kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45851,73   -3,10   -0.36%
  • EMAS922.000 0,55%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ragam Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun, Hal Sederhana Namun Sangat Berguna


Minggu, 08 Agustus 2021 / 10:48 WIB
Ragam Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun, Hal Sederhana Namun Sangat Berguna
ILUSTRASI. Kontan - Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Mencuci tangan dengan sering merupakan salah satu anjuran saat masa pandemi seperti sekarang ini. Karena tangan merupakan salah satu jembatan virus menjangkiti manusia. Maka dari itulah setelah menyentuh apapun dari luar rumah atau pusat keramaian sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan bersih.

Anda bisa memilih cuci tangan dengan sabun batangan atau hand wash yang banyak beredar di pasaran. Lebih dianjurkan untuk melakukan pencucian tangan selama 20 detik dengan benar, merata di telapak tangan, setiap jari sampai sela-sela. Yuk cari tahu manfaat lebih dalam rutin cuci tangan pakai sabun saat pandemi. 

1. Lebih Efektif Dibandingkan Hand Sanitizer

Mana yang lebih efektif, hand sanitizer atau sabun? Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika atau CDC lebih menyarankan penggunaan sabun karena lebih banyak mengurangi jumlah kuman dan bahan kimia di tangan. Memang benar, hand sanitizer lebih modern dan digadang-gadang memiliki kandungan etanol yang tinggi selain itu juga praktis.

Namun ternyata sifat dari hand sanitizer ini tidak seefektif sabun dan air. Karena saat menggunakan hand sanitizer, virus atau kuman yang mati itu akan tetap di permukaan kulit. Tapi jika menggunakan sabun, kuman atau virus tersebut akan dibilas, tangan jadi lebih bersih.  Setelah selesai cuci tangan, jangan lupa dikeringkan dengan handuk yang bersih. Supaya tidak jadi sarang jamur.

Tidak hanya itu saja, hand sanitizer kurang efektif lagi jika tangan sangat kotor dan berminyak. Selain itu, terlalu banyak menggunakan pembersih berbasis alkohol bisa menyebabkan keracunan alkohol.

2. Mengurangi Resiko Berbagai Penyakit Akibat Makanan

Mungkin Anda belum mengetahuinya, hampir sebagian besar penyakit yang disebabkan oleh makanan muncul karena tangan yang kotor. Ini tidak hanya terjadi saat makan dari luar saja, dari dalam rumah pun. Apalagi bahan makanan berupa protein seperti daging, gampang sekali terpapar kuman atau bakteri jika tangan tidak bersih. Maka dari itulah, Anda harus memastikan berbagai makanan yang dikonsumsi bersih dengan mencuci tangan.

Sebelum memasak, pastikan tangan dalam kondisi yang bersih. Pun saat mempersiapkan dan memakan, pastikan sudah mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun memang hal yang sangat sepele, namun jika sudah menjadi kebiasaan, banyak nyawa yang akan terselamatkan.

3. Cegah Resiko Terpapar Penyakit Gampang Menular

Kuman, bakteri dan juga virus ada di berbagai tempat. Bahkan di tempat-tempat yang bersih sekalipun. Maka dari itulah, tidak jenuh mengingatkan untuk rajin mencuci tangan. Dengan rutin membersihkan tangan menggunakan sabun, Anda akan mampu meminimalisir resiko terpapar berbagai penyakit yang gampang menular. Berdasarkan CDC, dengan mencuci tangan secara teratur Anda akan mengurangi terpapar pilek atau batuk sebanyak maksimal 21 persen.

Untuk Anda ketahui, tangan merupakan zona berbahaya yang perlu dibersihkan dengan lebih teratur. Ini juga merupakan salah satu pencegahan terpapar virus Corona seperti sekarang ini. Berbagai virus yang berada di tangan akan dilibas dengan lebih efektif menggunakan sabun.

4. Mengurangi Resiko Terpapar Diare

Inilah kenapa setelah buang air, baik itu kecil atau besar, Anda diwajibkan untuk mencuci tangan dengan bersih. Karena berbagai kuman yang berada di dalam toilet bisa menyebabkan beragam penyakit, salah satunya adalah diare. Berdasarkan sebuah penelitian di US National Library of Medicine, National Institutes of Health mencuci tangan dengan sabun lebih efektif meminimalisir berbagai bakteri yang berasal dari feses.

Sejalan dengan itu, CDC juga memaparkan jika mencuci tangan dengan benar akan mengurangi resiko terpapar diare sebesar 31 persen. Maka dari itulah sediakan sabun di dalam toilet untuk bisa membersihkan tangan lebih maksimal. Selain membuat tangan jadi bersih, juga akan memberikan aroma menyegarkan.

5. Mencegah Resistensi Kuman

Penggunaan antibiotik yang berlebihan dalam waktu lama bisa menyebabkan resistensi pada kuman, atau bahasa mudahnya kuman atau bakteri menjadi kebal dengan antibiotik. Ini banyak terjadi di berbagai pelayanan kesehatan. Maka dari itulah, mencegah terjadinya penyakit serius lantaran resistensi kuman, lakukan pembersihan dengan sabun.

Dengan membersihkan diri menggunakan sabun, kuman akan diusir dari tubuh tanpa membuatnya kebal. Maka dari itulah jika ada kesempatan untuk mencuci tangan, jangan lewatkan dengan sia-sia. Apalagi setelah menyentuh berbagai pekerjaan dengan barang-barang kotor.

6. Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

Dalam hal rumah tangga, uang yang keluar masuk harus dikelola dengan baik. Selain membuat tangan jauh lebih bersih, penggunaan sabun ini sangat hemat lho. Apalagi menggunakan sabun batangan. Harga sabun lebih murah dibandingkan dengan hand sanitizer atau tisu basah.

Apalagi Anda memutuskan membeli sabun di Blibli, akan banyak sekali penawaran menarik. Tidak jarang, ditawarkan harga-harga diskon karena momen-momen tertentu. Salah satu marketplace terpercaya di Indonesia ini menawarkan banyak sekali kebutuhan sehari-hari dengan lengkap, harga yang hemat. Tidak percaya? Segera lakukan pembelian untuk dapatkan pembuktian.

Nah, jika harganya sudah murah, dana yang dihemat dari pengeluaran sabun, bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya yang lebih mendesak. Misalnya saja berbagai bahan makanan atau obat-obatan yang dibutuhkan.

Demikianlah berbagai manfaat cuci tangan pakai sabun yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan pelembab ke tangan dengan teratur untuk mencegah tangan kering dan kasar. Semoga bermanfaat!


Tag

TERBARU

×