kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Rencanakan Berlibur ke Negara-Negara Ini Tanpa Urus Visa


Jumat, 13 Desember 2019 / 17:10 WIB
Rencanakan Berlibur ke Negara-Negara Ini Tanpa Urus Visa

Sumber: Commercial Content | Editor: indah sulistyorini

Musim liburan sudah semakin dekat, tentunya Anda tidak melewatkan kesempatan untuk berlibur bersama dengan keluarga. Untuk merayakan akhir tahun tahun ini, ada baiknya untuk melakukan wisata ke luar negeri. Ada banyak hal menarik yang pastinya akan Anda temui selama perjalanan. Namun seringkali banyak orang yang enggan untuk berlibur ke mancanegara. Salah satu faktor penghalang yang banyak disebut-sebut adalah visa. Visa merupakan dokumen penting yang berperan sebagai bukti bahwa pihak negara tujuan menyetujui kunjungan ke negara tersebut. Tanpa adanya visa, tentunya kedatangan Anda akan dianggap ilegal dan akan diganjar oleh hukuman yang berlaku.

 Namun untungnya, ada beberapa negara yang memperbolehkan warga Indonesia untuk masuk tanpa harus mengurus permohonan visa terlebih dulu. Ini tentunya menjadi kabar yang sangat menggembirakan, terutama bila Anda enggan untuk mengurus visa dan segala keribetannya. Beberapa negara bebas visa ini benar-benar membebaskan Anda dari kewajiban mengurus visa dan dapat masuk ke negara tersebut cukup dengan berbekalkan passport. Sedangkan di beberapa negara lain mensyaratkan VoA atau Visa-on-Arrival. Visa-on-Arrival merupakan jenis visa yang wajib dibuat saat Anda sudah sampai ke negara tujuan. Proses pembuatan visa ini pun bisa dilakukan cukup dalam waktu sehari saja. Biaya pembuatan visa ini pun jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan pembuatan visa biasa. Berikut adalah negara-negara bebas visa di Asia yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Kunjungi Destinasi Wisata di Negara-Negara Asia Bebas Visa Berikut

Tidak perlu jauh-jauh ke Eropa atau Amerika untuk mendapatkan kenangan wisata akhir tahun yang tak terlupakan. Karena Anda pun dapat menikmati liburan yang sangat menyenangkan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di negara Asia bebas visa berikut ini.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan salah satu negara yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan Muslim dari seluruh dunia. Dipimpin oleh sultan Brunei, negara ini benar-benar mengaplikasikan hukum syariat Islam dalam sistem pemerintahannya. Selagi Anda berkunjung ke negara ini, Anda akan terpikat dengan berbagai macam arsitektur bernuansa Islami seperti istana dan ratusan masjid yang megah. Tak hanya itu, Brunei juga dikenal dengan keindahan alam hutan tropis yang membentang dan hampir tidak tersentuh oleh tangan manusia. Ada berbagai macam tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di negara ini, antara lain:

1. Masjid Omar Ali Saifuddin

Ingin membuka awal tahun 2020 dengan melakukan wisata religi? Maka Masjid Omar Ali Saifuddin di Brunei bisa menjadi pilihan yang sempurna bagi Anda. Berlokasi tepat di ibukota Bandar Sri Begawan, masjid megah dengan kubah emasnya ini memamerkan model arsitektur yang sangat megah. Anda seakan-akan memasuki suatu istana di Negeri 1001 Malam. Tak hanya itu, di dalam kompleks masjid tersebut juga terdapat laguna buatan dengan airnya yang sebening kristal. Bagi Anda yang sedang mencari instagramable spots di Brunei, destinasi ini merupakan pilihan yang sempurna.

2. Kampung Ayer

Kampung Ayer bisa dibilang merupakan destinasi wisata paling ikonik di Brunei. berbeda dari kampung-kampung tradisional di negara Asia lainnya, Kampung Ayer dibangun tepat di atas sungai dengan pasak yang sangat tinggi untuk menyangga struktur bangunan rumah tersebut. Terdapat lebih dari 40 rumah penduduk yang semuanya terhubung dengan papan kayu sebagai sarana untuk berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain. Kampung Ayer dikenal dengan sebutan “Desa Mengapung”, hal tersebut akan sangat terlihat ketika debit air sungai naik sehingga merendam pasak-pasak kayu pada bagian rumah dan bangunan di kompleks tersebut. Untuk mengunjungi desa unik ini, Anda dapat menyewa speedboat dengan kisaran harga sekitar B$1.

3. Museum Royal Regalia

Kehidupan Sultan Brunei memang bergelimang harta, bahkan pakaian yang ia kenakan pun tak jarang menonjolkan sisi mewahnya hidup sebagai pemerintah tunggal di negara tersebut. Museum Royal Regalia merupakan sebuah museum yang didedikasikan khusus untuk memamerkan berbagai macam artefak hingga hadiah-hadiah yang dipersembahkan untuk sang Sultan dari para negara sahabat. Anda akan dibuat tercengang dengan kereta kencana berlapis perak murni yang sangat megah hingga berbagai macam perhiasan bertahtakan batu permata dan emas. Museum ini berlokasi di Kota Bandar Sri Begawan dan dapat Anda jangkau dengan alat transportasi umum.

4. Museum Teknologi Melayu

Terlepas dari pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat, Brunei tidak lantas lupa akan akar peradabannya. Museum Teknologi Melayu merupakan suatu museum kebudayaan yang memamerkan berbagai macam benda-benda bersejarah dan memiliki nilai kebudayaan tinggi, seperti kostum tradisional. Anda juga akan mengetahui lebih dalam mengenai penduduk yang tinggal di Kampung Ayer selama bertahun-tahun. Museum ini memang didedikasikan khusus untuk mengedukasi turis dan masyarakat lokal mengenai keanekaragaman budaya Melayu yang menjadi asal-muasal suku di Brunei.

Hong Kong

Sebagai salah satu negara dengan perekonomian termaju di dunia, Hong Kong tidak melulu didominasi oleh gedung-gedung bertingkat. Jika Anda meluangkan waktu untuk mengeksplorasi negara tersebut, maka Anda akan menemukan banyak sekali tempat-tempat wisata yang dapat membuat liburan jadi terasa lebih meriah.

1. Victoria Peak

Victoria Peak merupakan perbukitan hijau yang menjadi tempat wisata yang paling populer di Hongkong. Di bukit ini terdapat menara observasi dimana Anda dapat menyaksikan keindahan gedung-gedung tinggi nan menjulang yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Anda bahkan dapat menyaksikan beberapa pulau kecil yang tersebar di sekitar pulau utama. Di dalam menara tersebut juga terdapat pusat perbelanjaan dengan produk-produk branded yang tersedia untuk para shopaholic. Selagi berada di Victoria Peak, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Peak Galleria yang bisa dijangkau dengan menggunakan tram. Waktu terbaik untuk mengunjungi Victoria Peak adalah di sore hari menjelang malam, itu merupakan saat yang tepat untuk menyaksikan lampu-lampu kota mulai menerangi seluruh kota bagaikan lautan bintang. Apalagi di malam Tahun Baru, Victoria Peak merupakan spot paling strategis untuk menyaksikan kembang api. Pastikan Anda datang lebih awal untuk mendapatkan spot terbaik.

2. Patung Buddha Raksasa

Hong Kong merupakan negara penganut agama Buddha terbesar di dunia. Sehingga tidak mengherankan jika Anda akan menemukan monumen Patung Buddha terbesar di negara ini. Patung Buddha Raksasa atau yang akrab disebut dengan Big Buddha memiliki tinggi hingga 34 meter dan berada tepat di puncak bukit di Pulau Lantau. Patung tersebut mulai dibangun pada tahun 1993 dan membutuhkan kurang lebih 12 tahun hingga patung yang terbuat dari keramik putih ini selesai dibangun. Ikuti perjalanan menaiki bukit dengan trekking atau menggunakan kereta kabel untuk mencapai puncak bukit. Anda akan disambut dengan pemandangan perbukitan yang asri dan lautan lepas yang memukau. Patung Buddha ini juga menjadi spot yang sempurna untuk menyaksikan momen saat matahari tenggelam. Anda juga dapat mengunjungi biara yang terdapat tepat di kompleks yang sama dan menyaksikan para biksu melakukan aktivitas upacara keagamaan.

3. Kuil Wong Tai Sin

Selagi berada di Hong Kong, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kuil Wong Tai Sin. Kuil ini dibangun sebagai penghormatan untuk Dewa Wong Tai Sin dalam aliran Taoisme yang berperan sebagai penyembuh dari segala penyakit dan pembawa keberuntungan. Setiap musim gugur, kuil ini menjadi lokasi festival yang meriah dan banyak menarik perhatian wisatawan domestik maupun internasional. Di dalam kompleks kuil terdapat beberapa bangunan yang dapat dikunjungi seperti aula besar yang ditujukan untuk menghormati Confucius dan 72 muridnya. Selain itu, Anda dapat berjalan-jalan di taman kecil yang sangat indah di dalam kompleks kuil tersebut. Sejumlah peramal juga menjajakan jasa mereka untuk meramal peruntungan Anda tahun ini.

4. Hong Kong Disneyland

Berkunjung ke Hong Kong tentulah kurang lengkap jika Anda tidak mengunjungi Hong Kong Disneyland. Disneyland yang terletak di Pulau Lantau ini memang tidak seluas saudara-saudaranya di California atau Jepang. Namun, mengunjungi Hong Kong Disneyland membuat Anda serasa benar-benar sedang berada di Pulau Dongeng yang terpencil dan sangat indah. Apalagi dengan kondisi geografis Pulau Lantau yang terpisah dari pulau utama dan dikelilingi oleh perbukitan dan hutan-hutan yang asri.

Hong Kong Disneyland terbagi menjadi 7 area utama, yaitu Fantasyland, Toy Story Land, Tomorrowland, Grizzly Gulch, Mystic Point, dan Main Street. Masing-masing area menawarkan wahana permainan yang bermacam-macam, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Anda bahkan dapat bertemu dengan tokoh-tokoh Disney seperti Disney Princess yang pastinya turut menghiasi masa kecil Anda. Yang jelas, pastikan Anda mengenakan alas kaki yang nyaman karena dijamin Anda harus berjalan kaki selama berlibur di tempat wisata ini.

Maldives

Siapa yang tidak mengenal Maldives? Maldives merupakan destinasi bulan madu yang diimpika oleh hampir semua pasangan yang baru saja mengikat janji suci pernikahan. Negara ini sangat populer dengan keindahan pantai dengan gubuk tengah laut yang eksotis dan instagramable. Namun ternyata ada lebih banyak lagi destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi selagi sedang berlibur di negara tersebut.

1. Male

Berbeda dari ibukota lainnya, Male cenderung memiliki luas area yang sempit. Namun keindahan dari kota kuno ini tidak perlu diragukan. Male adalah rumah bagi beberapa bangunan warisan budaya lokal yang berwarna-warni nan memukau dan sejumlah masjid kuno. Kota ini juga menawarkan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau. Bagi Anda yang hobi berjalan-jalan santai akan mendapatkan pengalaman terbaik di kota ini. Apalagi dengan suasana santai yang pastinya membuat para turis menjadi semakin betah berlama-lama di kota yang indah ini.

2. Banana Reef

Banana Reef merupakan gugusan terumbu karang raksasa tertua di dunia yang akan memanjakan seluruh penggemar aktivitas snorkeling dan diving. Banana Reef menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah, mulai dari terumbu karang yang berwarna-warni hingga goa bawah laut yang misterius. Kawasan Banana Reef juga menjadi habitat bagi sejumlah ikan perairan dalam, seperti ikan hiu, barakuda, dan ikan kerapu. Semakin jauh Anda menyelam, akan semakin banyak pula keanekaragaman ekosistem laut yang bisa dinikmati. Tak heran jika Banana Reef menjadi destinasi wisata bagi penggiat diving, mulai dari pemula hingga tingkat pro.

Yuk, susun rencana berlibur Anda sekarang juga.


Tag

TERBARU

×