kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Rangkuman Fitur Program Kasir yang Wajib Ada untuk Permudah Bisnis Anda


Jumat, 22 Juli 2022 / 17:47 WIB
Rangkuman Fitur Program Kasir yang Wajib Ada untuk Permudah Bisnis Anda
Doc Foto Olsera Merchant/NaminaBurgerGrill

Reporter: Adv Team | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Menjalankan bisnis memang tidak bisa dibilang sebagai perkara yang mudah, apalagi persaingan usaha di era modern kian ketat. Kabar baiknya, sekarang anda bisa memanfaatkan program kasir yang semakin canggih untuk menjalankan bisnis dengan nyaman. Dan agar usaha berjalan lancar, pastikan software memiliki beberapa fitur berikut.

Fitur Software Kasir yang Harus Ada

1. Mendukung Online dan Offline

Karena sekarang sudah zamannya serba digital, maka anda perlu memastikan bahwa software kasir yang digunakan mendukung penggunaan online maupun offline. Lantas kenapa tidak online saja jika semua sudah serba digital ? Masalahnya adalah anda tidak bisa memprediksi situasi, dan mungkin saja anda akan dihadapkan dengan kondisi tanpa internet.

Itulah kenapa dibutuhkan software kasir yang handal agar anda bisa terus berjualan baik dalam kondisi ada ataupun tanpa jaringan internet. Jadi transaksi yang anda lakukan pada saat offline nantinya akan tersinkronisasi secara otomatis, apabila perangkat sudah terhubung kembali dengan koneksi internet.

2. Cloud Based

Program kasir yang dipilih sebaiknya berbasis komputasi awan atau sistem cloud. Karena dengan sistem cloud di genggaman, maka dapat memudahkan anda dalam mengelola serta memonitor bisnis di mana saja dan kapan saja. Tanpa perlu datang secara langsung ke toko, anda bisa mengakses data dari sistem komputasi awan tersebut.

3. Laporan Real Time

Fitur laporan real time sangat penting dimiliki oleh aplikasi kasir. Ini akan sangat menunjang sistem cloud yang digunakan. Karena akan sangat percuma apabila anda bisa mengakses data dari mana saja dan kapan saja, namun ternyata data tersebut adalah informasi lama yang belum diperbarui.

Sehingga adanya fitur laporan real time memungkinkan setiap data kasir yang tersimpan di sistem komputasi awan adalah yang terjadi saat itu juga. Sebab program kasir mencatat transaksi penjualan yang dilakukan secara otomatis. Membuat anda tidak perlu lagi menunggu untuk mengetahui secara langsung penjualan toko.

4. Fitur Keamanan

Fitur keamanan menjadi hal lainnya yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab data data transaksi penjualan yang nantinya digunakan untuk menyusun laporan keuangan, merupakan informasi yang sifatnya confidential atau rahasia sehingga tidak boleh sampai bocor ke pihak yang tidak berkepentingan.

Sehingga anda perlu memastikan bahwa software kasir yang digunakan punya fitur keamanan ketat. Seperti program POS (point of sale) yang mampu mengenkripsi data transaksi anda. Ini membuatnya menjamin keamanan yang tinggi dari akses luar yang tidak mempunyai kepentingan.

5. Jual di Toko dan Online Sekaligus

Program kasir yang bagus tidak hanya berbicara mengenai penjualan di toko. Namun sistem point of sale ini harus memiliki fitur yang membuat anda bisa dengan mudah berjualan di toko dan secara online sekaligus. Sebab berjualan online tengah menjadi tren saat ini, sehingga anda pun perlu melakukannya guna meningkatkan omset.

Di sini, sistem Olsera POS yang baik memungkinkan inventory dan laporan tetap sinkron setelah anda melebarkan bisnis via online. Jadi data penjualan yang dilakukan melalui mobile app, toko online, maupun kasir akan selalu disinkronkan. Membuat anda dapat mengatur stok dan mengelola transaksi dengan baik.

Sama dengan halnya Aldy Wartono dari Namina Burger Grill mengatakan puas dengan Olsera karena aplikasi kasir Olsera ini dalam penggunaannya sangat mudah dipahami dan Tim Olsera yang sangat responsive juga selalu membantu jika ada kendala dalam pemakaiannya. Harga yang relatif terjangkau ini membuat saya memutuskan untuk menggunakan Olsera, karena sistem program kasir yang sangat memudahkan.

Itu dia beberapa fitur yang sebaiknya harus ada pada software kasir anda, sehingga anda bisa mengelola transaksi bisnis dengan lebih mudah. Adapun sistem point of sale yang menyediakan beragam fitur seperti ini adalah Olsera POS. Anda bisa langsung mengecek melalui situs olsera.com untuk mengetahui fitur fitur yang ditawarkan dengan lebih jelas dan lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×