kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Polytama Propindo Produsen Polypropylene Resin Terbesar Kedua di Indonesia


Sabtu, 15 Agustus 2020 / 18:13 WIB
Polytama Propindo Produsen Polypropylene Resin Terbesar Kedua di Indonesia
ILUSTRASI. Petugas berusaha memadamkan api yang membakar tangki Polypropylene (Bahan Baku Biji Plastik) milik PT. Polytama Propindo pada simulasi penanganan bencana kebakaran di Indramayu, Jawa Barat, Jumat (1/11). Simulasi tersebut guna meningkatkan kemampuan dalam

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Jakarta, 14 Agustus 2020. PT POLYTAMA PROPINDO (“Polytama”) berencana menerbitkan Obligasi senilai Rp. 450 miliar dan Sukuk Ijarah senilai Rp. 300 miliar. Hal ini diungkapkan oleh Uray Azhari selaku Direktur Keuangan Polytama dalam paparannya saat Virtual Investor Gathering maupun Press Conference yang diselenggarakan di Jakarta (14/8).

Didik Susilo selaku Direktur Utama Polytama dalam paparannya menjelaskan bahwa saat ini mayoritas saham Polytama dimiliki oleh PT Tuban Petrochemical Industries yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yakni sebesar 80%. Sedangkan sisanya sebesar 20% sahamnya dimiliki oleh Pasio Investment BV (Belanda) yang merupakan anak perusahaan Pasio Holding N.V Curacao (Dutch Caribbean).

Menurut keterangan Didik Susilo, PT Tuban Petrochemical Industries resmi menjadi bagian dari Pertamina Group setelah PT Pertamina (Persero) melakukan penyetoran modal sebesar IDR3,1 Triliun dan menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan saham sebesar 51%.

Dalam penawaran Umum ini, Polytama menawarkan Obligasi dan Sukuk Ijarah, masing masing terdiri dari tiga Seri, yaitu Seri A dengan tenor 370 hari kalender, Seri B tiga tahun, dan Seri C lima tahun. Bunga Obligasi dan Cicilan Imbalan Ijarah dibayarkan setiap 3 bulan sejak Tanggal Emisi, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing Bunga Obligasi dan Cicilan Imbalan Ijarah untuk Sukuk Ijarah.

Pembayaran Bunga Obligasi dan pembayaran Cicilan Imbalan Ijarah pertama akan dilakukan pada 9 Desember 2020. Sedangkan pembayaran Bunga Obligasi dan Cicilan Imbalan Ijarah terakhir sekaligus jatuh tempo masing-masing pada tanggal 19 September 2021 untuk Obligasi dan Sukuk Ijarah Seri A, 9 September 2023 untuk Obligasi dan Sukuk Ijarah seri B, dan tanggal 9 September 2025 untuk Obligasi dan Sukuk Ijarah seri C.

Periode bookbuilding telah dimulai sejak tanggal 13 Agustus 2020 dan berakhir pada tanggal 25 Agustus 2020 mendatang.

Para Penjamin Pelaksana Emisi memperkirakan jika pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) didapatkan pada tanggal 31 Agustus 2020, Masa Penawaran Umum akan dilaksanakan pada tanggal 1-4 September 2020. Selanjutnya Penjatahan akan dilakukan pada 7 September 2020. Sedangkan Distribusi Obligasi dan Sukuk Ijarah secara elektronik akan dilakukan pada 9 September 2020 dan pencatatan di Bursa Efek Indonesia direncanakan pada 10 September 2020.

Direktur Utama PT POLYTAMA PROPINDO Didik Susilo dalam keterangannya via zoom mengungkapkan dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Obligasi dan Sukuk Ijarah ini, setelah dikurangi biaya-biaya Emisi, akan digunakan seluruhnya untuk melakukan pembayaran sebagian utang pokok Perseroan dengan memperhatikan Prinsip Syariah di Pasar Modal.

Sebagai perusahaan penghasil polypropylene resin terbesar kedua di Indonesia, bahkan satu satunya di Asia Pasifik dalam bentuk granule, kami optimis dapat terus mengembangkan sayapnya di pasar Polypropylene Indonesia terlebih saat ini industri petrokmia yang merupakan industri hulu memiliki peran vital dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia “tambahnya”.

Meskipun ekonomi secara global mengalami penurunan namun permintaan Polypropylene (“PP”) dari sector packaging cenderung bertahan kuat selama periode Pendemic, dimana sector packaging adalah kontributor terbesar sebagai PP end-user.

Uray Azhari selaku Direktur Perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh perseroan berplat merah PT Pertamina (Persero) menunjukkan kinerja keuangan yang cukup baik dengan berhasil membukukan volume produksi yang terus bertumbuh dengan CAGR sebesar 6,9% untuk periode 2016-2019, yang diikuti pertumbuhan penjualan dengan CAGR sebesar 6,4% dan EBITDA dengan CAGR sebesar 14,6%, setelah menjadi bagian dari Pertamina perusahaan juga merasakan dampak positif dengan menurunnya Total Liabilitas sebagai dampak telah dilunasinya utang perbankan, selain itu dalam hal asset Turnover Ratio juga mengalami kenaikan pada 2019 dan Net Debt/EBITDA yang terus menurun.

Dalam Penawaran Umum Obligasi dan Sukuk Ijarah ini Perseroan menunjuk PT BNI Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas dan PT CIMB Niaga Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi dan Sukuk Ijarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×