kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringati Hari Jadi Sumedang ke-445, Djiwa Tangguh Meriahkan Kirab Mahkota


Senin, 15 Mei 2023 / 19:15 WIB
Peringati Hari Jadi Sumedang ke-445, Djiwa Tangguh Meriahkan Kirab Mahkota
ILUSTRASI. Kontan - PT NOJORONO TOBACCO INTERNATIONAL Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Jakarta, 11 Mei 2023 — Indonesia merupakan negara dengan beragam kekayaan suku dan kebudayaan. Warisan leluhur yang menjunjung tinggi kearifan lokal, budaya, dan tradisi selayaknya harus tetap dilestarikan. Seperti Kirab Panji dan Mahkota misalnya, sebuah tradisi rutin yang digelar setiap tahunnya oleh Keraton Sumedang Larang. Tahun ini, tepatnya di bulan Mei, acara Kirab Mahkota dan Panji Keraton Sumedang Larang digelar bersamaan dengan momen perayaan hari ulang tahun Kota Sumedang yang ke-445.

Sebagai salah satu wadah yang senantiasa berkolaborasi di tengah keberagaman budaya lokal sejak tahun 2017, Djiwa Tangguh turut serta dalam kegiatan budaya Semarak Djiwa Tangguh — Kirab Mahkota & Panji 2023. Hal ini menjadi salah satu perwujudan misinya membangun kemajuan sosial budaya hingga ekonomi. Acara yang digelar di Subang pada tanggal 11 hingga 14 Mei 2023 ini merupakan sebuah acara interaktif yang menyapa langsung para Pejuang Djiwa Tangguh, —panggilan hangat bagi seluruh pejuang kemajuan sosial budaya dan ekonomi di Nusantara. Selain sebagai wadah kegiatan untuk pelestarian warisan leluhur yang menjunjung tinggi kearifan lokal, Djiwa Tangguh juga memiliki ambisi untuk mengenalkan ragam budaya khas Indonesia kepada Pejuang Tangguh muda, sehingga keindahan budaya tanah air akan terus lestari kedepannya. Semarak Djiwa Tangguh Kirab Mahkota & Panji dikemas dengan berbagai rangkaian acara hiburan, diantaranya Teatrikal Penyambutan Mahkota Padjajaran di Sumedang Larang, Penampilan Angklung Buncis, hingga penampilan Wayang Golek yang dibawakan oleh Dalang Dadan Sunandar Sunarya dari Putra Giri Harja 3 sebagai hiburan kesenian wayang golek khas Jawa Barat.

Kontan - PT. Nojorono Tobacco International Seremonia online

Kemeriahan acara yang digelar selama lima hari ini, berlangsung tertib dan disambut antusias oleh masyarakat Sumedang dan sekitarnya. Sahat Panjaitan selaku Representasi Djiwa Tangguh menuturkan, bahwa acara Kirab Mahkota merupakan sebuah tradisi temurun yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat Jawa Barat, khususnya warga Kabupaten Sumedang. Kirab Mahkota & Panji tahun ini bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Sumedang, sehingga acara sakral ini sekaligus dibalut sukacita bagi masyarakat layaknya pesta rakyat. “Kami haturkan terima kasih kepada warga Kabupaten Sumedang atas kesempatan yang diberikan kepada Djiwa Tangguh, untuk turut memeriahkan hari jadi Kabupaten Sumedang yang ke-445. Tentunya Djiwa Tangguh berharap misi pelestarian budaya lokal terus didukung dan diterima menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Sumedang dan sekitarnya,” ungkap Sahat.

Kontan - PT NOJORONO TOBACCO INTERNATIONAL Seremonia Online

Sahat menambahkan, “Kelestarian warisan budaya lokal, tentunya tidak terlepas dari dukungan masyarakatnya. Djiwa Tangguh sebagai wadahnya akan terus berupaya mengenalkan ragam budaya khas Indonesia kepada Pejuang Tangguh muda. Sehingga keindahan budaya tanah air akan terus lestari, dan dikenal hingga ke generasi muda baru kedepannya,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×