kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Selain Menabungnya, Berikut Tips Mengelola Uang Supaya Masa Depan Aman


Jumat, 10 Januari 2020 / 11:24 WIB
Selain Menabungnya, Berikut Tips Mengelola Uang Supaya Masa Depan Aman
ILUSTRASI. Azwin - Kontan Seremonia Online

Sumber: Commercial Content | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Menabung merupakan salah satu cara mempersiapkan masa depan supaya lebih mapan. Tabungan ini juga bisa menjadi backup untuk hal-hal yang tidak terduga. Menabung memang bagus, namun supaya uang ini bisa berputar dan menghasilkan lebih banyak untung ada beberapa cara mengelola uang yang lebih baik. Salah satunya tentu saja melakukan investasi ataupun dijadikan modal sebagai bisnis kecil-kecilan. Berikut ini ada beberapa cara pengelolaan keuangan supaya ada jaminan saat usia senja.

 

Membuat Tujuan Keuangan yang Jelas

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan yang jelas. Misalnya saja mendapatkan masa pensiun yang lebih terjamin. Dengan begini, tentu saja akan semakin memotivasi diri sendiri untuk menerapkan berbagai kebiasaan baik dalam mengelola keuangan. Selain itu, tujuan yang dibuat seperti menjadi arahan dan batasan supaya menghentikan kehidupan foya-foya dan hedonisme.

 

Mulai Mengalokasikan Dana Berdasarkan Prioritas

Setelah tujuan jelas, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memulai mengalokasikan dana berdasarkan prioritas. Dahulukan mana yang kebutuhan bukan keinginan. Dengan begini, pengeluaran akan terarah dan dana akan keluar dengan lebih efektif. Jangan lupa untuk teratur melakukan evaluasi juga. 

 

Mengurangi Perilaku Konsumtif

Pengelolaan keuangan yang perlu untuk dikuasai lainnya adalah mengurangi berbagai perilaku konsumtif. Misalnya saja membeli berbagai kopi kekinian, nongkrong-nongkrong tidak perlu, membeli berbagai barang yang tidak diperlukan, dan lain sebagainya. Dengan menerapkan perilaku ini, pengeluaran akan jauh lebih hemat. Sehingga uangnya bisa ditabung ataupun diputar untuk berbagai usaha yang menghasilkan.

 

Jangan Ragu Melakukan Investasi

Seperti yang telah dijelaskan di awal, investasi memang merupakan cara mengelola uang yang menguntungkan. Sebelum melakukan investasi, Anda  terlebih dahulu perlu jenis-jenis investasi terbaik untuk Anda. Ada tiga jenis investasi jika didasarkan pada waktu, yakni jangka pendek, menengah, dan panjang.  Mari simak lebih jauh mengenai investasi berdasarkan waktu ini.

 

Pertama investasi jangka pendek yang biasanya memiliki waktu kurang lebih satu tahun. Keuntungannya tentu saja lebih cepat. Namun dibandingkan jangka menengah dan panjang, keuntungan investasi jangka pendek ini paling kecil. Ada banyak jenis investasi jangka pendek. Mulai dari deposito, tabungan bank, forex trading, dan juga saham.

 

Kedua ada investasi jangka menengah yang biasanya memiliki jangka waktu rentang 1 sampai 5 tahun. Sementara mengenai keuntungannya, investasi jenis ini lebih aman dan lebih besar dibandingkan jangka pendek. Jenis investasi jangka menengah ini mulai dari Obligasi Ritel Indonesia (ORI), sukuk ritel, dan lain-lain. ORI sendiri merupakan obligasi negara yang bisa dibeli oleh individu dengan kontrak minimal 4 tahun dengan harga mulai dari Rp 1 juta. Sementara sukuk ritel adalah produk berupa Surat Berharga Syariah Negara yang diterbitkan oleh pemerintah RI dan dijual kepada individu atau perseorangan melalui agen penjual di Pasar Perdana dalam negeri. Harganya sendiri mulai dari Rp 5 juta.

 

Ketiga atau yang terakhir adalah investasi jangka panjang yang keuntungannya memang cukup besar. Contoh investasi jenis ini adalah trading emas online atau secara offline, tanah, bagunan, asuransi, dan juga reksa dana. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Investasi cukup penting untuk dilakukan supaya masa yang akan datang lebih terjamin secara finansial.

 

Melakukan Usaha Kecil-kecilan

Guna menambah pundi-pundi uang, juga bisa melakukan usaha kecil-kecilan. Misalnya saja menjadi dropshipper ataupun juga copywriter. Carilah usaha-usaha yang sekiranya memerlukan modal yang minim namun mendapatkan untung lumayan. Dengan begini, uang tidak hanya mengendap saja di tabungan, namun juga bisa diputar menjadi lebih banyak lagi jumlahnya. Dengan catatan, lakukan semuanya dengan sungguh-sungguh.

 

Lakukan Semua dengan Disiplin

Hal penting dalam pengelolaan keuangan yang penting namun kerap kali diabaikan adalah melakukan semuanya dengan disiplin dan teratur. Jika tidak disiplin dan di luar kendali, keuangan bisa bermasalah. Lebih buruknya lagi jika terjadi besar pengeluaran dibandingkan dengan penghasilan. Maka dari itu, penting sekali untuk disiplin dan tetap berhemat. Jangan mudah tergoda dengan berbagai diskon barang-barang yang tidak dibutuhkan.

 

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengelola keuangan supaya bisa lebih menghasilkan dan masa pensiun aman. Menabung memang penting, namun memutarnya menjadi usaha ataupun investasi juga merupakan pilihan yang menguntungkan. Mari mulai mengelola keuangan dengan bijak sedini mungkin.


Tag


×