kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Bergejolak, Eastspring Yakin Makroekonomi Indonesia Masih Baik


Jumat, 13 Juli 2018 / 13:47 WIB
Pasar Bergejolak, Eastspring Yakin Makroekonomi Indonesia Masih Baik
Tampak dari kiri ? kanan ; Alan T Darmawan, Presiden Direktur Eastspring Investments Indonesia, Ari

Reporter: Sponsored | Editor: Indah Sulistyorini

Jakarta, 4 Juli 2018 - Eastspring Investments Indonesia (“Eastspring”), salah satu manajer  investasi terbesar di Indonesia kembali menggelar acara market update bagi rekan media. Acara tersebut sekaligus merupakan ajang halal bihalal untuk mempererat hubungan yang telah terjalin baik selama ini.

Dalam acara tersebut, Eastspring menyajikan business update sekaligus informasi dan pandangan perusahaan mengenai kondisi pasar global dan lokal terkini serta bagaimana menyikapi dinamika ekonomi tersebut untuk menentukan strategi dan keputusan investasi. Sebagai bagian dari grup Prudential dengan keahlian dan pengalaman global, Eastspring berkomitmen untuk terus berbagi informasi pasar terkini kepada nasabah dan pemangku kepentingan di pasar modal.

Ari Pitojo, CFA, Chief Investment Officer Eastspring Indonesia, mengatakan bahwa koreksi yang terjadi di pasar saham dan obligasi selama beberapa bulan belakangan ini merupakan sebuah konsekuensi akibat terjadinya kenaikan suku bunga the Fed yang lebih cepat karena pemulihan ekonomi di Amerika Serikat (AS) sekaligus timbulnya ketegangan geopolitik seperti perang dagang antara AS dan China. Naiknya suku bunga di AS yang merefleksikan kebangkitan perekonomian AS, menimbulkan risiko kembalinya dana investasi asing ke AS dan menekan nilai tukar Rupiah.

Namun demikian perlu diingat bahwa kondisi makroekonomi Indonesia sendiri secara keseluruhan masih dalam kondisi yang baik. Ekonomi Indonesia terus mengalami perbaikan, ekonomi tumbuh sebesar 5,06% di kuartal 1 tahun 2018. Pada tahun 2018, pasar memperkirakan ekonomi akan tumbuh sebanyak 5,3% yang ditopang oleh sektor konsumsi dan investasi. Pilkada serentak,diperkirakan akan menambah kontribusi pertumbuhan ekonomi sebesar 0,2% ke ekonomi. Inflasi juga cenderung terkendali di kisaran batas Bank Indonesia yaitu 3% sampai 5%. Ditambah dengan support BI untuk menjaga stabilitas ekonomi dengan menaikkan 7DRR sebanyak total tiga kali pada bulan Mei dan Juni untuk menjaga stabilitas Rupiah.

 “Sebagai manajer investasi yang telah melayani nasabah Indonesia dan berinvestasi di pasar Indonesia lebih dari satu dasawarsa, Eastspring telah melewati berbagai siklus perekonomian termasuk seperti yang terjadi saat ini. Dengan keahlian dan pengalaman Eastspring yang telah teruji serta dukungan grup perusahaan dan akses ke pasar global, kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi para nasabah dalam berbagai siklus perekonomian sebagaimana yang telah kami lakukan selama ini”, ungkap Alan T. Darmawan, Presiden Direktur Eastspring Indonesia.

Meskipun terjadi koreksi pasar saham dan obligasi, dana kelolaan Eastspring Indonesia per 29 Maret 2018 mencapai angka  lebih dari Rp 84,35 triliun, hanya turun kurang dari 1% dibandingkan 29 Desember 2017. Ini semakin mengukuhkan posisi Eastspring Indonesia sebagai salah satu manajer investasi terbesar di tanah air. 

Di tingkat Asia, Eastspring Investments dinobatkan sebagai Asia Fund House of the Year selama 3 tahun (2015, 2017 dan 2018) dalam ajang Asian Investor’s Asset Management Awards. Total dana kelolaan Eastspring Investments mencapai lebih dari US$ 188 miliar per 31 Desember 2017.

Tentang PT Eastspring Investments Indonesia

PT Eastspring Investments Indonesia (“Eastspring Indonesia”) adalah salah satu perusahaan manajer investasi terbesar di Indonesia dengan dana kelolaan mencapai lebih dari Rp 84 triliun per 29 Maret 2018, meliputi reksa dana dan discretionary fund. Dengan didukung oleh profesional yang berkualitas dan berpengalaman di bidang manajemen investasi dan reksa dana, Eastspring berkomitmen penuh untuk menyediakan jasa keuangan berkualitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan investasi nasabah.

Sejak memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada bulan April 2012, Eastspring telah menerbitkan 8 (delapan) produk reksa dana, yaitu 2 (dua) reksa dana saham, 3 (tiga) reksa dana pendapatan tetap, 1 (satu) reksa dana pasar uang dan 2 (dua) reksa dana syariah. Produk reksa dana Eastspring dipasarkan oleh mitra-mitra distribusi terkemuka seperti CTBC Indonesia, DBS Indonesia, HSBC, Mandiri Sekuritas, Phillip Sekuritas Indonesia, Bank Permata, dan Standard Chartered Bank.

Eastspring Indonesia berkomitmen untuk terus mengembangkan industri keuangan dan pasar modal Indonesia dengan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan edukasi antara lain melalui program Eastspring Tour De Campus yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013. Dalam program tersebut, Eastspring Indonesia melakukan kunjungan ke berbagai universitas dan menggelar seminar edukasi investasi serta peluang karir di pasar modal, antara lain di Universitas Andalas Padang, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Lampung, Universitas Bina Nusantara, Universitas Udayana, STIE Ekuitas Bandung dan President Univesity.  Selain itu, Eastspring Indonesia juga aktif menerbitkan berbagai publikasi mengenai investasi bagi nasabah, media dan publik yang dapat secara mudah diakses di situs https://www.eastspring.com/id/.

Tentang Eastspring Investments

Eastspring Investments adalah perusahaan manajer investasi terkemuka di Asia yang mengelola dana mecapai lebih dari USD 188 miliar per 31 Desember  2017, baik bagi nasabah retail maupun institusi.  Beroperasi di Asia sejak tahun 1994, Eastspring Investments adalah bisnis aset manajemen Prudential plc1 di Asia. Eastspring Investments beroperasi di 10 pasar utama Asia yaitu Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Vietnam, Indonesia, China dan India ditambah beberapa kantor di Amerika Utara dan Eropa.

Eastspring Investments dinobatkan sebagai Asia Fund House of the Year selama tiga tahun (2015, 2017 dan 2018) dalam AsianInvestor Asset Management Awards.

Eastspring Investments menyediakan solusi investasi di berbagai kelas aset termasuk: ekuitas, pendapatan tetap, global asset allocation, infrastructure dan alternatives. Tim investasi Eastspring Investments adalah spesialis dalam bidangnya masing-masing, yang didukung oleh sumber daya global yang tersedia melalui hubungan Eastspring Investments dengan Prudential plc dan berkomitmen untuk bertindak terbaik demi kepentingan klien serta memberikan hasil investasi yang optimal dalam jangka panjang. Informasi lainnya dapat diperoleh di eatspring.com.

1Prudential plc yang didirikan sebagai perusahaan yang berpusat di Inggris, serta perusahaan afiliasinya merupakan salah satu grup penyedia jasa keuangan yang terkemuka dan telah berkiprah selama lebih dari 160 tahun. Prudential plc menyediakan jasa asuransi serta keuangan baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan serta usaha afiliasinya diseluruh dunia. Prudential plc tidak terafiliasi dengan Prudential Financial Inc, suatu perusahaan yang berdomisili usaha di Amerika Serikat.

INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. CALON PEMODAL WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN KINERJA MASA DATANG. PT EASTSPRING INVESTMENTS INDONESIA ADALAH LEMBAGA MANAJER INVESTASI YANG TELAH MEMILIKI IZIN USAHA, TERDAFTAR DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK).

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Corporate & Marketing Communications

PT Eastspring Investments Indonesia

Phone           : +62 21 2924 5555, Fax: +62 21 2924 5566

Email :  client.communications@eastspring.com                                        

Website: www.eastspring.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×