kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45764,61   -6,06   -0.79%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Pentingnya Pengetahuan Seputar Masker Anti Virus Bagi Banyak Orang


Kamis, 05 Maret 2020 / 16:12 WIB
Pentingnya Pengetahuan Seputar Masker Anti Virus Bagi Banyak Orang

Reporter: Tim KONTAN | Editor: indah sulistyorini

Cuaca ekstrem menimbulkan berbagai macam penyakit bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh. Mulai dari penyakit yang ringan hingga yang berbahaya semuanya bisa saja menjangkit tubuh dan membuat aktivitas menjadi terganggu. Hal yang paling umum adalah biasanya penyakit tertular melalui sebuah virus dan sering kali berhasil berpindah karena adanya udara yang kotor atau interaksi antara sesama manusia. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah pelindung yang tetap nyaman digunakan bahkan ketika dalam aktivitas yang padat, salah satunya adalah masker.  Keberadaan masker memang sangat membantu terlebih bagi penyakit-penyakit yang ditularkan melalui virus maka membutuhkan perlindungan efektif dari udara kotor.

 

Masker anti virus memiliki daya perlindungan cukup efektif dan mampu mencegah virus-virus masuk ke dalam tubuh. Tentunya dengan catatan Anda selalu menjaga tubuh tetap sehat dan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara penggunaan masker yang benar karena setiap bagian sisinya memiliki fungsi tersendiri. Sebab, terkadang masih banyak orang yang menggunakan masker dalam posisi yang salah. Maka dari itu sebaiknya Anda memperhatikan bagaimana cara menggunakan masker yang benar serta rekomendasi masker yang yang bagus untuk digunakan.

Rekomendasi Masker Anti Virus Terbaik

Setelah mengetahui beberapa tip yang tepat untuk memilih masker, Anda bisa langsung saja menyimak sejumlah rekomendasi masker berikut ini. dibandingkan merek-merek lainnya, masker-masker berikut ini lebih memberikan tingkat perlindungan maksimal kepada para penggunanya.

Sensei

Masker yang pertama adalah Sensei yang memberikan perlindungan efektif terhadap paparan debu atau polusi udara yang mencoba masuk ke dalam tubuh lewat saluran pernapasan. Teksturnya yang lembut terdiri dari tiga lapis yang tentunya memberikan tingkat kenyamanan kepada siapa saja yang menggunakannya. Pada bagian belakangnya sudah dilengkapi dengan karet sehingga Anda hanya tinggal menyelipkannya pada bagian belakang telinga.

CK-Bandana

Menggunakan bahan spandex, masker satu ini tidak dilengkapi dengan jahitan sehingga teksturnya tetap lembut dan tidak akan menyakiti wajah. Seperti namanya, masker ini memang memiliki konsep multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi. Beberapa diantaranya adalah slayer, penutup kepala, syal, dan tentunya sebagai masker. Tingkat perlindungan yang diberikan sangat efektif bahkan hingga membuat debu tidak bisa masuk.

Inone

Memiliki desain yang comfy, Inone hadir dengan gayanya yang sederhana. Masker ini memang didesain sebagai masker kesehatan yang memiliki tingkat perlindungan maksimal terhadap wajah dan bagian kepala. Materialnya menggunakan bahan jaring elastis sehingga bisa Anda pindahkan sesuai dengan keinginan. Ketika Anda memiliki aktivitas di luar rumah sebaiknya gunakan saja masker wajah kesehatan satu ini.

Bowin

Mungkin sebagian orang belum terlalu familiar dengan jenis masker wajah satu ini. Padahal, tingkat perlindungan yang diberikan mencapai 95 persen sangat maksimal menjaga debu dan kotoran tidak masuk ke dalam tubuh. Pada dasarnya masker ini didesain untuk para pengguna transportasi umum, praktisi kesehatan, dan juga para pejalan kaki. Masker ini tak hanya mampu memfilter debu saja, tetapi juga bau tidak sedap, asap rokok, dan polusi udara.

Nexcare

Nexcare memberikan perlindungan dari debu dan polusi sekaligus virus-virus yang sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Pada bagian kainnya terdapat lapisan carbon active yang memang berfungsi untuk melindungi adanya partikel kecil maupun besar masuk ke dalam tubuh atau sistem pernapasan. Anda bisa menggunakan masker ini dalam area berdebu atau ketika menjalankan aktivitas di luar ruangan.

Ketahui Tips Memilih Masker yang Benar

Pada dasarnya, masker yang berfungsi untuk anti virus sudah diperkaya dengan lapisan penyaring debu yang tebal sehingga bisa ampuh dalam memberikan perlindungan. Keberadaan masker yang beredar di masyarakat memang sudah banyak jenisnya, tetapi Anda harus tetap selektif dalam memilih yang paling tepat. Berikut ini terdapat tip yang bisa digunakan untuk memilih masker dengan benar.

Pilih Sesuai Pemakaian

Secara umum setiap masker sudah dilengkapi dengan perlindungan ekstra terhadap debu dan virus. Namun, terdapat dua jenis perbedaan pemakaian yang ditandai dengan huruf D dan R. Untuk huruf D tandanya masker tersebut hanya berfungsi sekali pakai dan harus membuangnya ketika sudah selesai digunakan. Lalu untuk yang memiliki tanda huruf R memiliki makna jika bisa digunakan berulang kali. Anda bisa memilih diantara kedua tanda tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Pilih Sesuai Lingkungan

Sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui jika masker memiliki beberapa tanda yang menjadi pembeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk lingkungan kerja, terdapat dua tipe masker yang bisa dipilih, yakni liquid dan solid dust. Liquid memungkinkan penggunanya untuk berada dalam lingkungan lembab atau yang berkabut, sedangkan solid dust memungkinkan penggunanya berada pada lingkungan yang terkontaminasi debu, mulai halus hingga padat.

Perhatikan Bagian Saringan

Biasanya, pada bagian kemasan akan terdapat informasi mengenai tingkat filtrasi yang dimiliki oleh masker tersebut. Tentunya setiap masker memiliki tingkat filtrasi yang berbeda-beda, tergantung pada jenis dan mereknya. Namun, yang terpenting, Anda harus memilih masker dengan tingkat filtrasi yang tinggi karena akan lebih memberikan perlindungan yang maksimal terhadap wajah.

Pastikan Pas dengan Wajah Anda

Pemilihan masker berdasarkan bentuk wajah juga sangat penting karena Anda juga perlu memperhatikan penampilan. Meskipun secara umum masker memiliki bentuk yang berstandar internasional, tetap saja jika dalam pemakaiannya terdapat celah akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam penggunaannya. Terlebih terkadang masih banyak produsen yang menjual produknya secara handmade dengan ukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu penting untuk menyesuaikannya dengan bentuk wajah Anda.

Perhatikan Pengaitnya

Selain memiliki perbedaan dalam tingkat filtrasinya, masker juga memiliki model pengait yang berbeda-beda. Biasanya, model pengait inilah yang akan mempengaruhi tingkat kenyamanan ketika sedang menggunakan masker tersebut. Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis kegiatan yang dilakukan. Jika berhubungan dengan masalah kesehatan, maka sangat disarankan untuk menggunakan pengait yang diselipkan pada telinga. Namun, jika memang kegiatan Anda berhubungan langsung dengan terjun di lapangan, maka gunakan masker dengan pengait bertali.

Lihat Informasi Pada Kemasan

Melihat informasi mengenai masker pada bagian kemasan menjadi salah satu hal yang dapat membantu Anda untuk bisa menemukan masker yang benar-benar tepat. Biasanya, pada bagian kemasan akan terdapat informasi mengenai bahan, fungsi, dan juga cara pemakaian yang tepat. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan informasi-informasi kecil lainnya yang sebenarnya sangat penting untuk diketahui, misalnya tipe dan jenis masker. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika masker memiliki dua tipe, yakni sekali pakai dan berkali-kali pakai. Dengan memperhatikan semua informasi yang ada, Anda pasti mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Cara Menggunakan Masker dengan Baik dan Benar

Maraknya wabah virus yang sedang terjadi akhir-akhir ini menjadikan masyarakat menjadi lebih sadar dan peduli akan kesehatannya. Salah satu wujud kepedulian yang dilakukan adalah dengan menggunakan masker wajah yang anti virus. Namun, yang menjadi masalah adalah terkadang masih banyak orang yang belum mengetahui cara menggunakan masker dengan baik dan benar. Oleh karena itu, berikut ini terdapat cara mudah menggunakan masker yang baik dan benar.

Pastikan Tangan Bersih Sebelum Memasangnya

Ketika masker tersebut masih berada di dalam plastik, maka pastinya dalam kondisi yang steril. Maksudnya, masker tersebut belum terkontaminasi oleh kotoran atau debu apapun. Untuk menjaga kesterilannya, Anda perlu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya. Mencuci tangan di sini bisa dilakukan menggunakan hand sanitizer yang sudah banyak beredar di masyarakat. Hal tersebut sangat penting karena nantinya masker tersebut pasti akan dipasang pada wajah Anda dan memberikan perlindungan.

Kenali Bagian Masker dengan Tepat

Setiap masker memiliki bagian-bagian tertentu yang harus diketahui oleh setiap penggunanya. Pada dasarnya, setiap masker dibekali oleh dua bagian penting, yakni menyerap air dan anti air. Sisi bagian luar memiliki warna biru karena merupakan bagian untuk menyerap debu sedangkan sisi bagian dalam memiliki warna yang lebih terang karena memang berfungsi untuk menyerap air. Seperti misalnya ketika Anda sedang batuk maka ludah yang keluar akan diserap oleh masker.

Perhatikan Batang Masker

Yang dimaksud bagian batang adalah pengganjal yang terdapat di sisi atas masker. Jika dirasakan secara teliti, Anda pasti akan melihat batang berupa kawat tipis yang terdapat pada sisi atasnya. Jika memang sudah diposisikan pada sisi atas, berarti Anda sudah memakainya dengan benar, dalam artian tidak terbalik. Namun, jika batang tersebut berada di bagian bawah maka tidak akan bisa menjalankan fungsinya sebagai penekan hidung. Faktanya, banyak orang yang masih salah dalam pemasangan masker satu ini.

Mencuci Tangan Setelah Melepas Masker

Kebanyakan persepsi orang salah jika menganggap masker merupakan benda yang selalu bersih. Faktanya, ketika Anda selesai menggunakannya untuk aktivitas di luar ruangan, ada banyak debu, kotoran, dan bahkan virus yang menempel. Maka dari itu, ketika selesai melepas masker, setiap penggunanya wajib untuk mencuci tangan agar tidak bakteri atau virus tersebut tidak menempel di tangan. Terlebih jika setelahnya Anda memakan sesuatu menggunakan tangan, tentunya harus selalu mencuci tangan terlebih dahulu.

Pentingnya Penggunaan Masker Anti Virus

Semua orang pasti mengetahui jika penyebaran virus lebih cepat dibandingkan penyebaran udara kotor. Hal ini karena virus tidak memiliki dinding sehingga pergerakannya lebih bebas dan cepat. Salah satu pencegahan utama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker yang bisa menangkal datangnya virus pada tubuh. Tentunya, Anda pasti akan memilih masker-masker yang memang sudah terjamin dan memiliki kualitas perlindungan maksimal sehingga merasa aman dan nyaman ketika mengenakannya. Saking pentingnya penggunaan masker untuk menjaga kesehatan, ada banyak manfaat yang nantinya bisa diperoleh.

Saat menjalankan aktivitas di luar ruangan, ada banyak kendala yang mungkin saja dihadapi, salah satunya adalah polusi serta udara kotor yang tidak sehat. Jika Anda memilih masker dengan tepat, partikel-partikel yang kecil bahkan yang memiliki ukuran di bawah 10 PM bisa disaring secara maksimal sehingga tidak akan menimbulkan penyakit masuk dalam tubuh. Hal ini tentunya sangat berguna terutama ketika maraknya kemunculan virus yang baru-baru ini terjadi. Maka dari itu pastikan untuk selalu menggunakannya di dalam maupun di luar ruangan.


Tag

TERBARU

×