kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45838,94   8,78   1.06%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Perlu Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10


Selasa, 29 Juni 2021 / 18:00 WIB
Perlu Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10

Reporter: Adv Team | Editor: indah sulistyorini

Redmi Note 10 dirilis secara resmi pada awal bulan Maret tahun 2021 yang lalu secara global dan masuk pasar Indonesia pada 30 Maret 2021.

Menyasar pasar entry level dengan harga mulai dari Rp2,3 juta jika dicek melalui website Blibli.com, tak heran banyak yang tertarik memiliki ponsel yang satu ini. Apakah Anda juga tertarik dengan ponsel ini?

Sebelum memutuskan apakah membeli ponsel ini atau ganti ke model lainnya, yuk ketahui terlebih dahulu kelebihan dan juga kekurangan ponsel Redmi Note 10 ini.

Kelebihan Ponsel Pintar Redmi Note 10

1. Sudah Pakai Layar AMOLED

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, layar Redmi Note 10 ini mengalami penurunan ukuran yaitu menjadi 6.43 inchi. Namun secara keseluruhan dari sisi aspek tampilan layarnya, ponsel ini telah mengalami peningkatan. Salah satunya yaitu menggunakan teknologi AMOLED Dot Display sehingga layarnya menghasilkan kontras dan kecerahan yang lebih baik serta konsumsi daya yang lebih hemat.

Layar dari ponsel ini memiliki rasio layar ke body sebesari 83.5%. Selain itu ponsel Redmi Note 10 juga dibekali dengan tingkat pencahayaan yang lebih baik yaitu HBM 700 nit dan juga 1100 nit. Sehingga jika ponsel ini digunakan diluar ruangan dan layarnya terkena sinar matahari langsung maka tidak akan terasa silau.

Ponsel ini juga memiliki rentang warna yang lebih baik yaitu DCI-P3 8-bit yang telah diklaim memiliki cakupan warna 25% lebih banyak. Bagian layarnya juga dilindungi oleh Gorilla Glass 3, sehingga aman dari goresan.

Tidak hanya itu saja, ponsel ini juga dilengkapi dengan layar yang dapat memproduksi cahaya biru yang cukup rendah dan juga telah mendapatkan sertifikat SGS. Bagian layarnya juga dilengkapi dengan fitur sunlight mode 2..0 dan juga reading mode 3.0. Menarik bukan ?

2. Sudah Dibekali Sertifikat IP53

Redmi Note 10 ini telah dirancang dengan bagian bodi yang lebih ringan dengan ukuran 178.8 g dan dimensi yang dimilikinya adalah 160.5 x 74.5 x 8.3 mm. Dengan ukuran yang seperti itu tentu saja akan memberikan kenyamanan untuk penggunanya saat digengagam.

Sedangkan untuk area depannya, ponsel ini dilapisi pelindung Gorilla Glass 3 yang dapat mencegah goresan sampai dengan 35% atau 3 kali lebih kuat dibandingkan dengan pelindung di generasi sebelumnya.

Bodi ponsel ini menggunakan material plastik dan pada bagian bingkainya dilengkapi dengan beberapa slot atau port diantaranya ada tombol volume dan power serta ada pemindai sidik jari. Tidak itu saja, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan port USB Type-C 2.0.

Satu hal yang lebih penting dari ponsel Redmi Note 10 ini adalah kemampuannya yang bisa bertahan dengan semburan air dan juga debu. Sehingga, tidak heran jika ponsel ini telah mendapatkan sertifikat IP53. Namun sebagai catatan, ponsel ini tidak tahan jika masuk ke dalam air karena belum memiliki sertifikat IP68.

3. Baterai yang Jumbo

Ponsel Redmi Note 10 hadir dengan baterai yang besar. Ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan juga telah mendapatkan dukungan dari teknologi pengisian cepat sebesar 33W.

Teknologi pengisiannya bisa mengisi daya sampai dengan penuh hanya dalam waktu 74 menit saja. Panelnya juga dengan laju penyegaran sampai dengan 60Hz, sehingga hal tersebut dapat membuat ponsel ini bisa bertahan lebih lama lagi.

Berdasarkan hasil uji coba, baterai yang melengkapi Redmi Note 10 ini bisa mendapatkan daya tahan baterai sampai dengan 110 jam. Jika menggunakan aplikasi pengujian viSer Device bahwa ponsel ini bisa bertahan selama 41.21 jam untuk digunakan menelepon seharian dan 13.55 jam untuk melakukan web browsing sedangkan 20.13 jam jika anda gunakan hanya untuk menonton video.

4. Performa Lebih Baik

Ponsel ini menggunakan chipset Snapdragon 678 dengan fabrikasi 11 nanometer dengan prosesor octa-core yang terdiri dari 2 x 2.2 GHz Kryo 460 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver dengan clock speed 1.7 Ghz sehingga dapat meningkatkan performanya menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan kombinasi memori 4/64 GB, 4/128 GB dan 6/128GB. Dengan kata lain, performa yang ditawarkan semakin lebih baik dari generasi sebelumnya. Anda bisa menjalankan beragam aplikasi secara bersamaan tanpa khawatir hang.

5. Kamera Berkualitas

Ponsel ini telah dibekali dengan kamera yang cukup baik yaitu menghadirkan empat sensor pada kamera utama dan untuk sensor makro memiliki resolusi 2 MP, sensor ultrawide beresolusi 8 MP sedangkan untuk lensa utama memiliki resolusi 48 MP.

Dengan menggunakan lensa ini pengguna bisa menggunakan fitur zoom yang mencapai 10x. Kamera belakangnya terdapat beberapa fitur lain seperti LED Flash, HDR dan Panorama. Sedangkan kemampuan merekamnya ponsel ini bisa menghasilkan video 4K.

Kekurangan Redmi Note 10

1. Belum Ada Fitur NFC

Ponsel ini belum dilengkapi dengan fitur NFC.Teknologi ini tengah ramai diterapkan di beberapa ponsel lainnya yang dirilis di 2021. Lalu apa gunanya ada NFC di sebuah ponsel? Tentunya pengguna akan dimudahkan dalam hal konektivitas seperti transfer file, menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya, akses ke smart card dan beberapa transaksi dan juga pembayaran digital.

2. Penurunan Resolusi Sensor Makro Kamera

Jika Anda adalah salah satu yang suka dengan memotret jarak dekat, maka sensor makro yang dimiliki ponsel ini mengalami penurunan kualitas. Karena resolusi yang dimiliki sensor makro hanya 2 MP serta belum dilengkapi dengan fitur Autofocus seperti pada generasi sebelumnya.

3. Tidak Ada Pengisian Balik (Reverse Charging)

Ponsel ini memang memiliki baterai yang besar, namun ponsel ini belum dilengkapi dengan fitur pengisian balik. Padahal pendahulunya malah ada fitur pengisian balik dengan tenaga sampai dengan 9W.

Keuntungan sebuah ponsel yang dilengkapi dengan pengisian daya balik adalah memungkinkan transfer daya ke perangkat lain.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda memutuskan akan beli ponsel ini atau model yang lainnya.



TERBARU

×