tempat yang bagus untuk membeli oleh-oleh. Jika Anda bosan dengan pusat oleh-oleh yang itu-itu saja, maka carilah beberapa rekomendasi lain. Anda mungkin akan terkejut jika di Bali ada tempat murah untuk membeli oleh-oleh!

Pada akhirnya, membuat anggaran liburan tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Price Alert dari Traveloka untuk mendapatkan tiket penerbangan terbaik Anda!

 


Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0012 || diagnostic_api_kanan = 0.0397 || diagnostic_web = 0.1690

Close [X]
×